Eat│Play│Repeat

Here, There, and Everywhere

Berburu Hotel & Hostel

Rainforest Bed & Breakfast, KL (dipesan lewat Hostelbookers.com)

Dalam dunia traveling saya ada hal yang masuk ke dalam kategori kegiatan spontan dan lawannya, kegiatan yang sudah direncanakan. Salah satu yang direncanakan jauh-jauh hari adalah masalah tiket (ya iyalah, menurut lo!) dan penginapan. Kalau memang perjalanannya spontan ya pasrah harus nyari go-show, tapi kalau sudah direncanakan dari beberapa bulan sebelumnya maka penginapan pun harus direncanakan sedemikan rupa.

Saya bukan tipikal orang yang mau bayar semurah mungkin tapi fasilitasnya sungguh basic dan kurang bersih. Tapi saya juga bukan orang yang rela bayar segepok duit buat nginep di hotel bintang 4-5 juga, karena terakhir kali mencet komedo yang keluar bukan duit. Apalagi seringnya penginapan cuma dipakai tidur malam dan sarapan pagi doang. Bagi saya, penginapan yang layak itu ada beberapa syarat yaitu :

  • lokasi lokasi lokasinya stratekhis (gaya Mbak Fenny) biar mengirit biaya transportasi.  Kalaupun terpencil dan jauh dari mana-mana (karena lokasi daerahnya), setidaknya masih ada tempat untuk mencari kendaraan yg tersedia untuk bepergian seperti pangkalan ojek gitu.
  • Bersih. Apalagi menyangkut toilet & kamar mandi, karena saya mendadak berasa menjadi Hypochondria kalau lihat toilet yg jorok.
  • Tempatnya berkarakter. Ini sih gak mutlak, cuma sekedar penambah nostalgia saat berjalan-jalan. Biasanya hostel dari bangunan tua atau unik jadi pilihan saya seperti di Splendid Inn Malang atau Villa Angela di Vigan.
  • dan yang pasti… MURAH!!! errr…rada gak tau diri ya mengingat syarat-syarat di atas. Tapi ya Murah bukan berarti harus murahan kan?
Terus  kalau udah dapat syarat-syarat yang dibutuhkan, nyarinya dimana? Jangan sedih. Di zaman 2.0 ini juga jangan bingung juga, lah kan ada internet (kemakan iklan BUMN). Ada beberapa situs yang jadi acuan saya kalau nyari penginapan melalui dunia maya estianti.
  • AGODA
Agoda ini situs penyedia jasa booking untuk kelas hotel. Situs utamanya sih ada di Agoda.com dan tersedia dalam beberapa bahasa. Untuk situs berbahasa Indonesia ada tinggal klik Agoda.web.id. Harga di Agoda ini kalau diskon lumayan miring banget dengan harga yang dicantumkan di situs hotel bersangkutan. Ditambah lagi kalau memesan di situs ini dengan terlebih dahulu menjadi anggota maka akan ada penambahan poin yang akumulasinya bisa ditukarkan dengan hotel seharga poin yg ditukar.
Saat booming pemakaian mobile internet, Agoda meringsek juga mengambil pasar ini dengan meluncurkan aplikasi untuk pengguna iPhone/iPod/iPad. Menu di mobile gak jauh beda dengan yg full version. Ada pemilihan mata uang yg digunakan juga.

Aplikasi Agoda di iTunes Store

Screenshot

Motonya Agoda ini : “Smarter Booking Hotel”, sedangkan Agoda app ini punya moto “Smarter booking hotel just got smarter”… hehehehe. Ada benernya sih ya, karena mereka membidik pengguna Smartphone..yang smart :p

Kalau Agoda spesialis di kategori Hotel, maka Hostelworld mumpuni dalam dunia Hostel (ya menurut lo, dari namanya it’s so obvious!). Tersedia 25 ribu hostel di 180 negara yang bekerja sama dengan Hostelworld.com. Karena pangsa pasar Hostelworld ini adalah budget travelers, maka sistem pembayaran di situs ini memudahkan dan memanjakan kita sebagai pejalan loh. Biaya yang dipotong dari kartu kredit kita oleh Hostelworld hanya 10% dari total transaksi ditambah dengan biaya admin sebesar US$ 2. Jadi misal total harga kamar kita sebesar US$ 47, maka yang dipotong saat bertransaksi disini adalah US$ 6.7. Sisanya 90% dari harga hotel DIBAYARKAN KEMUDIAN pada saat kita tiba di hostel kepada pihak hostel, bukan situs Hostelworld. Kalau kita gak muncul pada tanggal yang dimaksud, baru deh Hostelworld memotong sisa 90% itu sebagai konsekuensinya.
Sama seperti Agoda, Hostelworld juga menyasar pengguna mobile internet dengan meluncurkan sekaligus 3, bukan 1 bukan 2…tapi 3 aplikasi (lebay,deh) : mobile site, Android app, & iPhone/iPad/iPod app.

Screenshots

Hostelworld in iTunes Store

Layaknys situs pemesanan kamar lainnya, di sini pun tersedia informasi mengenai penginapan yang kita cari. Mulai dari alamat, gambar, peta, overview, dan review dari mantan tamu-tamunya tersedia disini.
  • HOSTELBOOKERS
Pemesanan di situs Hostelbookers.com ini masih konservatif  melalui websitenya, karena Hostelbookers ini belum ada versi mobile-nya. Keunggulan Hostelbookers ini terletak pada absennya Admin Fee/Booking Fee sebesar US$ 2 seperti di Hostelworld. Selain itu kita bisa memilih biaya Deposit Protection sebesar US$ 0.20 untuk perlindungan pengembalian deposit kita yg 10% itu supaya tidak hangus begitu saja.
UPDATE : Aplikasi HOSTELBOOKERS kini tersedia di iTunes Store loh. Monggo dicoba loh.
  • HOSTELS
Situs terakhir yang pernah saya gunakan dalam pemesanan kamar adalah Hostels.com. Situs ini sedikit tricky karena jika kita bukan anggotanya akan dikenakan Admin Fee/Booking Fee sebesar US$ 2. Biaya tersebut dihilangkan jika kita mendaftar sebagai anggota situs ini. Pendaftaran sebagai anggota cukup bermanfaat karena di dalam menu anggota pemesanan yang telah kita buat baik yg sudah berlalu atau akan dieksekusi masih tersimpan. Jadi jika sewaktu-waktu print-out kita hilang dan email konfirmasi sudah terhapus masih bisa dicari lewat menu ini.
Selain itu, di menu untuk para anggota ini terdapat overview mengenai kota yang kita datangi berikut penawaran tour dengan harga kompetitif. Hostels.com ini adalah situs yang paling sering saya pakai untuk pemesanan mengingat ketiadaan booking fee dan booking store yg lumayan memitigasi risiko kenununan sebelum bepergian.

screenshot dari Hostelbookers.com

OVERVIEW
Pada dasarnya harga hostel di ketiga situs baik Hostelworld, Hostels, dan Hostelbookers itu gak jauh beda karena sudah dipatok menurut harga yang sama dengan harga di website hostel itu sendiri. Yang ditawarkan di sini adalah kemudahan memesan dan memberikan pertimbangan untuk kita sebagai pejalan sebelum memutuskan untuk menginap di mana. Apalagi gak semua pejalan itu tipikalnya langsung nyari di tempat demi menghemat waktu.
Kemudahan yang ditawarkan adalah mengenai cara pembayaran dan pemotongan oleh situs ke kartu kredit kita. DP sebesar 10% dirasa tidak terlalu berat untuk para pejalan. DP itu sekaligus sebagai penjamin kita supaya dapat tempat di sana. Hal ini juga mempermudah para pejalan membuat estimasi karena masalah penginapan sudah dapat diterka berapa yang akan keluar dari dompet mengingat 90% sisa pembayaran masih harus dilunasi.
Pertimbangan yang ditawarkan oleh para pejalan ditunjukkan melalui rating yang telah diberikan oleh para tamu yg menginap di tempat itu sebelumnya. Belum puas dengan rating dalam bentuk persentase itu, kita bisa baca review dari tamu-tamu itu juga. Dari mana rating & review ini berasal? Nah, jadi begini. Biasanya para tamu dikirimi email 1-2 hari setelah kita menginap di properti yang dimaksud berisi polling mengenai si hostel dengan menggunakan skala. Selanjutnya kita diberi pilihan untuk mengisi review tentang properti tadi. Walaupun terkesan subjektif, bisa kita cari second opinion melalui review pejalan lainnya.
Selain pertimbangan lewat review orang lain, hal lain yang paling nyata untuk dijadikan dasar keputusan saya adalah PETA LOKASI & FOTO. Dari syarat di mukadimah di atas, jelas lah apa yang saya maksud. Dan dari sini saya bisa belajar mandiri dan membuat keputusan. Kalau ada ketidakpuasan akan tempat saya menginap ya salah saya sendiri. Saya sendiri yang mencari, mempertimbangkan, dan mengeksekusi dari sekian banyak pilihan. Bukan salah lo dan salah temen-temen lo kok. #drama
Kalau penginapan yang diincar gak termasuk di dalam 4 website ini, masih bisa mengandalkan website lain seperti asiarooms, booking, atau situs terpadu seperti Expedia. Kalau memang gak ada perantaranya ya pesan melalui website si hotel tersebut. Kalau gak ada website dan cuma ada nomor teleponnya yah… terpaksa masih pake cara lama. Telpon atau datang sendiri :p

Alumbung Alona, Panglao Island, Bohol (pesan lewat Hostels.com)

Pillows & Toast, S’pore (dipesan lewat Hostels.com)

Makati Apartelle (dipesan lewat Hostelworld.com)

Hutton Lodge, Penang (mesen lewat Hostels.com)

One comment on “Berburu Hotel & Hostel

  1. tinkerbelle86
    August 24, 2011

    this looks lovley!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

#archives

#categories

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 268 other followers

Follow Eat│Play│Repeat on WordPress.com
%d bloggers like this: