Eat│Play│Repeat

Here, There, and Everywhere

Survivor

Sebagian besar teman-teman saya tahu bener kalo saya suka dengan reality show, terutama yg berformat kompetisi. Hmmm.. Termehek-mehek, Realigi, dan sejenisnya gak masuk ya. 3 reality show berformat kompetisi yang paling saya gemari ternyata berasal dari 1 stasiun televisi yang sama,CBS. Dan yang ingin saya bahas pertama disini adalah yg paling tayang perdana di CBS dan sering dijadikan sebagai tolok ukur reality TV lainnya, yaitu…

Logo Survivor


Format acaranya adalah mengasingkan sekelompok orang dari 16-20 orang setiap season untuk hidup bersama selama 39 hari dan melakukan food gathering secara mandiri. Kontestan Survivor lazim yg lazim disebut “Castaways” dibagi menjadi 2-4 tribe di awal lomba dan berkompetisi atas nama tribenya. Kompetisi antar tribe terdiri dari 2 jenis, yaitu Reward challenges untuk merebutkan luxury item dan Immunity challenges untuk memperebutkan kekebalan (immunity). Dimana tribe yang menang memperpanjang kesempatan bersaing 3 hari ke depan, sedangkan tribe yang kalah akan menghadiri Tribal Council untuk memilih 1 anggota yg harus tersisih dari persaingan memperebutkan grand prize US$ 1,000,000.

Pada hari ke 20-21 dimana hanya tersisa 9-12 orang kontestan, tribe yg terpisah tadi digabung dalam ritual ‘Merge’, dan mulai berkompetisi secara individu memperebutkan Individual Immunity Idol yg berarti si castaways ini gak bisa dipilih keluar alias kebal. Final 2 atau Final 3 castaways akan menghadapi 7-9 juri yg berasal dari 7-9 castaways terakhir yang dipilih keluar untuk menghadapi Final Tribal Council. Juri berhak bertanya atau beropini ke Final 2/Final 3 dan akhirnya memilih mana yg paling berhak mendapatkan US$ 1,000,000 lewat mekanisme voting tertutup. Pemenang setiap season akan diumumkan lewat acara Live di US oleh host Survivor, Jeff Probst, di CBS Studio atau tempat populer seperti Central Park.

Jeff Probst

Yang saya suka dari show ini adalah banyaknya Twist di setiap seasonnya, dan terkadang twist di satu season berbeda dengan season selanjutnya. Kemudian jenis permainannya yg terkadang membutuhkan fisik yg kuat namun game berikutnya butuh mental yg OK.

Strategi para pemain juga mencuri perhatian saya dan terkadang bikin bengong kalo liat banyaknya perang strategi yg berefek besar pada permainan. Blindside di tribal council,aliansi, backstabbing, & flying under radar adalah beberapa terminologi yg sering dipakai di acara ini.

Hingga tahun 2010, telah diproduksi 21 seri Survivor yang mengambil lokasi di berbagai daerah eksotis dunia, 20 diantaranya telah selesai ditayangkan di CBS, dan 1 seri, Survivor Nicaragua, udah premier akhir september kemarin. 321 orang pernah jadi kontestan Survivor. 31 diantaranya 2 kali menjadi kontestan, dan 9 diantaranya 3 kali menjadi kontestan di seri yg berbeda.

1. Survivor Borneosummer 2000

16 kontestan dibagi 2 tribe. Pemenangnya diumumkan di lokasi,bukan live seperti seri berikutnya.

2. Survivor The Australian Outbackspring 2001

16 kontestan dibagi 2 tribe. Satu-satunya seri yg mengasingkan castaways selama 42 hari,bukan 39 hari seperti lazimnya. Pemenang diumumkan live di USA. Pertama kali ada kontestan dievakuasi karena luka bakar di tubuh.

3. Survivor Africafall 2001

16 kontestan dibagi 2 tribe. Pertama kali ada twist Tribal Swap,dimana beberapa anggota tribe ditukar dengan anggota tribe lawan.

4. Survivor Marquesasspring 2002

16 kontestan dibagi 2 tribe. mulai season ini Individual Immunity Idol boleh dikasi ke kontestan lain oleh si pemenang.

5. Survivor Thailandfall 2002

16 kontestan dibagi 2 tribe namun bukan berdasarkan pilihan produser, melainkan dibagi oleh kontestan pria & wanita yg paling tua.

6. Survivor The Amazon │ spring 2003

16 kontestan dibagi 2 tribe berdasarkan gender.

7. Survivor Pearl Islands fall 2003

16 kontestan dibagi dlm 2 tribe. 2 kontestan yg sudah keluar diijinkan masuk lagi ke dalam kompetisi.

8. Survivor All-Star spring 2004

18 mantan castaways dari 7 season sebelumnya dibagi menjadi 3 tribe.  4 dari seri Borneo, 5 dari Australian Outback, 3 dari Africa, 2 dari Marquesas, 1 dari Thailand, 2 dari The Amazon, & 1 dari Pearl Islands. Berlokasi di Pearl Islands, Panama.

Survivor All-Stars castaways (from buddytv.com)

9. Survivor Vanuatu : Islands of Fire │ fall 2004

18 kontestan dibagi dalam 2 tribe berdasarkan gender (sama dgn Survivor The Amazon). Pertama kali kedua tribe baik yg menang atau kalah dalam immunity challenge harus vote 1 orang untuk keluar di malam yg sama.

10. Survivor Palau spring 2005

Pertama kali Survivor dgn 20 kontestan. 18 orang dibagi dalam 2 tribe dgn proses schoolyard pick. 2 orang yg gak dipilih tereliminasi. Pertama kalinya 1 tribe kalah total di semua immunity challenges.

11.  Survivor Guatemala: Mayan Empirefall 2005

16 kontestan ditambah 2 mantan castaways di Survivor Palau, Stephenie LaGrossa & Bobby Jon, dibagi dalam 2 tribe terdiri dari 9 orang. Seri pertama yg memperkenalkan twist Hidden Immunity Idol.

12. Survivor Panama : Exile Islandsspring 2006

16 orang dibagi menjadi 4 tribe berdasarkan gender & usia : younger women, younger men, older men, older women. Seri pertama yg memperkenalkan Exile Island, dimana tiap episode ada 1 castaways diasingkan di pulau ini. Namun di dalam Exile Island terkubur Hidden Immunity Idol.

Survivor Cook Island castaways

13. Survivor Cook Islands fall 2006

20 orang dibagi menjadi 4 tribe berdasarkan ras : Hispanic, African-American, Caucasian, & Asian-American. Pertama kali finalis 3 orang & juri 9 orang, lazimnya finalis 2 orang & juri 7 orang.

14. Survivor Fiji spring 2007

Satu-satunya seri Survivor dengan kontestan berjumlah ganjil, 19. Seri pertama dengan 2 Hidden Immunity Idol. Dan juga pertama kalinya pemenang dengan angka suara mutlak dari 9 juri di Final 3 : 9-0-0.

15. Survivor Chinafall 2007

Twist Exile Island ditiadakan dan digantikan dengan ‘Kidnapping’,yaitu tribe yg menang berhak menculik satu anggota tribe yg kalah untuk berbagi clue dimana Hidden Immunity Idol berada.

Logo Survivor China

16. Survivor Micronesia : Fans vs Favorites spring 2008

Tribe yg terdiri dari 10 fans Survivor ditandingkan dengan 10 mantan castaways Survivor yg populer dari seri terdahulu. 10 mantan castaways terdiri  dari Johny Fairplay (Pearl Islands,) Yau Man Chan (Fiji),  Cirie Fields (Panama Exile Islands), Amy & Eliza (Vanuatu), James Clement & Amanda Kimmel (China), & Parvati Shallow, Jonathan Penner, serta Ozzy Lusth (Cook Islands).

Twist di seri ini termasuk mengirim 2 orang, masing-masing 1 orang dari tiap tribe untuk diasingkan ke Exile Islands

17. Survivor Gabon : Earth’s Last Edenfall 2008

Seri pertama yang tayang dengan kualitas HD. 18 orang dibagi 2 tribe oleh kontestan tertua, mirip dengan Survivor Thailand.

18. Survivor Tocantins : Brazillian Highlands spring 2009

Seri Tocantins lebih kurang mengadopsi seri-seri pertama Survivor. 16 kontestan, 2 tribe, 2 finalis, 7 juri, & tanpa tribal swap.

Survivor Tocantins’ Final 5 challenge

19. Survivor Samoafall 2009

20. Survivor Heroes vs Villains spring 2010

IMO, seri ini adalah seri yang paling spektakuler dari sisi kontestan, strategi, enjoyable, dan banyaknya moment yg bikin saya ngelus dada. Formatnya sama seperti All-Stars, menghadirkan kontestan dari seri terdahulu namun dengan sedikit twist.

Selama 10 tahun dan 19 seri, Survivor menghasilkan beberapa karakter yg disukai atau juga karakter yang gak terlalu disukai pemirsa Amerika. Maka 20 mantan castaways dihadirkan kembali untuk berkompetisi dan dibagi dalam 2 tribe : Heroes & Villains. 10 orang yg dikenal dgn integritas & nobel strategy dimasukkan ke Heroes Tribe, dan 10 orang yg dikenal dgn strategi yg licik dimasukkan ke Villains tribe.

Survivor Heroes vs Villains’ castaways (from factualopinion.com)

Satu lagi yang saya suka dari acara ini adalah ‘Opening Theme’ yang berubah di setiap serinya menyesuaikan lokasi atau tema serinya. Jadi misalnya opening theme Survivor China rada berbau oriental sedangkan Survivor Gabon & Survivor Africa disisipi yel-yel African tribe. Kalo mau lihat contohnya,bisa dilihat di Youtube :

Survivor China Intro

Survivor Gabon Intro

Sebagai salah satu reality show dengan tingkat popularitas yg tinggi, Survivor menghasilkan beberapa versi internasional. Serbia, Philippines, Israel, Belgia/Belanda, Swedia, & Norwegia adalah negara yang memroduksi Survivor versi mereka sendiri.

CBS sudah menyepakati untuk membuat seri 22 yg berlokasi di San Juan Del Sur,Nicaragua. Bahkan rumornya, Seri ke 23 & 24 sudah disepakati untuk diproduksi tahun 2011 & 2012 di Camarines, Philippines.

Pertanyaannya : kapan Survivor mau produksi serinya di Indonesia? hehehehe

“39 Days, 20 People, One Survivor!!!”

One comment on “Survivor

  1. Pingback: Big Brother US « Here, There, & Everywhere

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 18, 2010 by in Reality, TV Show and tagged , , .

#archives

#categories

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 268 other followers

Follow Eat│Play│Repeat on WordPress.com
%d bloggers like this: