Eat│Play│Repeat

Here, There, and Everywhere

Leg 11 : Makassar – Medan

13 Desember 2010. Akhirnya tanggal kepulangan saya ke rumah tiba dan berakhirnya cuti saya. Jam 7 pagi saya check-out dari Surya Inn selepas sarapan dan melanjutkan perjalanan dengan becak ke Lapangan Karebosi untuk menunggu Damri Bandara di sekitaran Bank Mandiri Karebosi. Sampe jam 9, bis bandara yang kutunggu kutunggu…tiada yang datang, kutelah lelah berdiri berdiri..menanti nanti. Mana Carrefour di bawah Lapangan Karebosi (Karebosi Link) belum buka buat berteduh. Jadilah kesabaran saya habis, sementara flight saya 11.45 WITA dan saya masih 20 km jauhnya dari bandara.

Bosowa Tower, Karebosi, Makassar

Dengan diiringi emosi jiwa akibat penantian panjang 2 jam, saya jalan kaki ke MTC dan naik angkot…dan SALAH JURUSAN. Niatnya mau ke daerah Tello, naiknya angkot jurusan Tallo. Dan saya baru ngeh ada daerah Tello dan ada Tallo. Pas di dalam angkot jurusan Tallo, sayup-sayup saya melihat angkot jurusan Terminal Regional Daya (Maros) di belakang kita. Saya berhenti di depan Mesjid Agung Makassar dan naik angkot jurusan Terminal Daya yg melewati pintu gerbang masuk Bandara Sultan Hasanuddin.

Tapi, perjalanan makin runyam karena si angkot ini lemot banget. Walhasil saya turun di Jl. Perintis Kemerdekaan di tengah padang gersang di daerah sub-urban Makassar ini. Mungkin karena melihat saya membawa ransel besar & tentengan, seorang tukang ojek mendekati saya dan menawarkan ke Bandara dengan nego harga terlebih dahulu. Sekitar pukul 10.30 sampailah saya di Bandara dan ternyata flightnya delay!!! Pesawat yg akan saya naiki dari Makassar ke Jakarta ternyata lanjutan dari penerbangan Ternate ke Makassar tertunda sekitar 30 menit dari Ternate. Hiks.

Anyway, Bandara Hasanuddin ini emang resik banget dilihat. Minimalis, areanya lega, & futuristik. Dibangun untuk kapasitas pergerakan penumpang 6 juta/tahun, sementara kapasitas saat ini baru 4 juta pax/tahun. Walhasil, bandara ini belum kelihatan sesak seperti Bandara Juanda yg salah perhitungan pembangunannya. Bandara Hasanuddin memiliki area check-in paralel pertama di Indonesia. Selain itu, bandara ini adalah bandara yg pertama kali memiliki 2 runway setelah Bandara Soekarno-Hatta. Bedanya kalo Bandara Soetta itu separated-parallel runway sedangkan Bandara Hasanuddin berbentuk crossing runway.

Sekitar pukul 12.30 WITA kami boarding dan sampai di Bandara Soetta sekitar pukul 13.30 WIB dan baru kelar tetek bengeknya sekitar jam 14.00. Makan siang di Solaria Terminal 2E dan istirahat di emperan Terminal 2D sampai nunggu waktu check-in tiba jam 18.00. 6 jam di bandara??? iya, mau ke Jakarta males, cuma dapet macetnya kalo senin + bawa2 ransel besar.

Pukul 20.00 WIB pesawat Lion Air yg membawa saya akhirnya boarding dan membawa saya pulang ke Medan. Tepat pukul 22.00 sudah dijemput di terminal kedatangan Bandara Polonia dan kembali ke rumah. Bersiap untuk kembali kerja setelah 13 hari recharge tubuh dan pikiran.

13 hari, 9 pulau, 6 kota, 6 flight, lebih dari 10.000 km, & pengalaman baru yg tak terhitung🙂

boarding room

2 comments on “Leg 11 : Makassar – Medan

1. dansapar
    February 7, 2011

iya bandaranya bagus, koh.
    suka ma foto boarding roomnya ;p

• Sy Azhari
      February 7, 2011

ruang tunggunya enak. udah gitu ngadep perbukitan pula itu.
      eh,tahun depan Bandara Medan gitu juga ding…lebih besar malah dan yg lebih penting : hanya 15 menit dari kantor gue