Eat│Play│Repeat

Here, There, and Everywhere

Leg 1 : Medan » Surabaya

Kalau boleh jujur, perjalanan saya ke Surabaya ini gak direncanakan sama sekali. Karena alasan saya jalan-jalan ke Surabaya disebabkan oleh SALAH TANGGAL sewaktu beli tiket. hayooo.. keprok-keprok semuanya!! Saya kira trip ke Derawan dimulai tanggal 4 Desember. Jadi saya ancang-ancang tanggal 2 atau 3 udah stand-by di Tarakan, dan singgah 1 malam di Surabaya. Tapi ya kesalahan tadi jadi bisa bikin saya transit semalam suntuk di Surabaya dan mlaku-mlaku meneh nang Tunjungan.

Berbekal tiket promo AirAsia,armada bertipe A320 terbang 3 jam dari Bandara Polonia ke Bandara Juanda Surabaya. Setibanya, saya menunggu bis damri jurusan Jembatan Merah Plaza,tapi kayaknya langka dan mendung udah menggelayut aja di sekitar bandara. Akhirnya diputuskan naik bis damri jurusan Terminal Purabaya atau yg populer disebut Terminal Bungur dan dilanjut dengan taksi ke penginapan Hotel Olympic tanpa melakukan reservasi terlebih dahulu.

interior yang sedikit horor

pic pic Olympiiiicccc

Hujan deras di Surabaya dari jam 5 s.d jam 8 bikin rencana saya mau icip-icip di Zangrandi batal. Jadilah saya dijemput teman saya sekitar jam 8 dan mulai muter2 Surabaya. Pemberhentian pertama di Sego Kucing di daerah…errr..lupa,keasyikan ngobrol. Sambil makan liat kiri-kanan.. kok yg pada makan disitu boleh juga, yg melayani juga boleh kok. hihihihihi

Selepas makan temen saya nanya mau kemana, dan saya bilang terserah aja. And out of nowhere diajak nyeberang jembatan Suramadu. Sampe di ujung sisi Madura, berhenti bentar dan balik lagi..geblek..hehehehe. Setidaknya udah pernah nginjek Pulau Garam itu. Selepas dari Suramadu keliling kota bentar dan balik lagi ke Hotel.

Besoknya, setelah sarapan perjalanan dilanjut ke Monumen Kapal Selam. Di websitenya sih katanya buka jam 8. Tapi sampe jam 9 loket belum buka dan ngacirlah saya ke Tugu Pahlawan dan main2 ke Museumnya sebentar. Kebetulan barengan saya anak2 dari sebuah SD di Gresik,berulangkali petugas ngira saya guru mereka. CPD. Tapi sempet sih beberapa kali diminta tolong ngambil gambar oleh guru mereka. Sewaktu di sekitar Tugu Pahlawan mau arah ke Jembatan Merah, ngobrol sebentar dengan orang-orang lokal yang ngasi tau ada Demo Buruh dari Gresik,Sidoarjo,dll di sekitar situ. Jadilah saya balik ke Hotel lagi.

Tugu Pahlawan

Setelah check-out, saya menuju Dharmawangsa Raya dengan becak ke outlet souvenir Cak Cuk terdekat. Tadinya mau beli kaosnya sih,tapi dirasa-rasa dan diraba-raba kok bahannya agak tebel. Akhirnya diputuskan beli souvenir aja deh. Dilanjut mlaku-mlaku nang Tunjungan Plaza.

Oh iya,Tunjungan Plaza ini dilihat-lihat sekilas mirip Mall Kelapa Gading. Bererot dari Tunjungan Plaza 1 sampe 4…buhsyet. Tapi di dalem mal gak dibikin tanda Tunjungan Plaza 1,2,3, atau 4 melainkan East Plaza (TP 1) yg paling kurang modern..hehehe.. ambience TP 1 masih mirip2 ITC kalo saya bilang. Lanjut ke TP 2 (Central Plaza) yg udah banyak sentuhan modern. Memasuki TP 3 (West Plaza), suasana mallnya udah modern mirip2 mall di Jakarta seperti Sency atau PIM 2. Outlet2  & coffeshop yg lagi hype bertebaran di siniseperti GAP, Zara, Lacoste, Coffee Bean, Red Mango,Excelso, Starbucks, dll udah ada di Tunjungan Plaza 3 ini. Bagian paling ujung di sini adalah TP 4 dengan Sogo sebagai tenant utama & Starbucks sebagai pintu masuknya (Fenny Rose banget kalimat gue!!). Tenant yg mencolok di TP 4 ini antara lain Banana Republic, Time Place, Guess, XO Suki, & Celebrity Fitness. Jebule saya makan siang di Pepper Lunch yg ada di West Plaza karena udah ngidam banget dan ga ada di Medan😦

Zangrandi Ice Cream

Menu Zangrandi

Selepas dari Tunjungan Plaza untuk makan siang & shopping-shopping kecil saya meluncur ke Zangrandi Ice Cream karena saya minta jemput travel di sini. Kalo bisa dibandingkan dalam hal rasa, Zangrandi masih lebih enak & variatif dibanding ‘saudara-saudaranya’ seperti Ragussa (Jakarta), Toko Oen (Malang) dan be-ti dengan Rasa (Bandung) & Tip-Top (Medan). Saya pengen order Tutti Frutti & Macedonia yang paling kesohor,tapi apa daya perut udah diisi pepper rice di TP tadi. Jadinya cuma mesen Macedonia dengan opsi Rum Raisin Ice Cream.

Jam 5 sore, travel Cipaganti jurusan Malang menjemput saya..dan perjalanan leg berikutnya dimulai. Hmmmpppfff,coba kalau lamaan di Surabaya, bisa meletus ini perut nyicipi Semanggi, Sego Bebek, Lontong Kupang,dll. See ya next year Surabaya🙂

Budget hotel yg sedang tren juga ‘singgah’ di Surabaya. Citi Hub Hotel di depan Tunjungan Plaza menawarkan harga yg terjangkau 200-300 ribuan untuk lokasi yg sangat strategis. Untuk kelas Backpacker ada Sparkling Backpacker Lodge di Jl Kayun (dekat dgn Monkasel & Surabaya Plaza,10 menit jalan kaki ke Tunjungan/Gedung Grahadi).

Saya menginap di Hotel Olympic(Jl Urip S), gak jauh dari Hotel Santika & 10 menit dgn angkot ke Tunjungan Plaza. IDR 170,000/malam.

What To Do,See, & Eat

visit this site : Sparkling Surabaya, or Government Site

Download Surabaya Tourism Map

Getting Around

Bis Kota (Damri) AC & Non AC melayani jurusan dalam kota. Angkutan Kota (Angkot) ditandai dengan warna & alfabet.

Taxi juga bertebaran di seluruh penjuru kota. Pastikan yang ber-Argo seperti Blue Bird Group & Bosowa Taxi.

Blue Bird Group :

SURABAYA TAKSI : (031) 3721234

PUSAKA SENTRA : (031) 7528000

PUSAKA NURI :  (031) 5651234

Rum Raisin Macedonia of Zangrandi

Nasi Kuning (inflight order @ AirAsia)

Gono-Gini :

2 comments on “Leg 1 : Medan » Surabaya

1. dansapar
    December 17, 2010

gue krmin jg nyebrang balik pas di suramadu ma si tac
    pagi2 dr liat sunrise trus ngacir ke madura
    lalu napak trus balik maning ke surabaya
    gyahahhahahaa

• Sy Azhari
      December 17, 2010

kl udah di ujung sisi Madura, bingung mau ngapain. gak ada peradaban deket situ. hehehe. apalagi gue jam 10 malem