Eat│Play│Repeat

Here, There, and Everywhere

Big Brother US

Saya pernah bilang kalau saya fans berat dengan 3 acara reality-show keluaran stasiun CBS di post ini. 3 acara tersebut adalah Survivor, The Amazing Race, & Big Brother. Pemirsa Indonesia mungkin sudah kenal 2 acara pertama karena di awal 2000-an stasiun Indosiar saat masa jayanya pernah memutar beberapa season The Amazing Race dan Survivor dari season pertama (Borneo) sampai season 8 (All-Stars). Stasiun Trans TV juga pernah menayangkan acara The Amazing Race Asia season 1.

Tahun 2011 ini Trans TV mulai menayangkan satu lagi franchise reality-show terakhir, Big Brother. Beberapa teman saya sebelumnya pernah menanyakan seperti apa konsep Big Brother ini, dan biasanya saya jawab : “seperti Penghuni Terakhir, cuma lebih sedikit drama dan gak lebay”

Referensi saya tentang acara Big Brother didapat melalui acara Big Brother US walaupun acara ini demamnya dimulai dari Belanda pada tahun 1997 dan merembet ke Eropa, Amerika Serikat, Amerika Latin, Arab, Asia Tenggara (Thailand & Philippines), negara-negara Pasifik dengan versi franchise mereka masing-masing.

Konsep Big Brother US (BB-US) adalah mengisolasi sekelompok kontestan selama musim panas (70-90 hari) di dalam rumah. Namanya isolasi pastinya gak boleh berhubungan dengan dunia luar, tanpa televisi, alat komunikasi,dll. BB-US memperebutkan hadiah US$ 500.000 dan US$ 50.000 untuk runner-up. Juara Big Brother ditentukan oleh voting dari juri. Juri di season 2 & 3 berasal dari semua kontestan yg dieliminasi (kecuali yg keluar). Sedangkan mulai season 4 s/d 12, juri terdiri dari 7 kontestan terakhir yg dieliminasi.

Dari season 1-3, kontestan yg diisolasi benar-benar kontestan yg gak saling kenal. Dan mulai season 4 s/d 9 dihadirkan twist untuk membuat permainan lebih seru, yaitu mengisolasi beberapa orang yg saling kenal. Twist ini memberi sub-judul tersendiri kepada acara ini. Sampai musim panas 2010, Big Brother udah berjalan selama 12 season.

  1. Big Brother 1. 10 kontestan yg saling gak kenal, dimana pemirsa yg menentukan siapa yg ‘diusir’ dari rumah isolasi setiap minggunya. BB-US 1 jarang disebut atau masuk kredit di seri setelahnya. Bahkan post-show life para kontestan gak pernah diekspos layaknya season lain.
  2. Big Brother 2. 12 kontestan yg gak saling kenal, dimana mulai dikenalkan  Head of Household (HoH), dan kontestan pertama yg dikeluarkan dari game karena mengancam kontestan lain dengan pisau.
  3. Big Brother 3.  12 kontestan. Mulai memperkenalkan Power of Veto twist.
  4. Big Brother 4 : X-Factor.13 kontestan. Di season ini tidak semua kontestan tidak saling mengenal. 10 diantaranya pernah berpacaran,sehingga dikatakan season ini X-Factor. 5 kontestan : Allison, Jun, Erika, Scott, David harus diisolasi dengan mantan mereka masing-masing : Justin, Jee, Robert, Amanda, & Michelle. Ditambah 3 kontestan lain Dana, Jack, & Nathan.
  5. Big Brother 5 : Project D.N.A (Do Not Assume). 14 kontestan dimana 2 orang diantaranya gak tau mereka bersaudara karena dari kecil gak pernah ketemu dan orang tua mereka yg bercerai gak pernah memberi tau. Kemudian ada 2 orang kembar yg sering bertukar tempat dan main sebagai 1 orang sampai dengan beberapa minggu demi nilai hadiah tertentu.
  6. Big Brother : Summer of Secret. 14 orang yg bermain disini terdiri dari 7 pasang orang yg saling kenal yg bertingkah seperti gak saling kenal supaya gak jadi target nominasi. Karena apa? jika partner ini masuk final 2, maka hadiahnya double jadi US$ 1 Juta. Ada yg pacaran, ada yg teman kerja, ada yg tetangga, dan ada yg TTM. Season ini favorit saya karena intens banget dan disebut sebagai ‘the most divided house in BB US History’ dimana 6 orang membentuk aliansi melawan 6 orang lain.
  7. Big Brother All Stars. 14 kontestan dari 6 season sebelumnya terdiri dari : 4 kontestan pria & 4 kontestan wanita dengan vote terbanyak dari pemirsa ditambah 6 kontestan pilihan tim produksi.
  8. Big Brother 8. 13 kontestan dimana 3 pasang diantaranya sudah saling kenal sebagai musuh. Ada yg mantan pacar, ada yg saingan waktu sekolah, dan ayah – anak yg udah ga omongan selama 2 tahun.
  9. Big Brother 9 : Til Death Do You Part. Terdiri dari 16 kontestan dimana mereka bermain sebagai pasangan. Beberapa diantara mereka ada yg pernah pacaran atau masih pacaran. Satu-satunya seri yg ditayangkan saat musim dingin.
  10. Big Brother 10. Di season ini, BB-US kembali ke pakem awal (BB-US 2) dimana kontestan gak saling kenal.
  11. Big Brother 11 : High School Clique. Terdiri dari 12 kontestan ditambah 1 returning contestant. 13 kontestan dibagi menjadi 4 high school clique : Athlete, Brain, Popular , & Brain. Mereka bermain sebagai tim. Jika ada 1 tim yg menang HoH, maka anggota timnya gak boleh dinominasikan. Mereka bermain sebagai tim hanya sampai beberapa minggu.
  12. Big Brother 12. Memperkenalkan twist Sabotuer. 1 kontestan yg fungsinya menyabotase isi rumah. Jika tantangan sabotuer berhasil dilakukan, kontestan ini mendapat sejumlah duit kas.. hmmmm

Big Brother All Stars

Kompetisi & Terminologi yg sering digunakan di dalam kompetisi Big Brother antara lain :

1. Head of Household (HoH)

HoH ini didapat lewat kompetisi seperti tes ketahanan, games, atau kuis. Pemenang HoH selama seminggu mendapat kamar pribadi dan terbebas dari hukuman yg dikenakan ke tim atau seisi rumah. HoH juga yg akan menentukan 2 orang yg menjadi nominasi untuk ‘diusir’ dari rumah isolasi. Sampai season 2, HoH adalah power yg paling ditakuti oleh seisi rumah sampai dengan di season 3 muncul twist lain yaitu….

2. Power of Veto (PoV)

mulai season 3, dikenalkan twist PoV ini. Kompetisi PoV dimulai setelah HoH mengumumkan 2 nominasi. Di season 3 & 4, seisi rumah bisa berkompetisi untuk memperebutkan power yg berfungsi untuk menghindarkan satu nominee dan memaksa HoH mengganti nominee yg dibatalkan oleh pemilik PoV tadi.

Di season 5 sampai seterusnya, PoV hanya bisa diperebutkan oleh 6 orang : HoH, 2 nominasi, dan 3 pemain lain yg dipilih secara random. PoV ini pun berevolusi kegunaannya yaitu :

  • di awal kemunculannya, Season 3, pemegang PoV tidak bisa membatalkan dirinya diri sendiri ketika dia menjadi nominee, jadi mesti berharap pada temannya yg bukan nominee kalau mau ‘lengser’ dari kursi nominee
  • di Season 4, dikenalkan Golden Power of Veto. Golden Power of Veto ini memungkinkan seorang nominee yg memenangkan PoV untuk mencabut nominasi atas dirinya sendiri. Sejak season 4, power seperti ini lah yg digunakan jika merujuk pada Power of Veto
  • di akhir season 4, dikenalkan twist Diamond Power of Veto. Jika PoV hanya bisa mencabut nominasi atas dirinya namun yg menentukan pengganti nominee tetap HoH, maka pemenang Diamond Power of Veto selain berhak mencabut 1 nominee juga berhak mengganti nominee tersebut oleh kontestan manapun (selain HoH yg kebal)

2 power ini adalah kompetisi yg paling utama dalam BB-US, sampai terkadang muncul twist yg mengagetkan bernama….

3. Coup D’ Etat

twist ini hanya muncul di season 7 (All Stars) dan season 11. Pemenang Coup D’Etat ini berhak mengganti seluruh nominee di ‘kursi panas’ dengan kontestan lain kecuali mereka yg kebal (HoH & PoV holders).

Selain 3 power di atas, ada beberapa kompetisi lain yg lebih fun dan sifatnya hukuman, yaitu :

1. Food Competition

Dari season 1 s/d 6, tim/kontestan yg kalah dalam Food Competition diberikan hukuman yakni hanya boleh makan Peanut Butter & Jelly sandwich selama 1 minggu. Saking terkenalnya hukuman ini, sampai muncul istilah PB&J Punishment.

Setelah season 7 s/d 12, jenis hukuman berubah menjadi Big Brother Slop. Jenis makanan Big Brother Slop ini macem-macem sesuai hasil vote pemirsa US.

2. Luxury Competition

Di sela-sela games HoH dan PoV biasanya diselingi Luxury Prize. Dari yg duit cash sampai dengan liburan ke Hawaii seminggu *glek*

3. Have -Have Not Competition.

Have-Have Not Competition ini menggantikan Food Competition di season 11. Jika Food Competition hanya berimbas pada makanan, tidak demikian dengan kompetisi ini. Tim yang kalah terkadang harus tidur di atas ranjang reyot atau ranjang besi selama seminggu.

4. America’s Vote

Karena kompetisi ini berjalan sesuai dengan waktu tayangnya, maka pemirsa US bisa berpartisipasi lewat America’s Vote. Hadiahnya mulai bisa berbentuk telepon dari rumah/orang terdekat, surat dari keluarga, birthday dinner, sampai yg besar atau berpengaruh seperti Coup D’Etat power.

America’s Vote

Di US, Big Brother tayang 3 kali dalam seminggu di setiap musim panas dan selalu menuai rating Top 3. 1 Episode untuk HoH Competition & nominasi, 1 episode untuk PoV Competition, dan 1 episode Live untuk interview & Eviction. Walaupun telah melalui 12 seri selama 11 tahun, BB-US tetap menjadi idola karena kemasan acaranya yg variatif, personal, dan gak lebay. Pemirsa menjadi lebih dekat dengan kontestan karena setiap episodenya terkadang bisa membahas latar belakang  1-2 kontestannya.

Membahas latar belakang disini dalam artian kru BB-US mengunjungi hometown para kontestan, wawancara dengan keluarga dan teman-teman, dan menyanyakan reaksi orang-orang di kota domisili si kontestan terkait. Bukan mendramatisasi profesi orang tua si kontestan ataupun kemampuan ekonomis keluarga si kontestan.

Alur di Big Brother US ini berjalan lebih lambat dibanding saudaranya yg mirip temanya, Survivor. Hal ini wajar mengingat Survivor ditayangkan di musim semi & musim gugur dimana televisi bersaing mengeruk rating dan keuntungan dari membludaknya jumlah penonton.

Dari 12 seri ini, saya punya 10 jagoan kontestan :

Dr Will (BB-2), Allison (BB-4), Nakomis (BB-5), Janelle & James (BB-6), Danielle Donato (BB-8), Dan & Keesha (BB-10), Jeff & Jordan (BB-11, The Amazing Race 16).

Big Brother pre-casts

One comment on “Big Brother US

  1. hilsya
    March 19, 2011

    hoho.. si om, lama ga keliatan rupanya lagi asik mantengin BB-US🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 15, 2011 by in Reality, TV Show and tagged , , , .

#archives

#categories

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 268 other followers

Follow Eat│Play│Repeat on WordPress.com
%d bloggers like this: