Eat│Play│Repeat

Here, There, and Everywhere

Leg 6 Derawan » Tarakan » Balikpapan

Hari ke-3 di Kepulauan Derawan sekaligus hari terakhir. Setelah puas snorkeling kemarin & dilanjut dengan ngobrol sampe tengah malem, hari ini ingin dihabiskan santai aja. Pengen liat sunrise, langitnya mendung… pengen snorkeling pagi-pagi airnya dingin banget. Walhasil pagi itu cuma melihat penyu sisik & penyu ijo yg sarapan di depan penginapan.


Karena di hari pertama saya & Ndah udah ngider ke sisi utara pulau Derawan, kita mengeksplorasi sisi selatannya. Kalo di sisi utara lebih sepi karena adanya beberapa cottage yg tarifnya menengah ke atas, maka di sisi selatan lebih banyak ditemukan penginapan-penginapan apung yg ringan di kantong maupun rumah-rumah penduduk yg sudah siaga untuk dijadikan guesthouse. Menelisik ke tengah pulau baru ditemukan perkampungan warga nan sabananyo. GOR, Puskesmas, & Kantor Lurah bisa dilihat di pertengahan pulau.

Penginapan

Puskesmas Derawan

Selepas keliling pulau, ternyata ketemu temen serombongan di KM Melati 3 yg lagi liat-liat souvenir di perkampungan dan selanjutnya ngundang kita main-main di cottage mereka. Duh, lain ya yang ‘kasta Waisya’ dengan k’asta Ksatria’ (-_-)a

Sekitar jam 11 kita berkumpul di pier Derawan Cottage untuk bergabung dengan rombongan dari KM Bandung Selatan untuk kembali ke Pulau Tarakan. Perjalanan 3 jam terombang-ambing di Laut Sulawesi kembali dijalani dan sampailah kita di Pelabuhan Tengkayu I, Kota Tarakan.

Karena malemnya mau nonton pertandingan timnas Indonesia, saya & Ndah langsung beristirahat di kamar yang terpisah (pentinggg!!) di hotel. Setelah leyeh-leyeh sebentar, kita makan siang di…. KFC di depan karaoke NAV. Tampaknya Ndah amat sangat berhasrat ingin tadarus di NAV deh. Karena tonsil saya masih bengkak,saya urung sumbang suara di NAV dan akhirnya kita memilih ke Kawasan Konservasi Mangrove & Bekantan (KKMB) di Jl Gajah Mada aja. Kesian dong Ndah, udah sampe Tarakan belum liat Bekantan.

Malemnya kita diajak Bang Gusti, pacarnya Kak Citra teman searisan Parbada-Parhuta saya di Medan. Oleh Bang Gusti, kita dibawa tur ke ‘sisi sebelah’ Kota Tarakan yang lebih rapih & rame. Dan gongnya adalah dibawa ke Restoran Kepiting Saos Kenari di dekat Bandara dimana di tempat itu seporsi kepitingnya paling murah seharga Rp 110.000. Kesian kan Ndah & saya, udah jauh-jauh sampe tarakan cuma makan KFC😀

deretan wisma

Kepiting Jantan Saos Asam Manis

Cah Kangkung

Besok paginya kita check-out karena penerbangan Ndah ke Jakarta & penerbangan saya ke Balikpapan jadwalnya berdekatan di pukul 11.00 WITA. Sebelumnya, Bang Gusti sempet ngajak kita sarapan di kopitiam klasik di daerah Slamet Riaydi bernama Warung Kopi Nesmilo. Selain warung kopi, Nesmilo juga menjual oleh-oleh Tarakan (dan produk2 Malaysia).  Setelah sarapan Nasi + Mun Tahu porsi jumbo, kita cicing ke Bandara. Makasih banyak loh, Bang Gusti.

Di Bandara Juwata Tarakan yg airport charge sebesar Rp 30.000 tapi toilet aja masih bayar itu (huh!!), saya & Ndah pisah jalur. Dia balik ke Bogor, saya melanjutkan perjalanan ke Balikpapan untuk mengejar penerbangan lainnya ke Sulawesi.

Di Balikpapan sendiri, niat awal saya untuk keliling kota karena ada jeda 4 jam diurungkan karena penerbangannya dimajukan dari jam 4 menjadi jam 3. Padahal kalo 4 jam masih bisa maen-maen ke E-walk itu. Walhasil cuma ngendon di Terminal bandara aja ngemil-ngemil froyo. Mau maen ke B-square belum buka semua outletnya. FYI, B-Square ini niatnya mau bikin airport mall & hotel pertama di Indonesia. Hotel Santika sendiri udah mejeng di lantai3 ke atas, sedangkan merchants lain masih dorman seperti Starbucks. Merchant lain seperti Solaria & beberapa toko udah buka.

Sampai dengan pukul 14.30, belum ada tanda-tanda panggilan boarding dari Merpati. Sampai akhirnya dikabari kalo pesawat Merpati yang akan kita tumpangi baru bisa boarding pukul 17.00 WITA. Geblek.. kalo ada jeda 5 jam gitu kan bukan cuma E-walk dijabanin,Gunung Dubb atau nonton Rapunzel pun sempet dilakonin….hiks… gak jadi deh bernostalgia lagi dengan Balikpapan, one of my favorite city in Indonesia.

KM Melati 3

Gono Gini

Paket Tur Kepulauan Derawan = IDR 799.000

(3 Hari 2 Malam, akomodasi, transportasi, asuransi, snack pagi, makan siang & makan malam)

Snorkeling 1 hari = IDR 40.000

Hotel Taufiq (1N) = IDR 110.000

Airport charge Bandara Juwata Tarakan = IDR 30.000

Airport charge Bandara Sepinggan Balikpapan = IDR 40.000

Kepiting Kenari Saos Asam-Manis + Cah Kangkung = GRATIS

Nasi + Mun Tahu = GRATIS

GOR Derawan

Penyu Unyu

Bandara Juwata

B-Square (Terminal B Sepinggan Airport)

Terminal A Bandara Sepinggan

5 comments on “Leg 6 Derawan » Tarakan » Balikpapan

  1. dansapar
    January 11, 2011

    itu hotel taufik dari dinasti gumelar yaaaa
    #eeaaaaa

    • Sy Azhari
      January 11, 2011

      eeeaaaa…
      *dilempar sasak bu Linda*

  2. jackson
    February 29, 2012

    kok bisa murah begitu mas.. boleh minta kontak operatornya..🙂

    • Sy Azhari
      March 1, 2012

      kemarin ada sih,mas. tapi sayang hilang bersama handphone saya 2 minggu lalu. Monggo dicari di Facebook, namanya GPS Tour Tarakan. CP-nya, Deni

  3. hardi
    October 10, 2012

    seem not complete yet the angle shoot, yellow papaya the fruits and leaf, coconut type different close to shore and in middle island, close to grave, jetty of BMI, baby of turtle or tukik, collect the seed of pines tree,snorkeling under the jetty, white sand in the corner of this island, and lovely thing having barbeque and eat rujak.

    ups, all have done before, besides sangalaki, kakaban, semama, maratua. he3x….. looking this pics make me home sick again…….I can touch the wind, sand and ambiance by imaginated

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 6, 2011 by in F&B, Kalimantan, Kalimantan Timur, Tradisional, travel and tagged , , , , .

#archives

#categories

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 268 other followers

Follow Eat│Play│Repeat on WordPress.com
%d bloggers like this: