Eat│Play│Repeat

Here, There, and Everywhere

Le Grande Voyage (2007-2008)

Post ini didedikasikan untuk memori 3 tahun ke belakang. Untuk semua footprint yang telah saya tinggalkan di tempat-tempat yg pernah saya kunjungi bersama-sama para teman-teman lama, teman-teman baru,keluarga baru, & orang-orang spesial yg pernah datang & pergi.

Ramadhan 2007, awal dari perjalanan yg saya syukuri. Di awal puasa bulan September 2007 datang kabar menggembirakan bahwa saya termasuk dari salah satu karyawan yg berhak mengikuti tugas belajar dari Instansi saya. Artinya, mulai dari akhir 2007 saya harus pindah dari Rengat (Riau) ke Jakarta.

Berhubung status kembali jadi Mahasiswa, banyak waktu kosong,dong. Berbekal kenalan dari internal blog hingga mutual friend,jadilah hobi lama sebagai pejalan kambuh lagi. Hanya kenal 1-2 orang bisa ikut trip kelompok lain, atau yg dulu-dulu belum pernah bertemu disatukan lewat gathering. Menyisir garis pantai, menyusuri jalan setapak di dataran tinggi, atau bermanuver di dalam kota adalah makanan sehari-hari selama 3 tahun terakhir. Hanya berbekal prinsip ‘Lapang sebelum Sempit‘🙂


Kalau ditanya sekarang apakah merindukan masa-masa kemarin, pasti saya bilang ‘iya’. Disini saya coba merangkum foot print saya periode 3 tahun terakhir,(dan hanya sedikit memperhitungkan Jakarta-Medan-Bandung-Bogor yang rutin saya kunjungi:)

and the story begins from

November 2007

Sumatera Barat -Riau

Ini perjalanan sendiri menyusuri Padang-Padang Panjang-Bukittinggi-Pekanbaru. Baru bersua dengan teman-teman baik di Pekanbaru. Ini perjalanan terakhir ke Sumatera Barat karena saya mau menyusuri rekam jejak saya selama 2,5 tahun di Riau,Sumatera Barat adalah tempat terbaik untuk ‘ smooth escape’. She has the view, the people, the price,and of course, The Food!

Selama 4 hari , perjalanan saya meliputi dari Pantai Padang, Pantai Air Manis, Jembatan Siti Nurbaya, Lembah Anai (dan air terjun), Jam Gadang, Pasar Atas-Pasar Bawah,downtown Bukit Tinggi.

20 Desember 2007 – 1 Januari 2010

Tour de Central Java

Sejak selesai pindahan ke Jakarta & berlebaran haji di Bandung dengan keluarga besar, sehari kemudian saya berangkat ke Solo tempat sahabat saya Danang Cungkring. Esoknya bersua dgn 2 sahabat lain Lia & Dansa di Klaten untuk lanjut ke undangan temen di Ambarawa. Trip berakhir di Jogja,dan saya bermalam di Jogja dgn Cungkring karena esoknya mau ke Purwokerto.

Rute Jogja-Purwokerto-Solo pun kami jabanin. Sekitar 4 hari main-main di Solo, dan berdiam di kediaman keluarga Cungkring dan sambutan hangat ibunya,tantenya, & adiknya yg manis (ehm!) saya berlanjut ke Jogja. Seminggu di sana berdiam di tempat sahabat SMA. Going local di Jogja selama seminggu menyenangkan juga. Sore setelah tahun baru,KA Lodaya membawa saya balik ke Bandung.

5-6 April 2008

Carita,Banten

Usulan gathering anak2 channel #musicquiz di forum chat internal kantor bergelinding menjadi bola salju dan akhirnya menjadi kopi darat di Carita. Ada yg datang dari Malang, Tasikmalaya, Palembang (bawa Pempek sekardus loh!), Cilacap, hingga Manado dan lengkap dengan Klappertaartnya…hihihi

It was a crazy trip. Mulai dari kuis tebak lagu, scramble, hingga Lomba Karaoke Duo! great…

24-25 Mei 2008

Ujung Genteng,Sukabumi (Jawa Barat)

Berbekal nekat karena sebagai pengganti temen yg absen juga nekat karena dari 7 orang yg ikut belum pernah ada yang ke tempat terpencil di selatan Jawa Barat ini. Tempatnya sekitar 2-3 jam dari Pelabuhan Ratu atau sekitar 7 jam dari Jakarta. Tapi sampe disana perjalanan panjang tadi terasa impas karena pantai-pantai dengan pasir putih dari yg ombaknya tenang sampe yg ombaknya bikin lieur ada. Pun masih ada penangkaran Penyu di sana.

Perjalanan ini dilakukan bersama teman kuliah Yasser & Feni yg dulu sama-sama dari Medan. Juga orang2 baru seperti Azizah, Dufi, Burhan, 7 Aji.

villa Amanda Ratu

September 2008
Bandung

Road Trip paling gila bersama teman-teman satu kontrakan. Bintaro-Bandung dalam satu malam tapi penuh memori-memori gila. Gak usahlah saya paparkan ngapain aja disana. hihihihihi..

29-30 November 2008

Bogor

Pertama kali menginjakkan Bogor setelah hampir 7 tahun gak pernah main ke Kota Hujan-tapi-panas ini. Bersama temen Muse dan ditemani teman baru saya Ceha, liburan disini aseli cuma dihabiskan buat wisata kuliner dari Macaroni Panggang di Taman Kencana, Nila Mang Batok & Roti Unyil Venus di Sukasari, hingga early dinner di De Daunan Cafe di dalam Kebun Raya Bogor. Kenyang,weeee

De Daunan Cafe

5-15 Desember 2008

Kalimantan Timur : Balikpapan, Samarinda, Tenggarong, & Tanjung Redeb

Selepas balik dari Bogor, saya pergi ke Kalimantan Timur berbekal tiket promo yg saya beli 4 bulan sebelumnya. Bisa dibilang perjalanan ini nekat bener. Cuma hanya karena punya saudara sepupu yg udah 13 tahun gak ketemu di Samarinda,jadilah saya pergi kesana. Jam 5 pagi udah standby di Bandara Soetta dan nervous banget.

Dari Balikpapan,clingak-clinguk sampe juga ke Samarinda yg jaraknya sekitar 110 Km. hihihi. Akhirnya ketemu juga sama sepupu saya.  Di sana sempet nyicipi Daging Rusa sebagai lauk harian karena daging sapi mahal, bingka kentang, dan Nasi kuning iwak haruan sebagai local delicacies. Saya pun sempat diuji sewaktu mengalami perjalanan darat tersulit dari Samarinda-Tj Redeb. Di tengah hutan bis hampir jeblos ke Jurang, bis yg stuck di lumpur, ikut nari atau dorong bis yg terjebak di lumpur dalam perjalanan darat selama 28 jam itu. Dulu sih sempet pernah jalan darat Bandung-Medan,tapi kan pake mobil sendiri dan medannya gak seberat itu😦

Trans Kalimantan : Muara Wahau-Tj Redeb

Rute Muara Wahau-Tj Redeb

Parkiran Balikpapan Plaza

Kontras dengan perjalanan Samarinda-Tj Redeb, perjalanan Samarinda-Tenggarong sepanjang 40km justru menjadi perjalanan yg santai karena didukung prasarana jalan dengen aspal hot mix dan mulus banget. Sampe disana langsung meluncur ke Pulau Kumala (Dufannya Kaltim),sayang lagi ditutup karena mau ada perbaikan untuk Festival Benua Etam,festival seni-budaya tahunan Kaltim. Jadi hanya jalan2 dengan mobil tur di pula yg ada di tengah2 Sungai Mahakam ini.

Sky Tower (Tenggarong)

19-21 Desember 2008

KM Kelud (Tanjung Priok – Batam – Tanjung Pinang – Belawan)

Perjalanan terakhir tahun 2008 diisi dengan perjalanan retrospective (baca : hemat), mengingat jaman kuliah dulu saya dan Yasser selalu mudik dengan KM Pelni. Didukung oleh libur panjang kuliah,saya & Yasser berniat mudik dgn kapal Pelni di kelas I atau II,namun sayang seribu sayang..tiket baru dibuka eh kelas I & II udah habis..hmmm,kira2 kemana yah (Husnudzon mode,puasa soalnya). Jadilah kita cuma kebagian tiket non-seat ekonomi. Untungnya kita dapet tempatnya di Dek 7 dekat kamar kapten yg bersih walaupun ngemper.

Gelandangan di KM Kelud

Ngaso-ngaso di sundeck

Perjalanan ini saya masukkan sebagai trip karena selama 3 hari 2 malam banyak kejadian dari dilabrak preman,baby-sitting anak penumpang lain karena emaknya ngidam, mendengarkan ibu-ibu yang tiap kapal goyang dikit langsung jackpot, makanan yang kurang manusiawi (atau kurang rasa), atau cara-cara survive di kapal yg fasilitasnya sungguh kejam.

Sesulit apapun perjalanannya, tergantung perspektif kita memandangnya sebagai suatu sebuah musibah atau secarik cerita…

3 comments on “Le Grande Voyage (2007-2008)

  1. dansapar
    August 24, 2010

    gue link ke blog ya koh …

  2. Pingback: Le Grande Voyage (2009) « Eat, Travel, Love

Leave a Reply

Information

This entry was posted on August 24, 2010 by in travel and tagged , , , , , , , , , , , .

#archives

#categories

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 268 other followers

Follow Eat│Play│Repeat on WordPress.com
