Eat│Play│Repeat

Here, There, and Everywhere

Subway Sandwiches

Masalah saya kalau sedang berjalan-jalan itu adalah pola makan yang berantakan. Baik jenis asupannya maupun jadwalnya. Saking gak mau repotnya, kadang saya suka makan mie instan dalam kemasan cup doang. Jangan tanya ukuran cup-nya ya *eh*. Atau saking tergodanya, suka beli makanan apa aja karena kebetulan saya termasuk Omnivora. Lihat aja penampakannya. Belum lagi kalau jalannya di luar Tanah Air Beta. Biarpun kata cuma ke jiran, tetep aja masih meraba-raba rasa. Biasanya pas lagi jalan gitu sempetnya cuma makan fast food mengingat perbedaan harga, kecepatan penyajian, dan terbatasnya waktu jalan-jalan. Efeknya bisa ditebak langsung… sembelit.

Salah satu andalan saya dalam memenuhi asupan gizi saat traveling adalah restoran cepat saji Subway Sandwiches. Memang sih konsepnya fast food, tapi yg dijual belum tentu junk food kok. Saat temen-temen saya lebih banyak yg suka melipir ke tempatnya Ronald, Kolonel Sanders, atau Gadis Rambut Merah Berkepang Dua itu, saya lebih suka makan di sini. Karena dengan menu yang ada, saya bisa dapat karbohidrat, protein, sekaligus asupan serat yg cukup lewat sayuran segarnya. Sok ahli nutrisi banget yak…hehehe.. tapi seiring umur nambah, gak ada salahnya jaga kesehatan kan.

Subway Sandwich in Changi Airport


Subway Sandwiches ini ordernya D-I-Y, do it yourself…errrr.. ya semacam itu lah. Pilihan rasanya udah ditentukan, tapi komposisi sandwichnya diserahkan ke pembeli masing-masing. Dari jenis roti, sayuran, protein, dan saus ditentukan sendiri oleh si pembeli. Deskripsinya kira-kira seperti ini :

How To Order at Subway?

  • Which Sub, Salad, or Wrap?

Which Menu?

Pilih bentuk yang kita mau. Mau roti lapis (jenis submarines sandwich), salad, atau wrap (tortilla). Sekaligus juga pilih rasa yang diinginkan. Biasanya ada yg masuk kategori Classic, Basic, atau Premium. Variasi isian roti lapis ini antara lain ada Tuna Melt, Spicy Italian (Salami & Pepperoni), Turkey Breast, Chicken Teriyaki, Meatball Marinara, Veggie, Roast Beef, Steak & Cheese, dan Chicken Slice.

Basic & Hot Toasted Subs

Menu Roti Lapis

  • Which Bread?
Ada 5 jenis roti yang bisa kita pilih untuk pesanan sandwich. Ada Hearthy Italian, Italian, Honey Oat, Parmesan Oregano, dan Wheat. Yang paling saya suka itu Honey Oat yg krenyes-krenyes karena ada biji gandumnya, dan Parmesan Oregano yg gurih dan sedikit asin.

Varian Roti (dari Subway.com.ph)

Which Bread?

  • 6-inch or Footlong?
Pilih ukuran roti yang kita mau. Kalau yg normal sih yang 6 inci udah cukup. Kalau kebetulan lagi Mukalap (muka lapar), monggo dicoba yang Footlong.
  • Any Extras?
Setelah milih isi sandwich, jenis roti, dan ukurannya, boleh dipilih isian ekstra. Isian ekstra ini berbeda-beda di tiap negara. Di Malaysia yang mayoritas Muslim, pastinya ga ada Bacon atau Ham. Ekstra daging atau keju termasuk yg paling umum. Untuk tambahan isi ekstra ini dikenakan tambahan biaya lagi.

Extra something something…

Choose your Vegetables…and fiber :p

  • Which Veggies?

Sebelum sampai proses ini, biasanya roti dipanggang terlebih dahulu baru kita milih sayuran yang ada di bar. Jenisnya ada sayuran segar seperti Selada, Tomat, Paprika, Mentimun, dan Bawang Bombay. Ada juga tersedia sayuran yang sudah berbentuk acar seperti acar timun, zaitun, dan Jalapenos. Ga ada tambahan biaya setiap pemakaian sayuran ini. Mau ambil semua jenis juga boleh… kalau gak tahu malu ya :p

Veggie & Sauce counter

  • Which Sauce?
Apalah artinya Sandwich tanpa saus pendamping. Di Subway ada banyak jenis saus yang bisa dipadu-padankan dengan busana variasi roti lapis pesanan kita. Mulai dari yang rendah lemak seperti Mustard, Honey Mustard, Sweet Onion, Saus Tomat, dan Red Wine Vinaigrette atau bisa pilih yang rasanya cukup nendang seperti Ranch Sauce, Mayonnaise, Chili Sauce, BBQ, dan Chipotle Northwest.

Which Sauce?

  • Make It A Meal.

Sebelum roti lapisnya siap disantap, biasanya ditawari mau di-upgrade jadi paket atau ndak. Kalau di-upgrade dengan tambahan biaya, maka roti lapisnya bakal dihidangkan dengan gelas soft drink (isinya monggo ambil sendiri) dan pilihan beragam cookies atau keripik kentang. Kalau gak mau dijadikan paket, monggo milih minuman over the counter ya.

Voila… Steak & Cheese sandwich with Parmesan Oregano Bread

Masalah harga, Subway won’t cost you a hand… nor two. Standar aja mirip-mirip dengan restoran cepat saji lainnya. Mau hemat? pilih Sandwich of the Day yang biasanya didiskon hampir setengah harga. Setiap harinya, ada varian sandwich yang harganya dikorting dan berbeda-beda varian setiap harinya. Lumayan kan. Yang penting kita punya insting kira-kira menu yang satu cocok dengan condiment yg mana, jangan sampe kesel dan marah-marah karena rasanya berantakan akibat salah padu padan menu.

Dari yang saya baca di situsnya, Subway Sandwiches & Salad ini udah ada di 98 negara. Kebanyakan di Amerika Utara, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Eropa. Herannya, sampe sekarang kok gak ada cabangnya ya di Indonesia. Mengingat ada beberapa negara yang kurang populer dan lebih labil dari kita aja ada kok seperti… AFGANISTAN. Hiks.

Subway Gurney, Penang

17 comments on “Subway Sandwiches

  1. echi
    February 9, 2012

    kokohh…jd laper lagiiii abis makan siang nehhh

    • Sy Azhari
      February 9, 2012

      apalagi gue yang nulis pas makan siang tadi,chi. pikirin dong perasaan gue :p

  2. ombolot
    February 9, 2012

    Heh kokohrocha … apa-apain kau ngepost Subway Sandwich di blog lo ???

    Sakit jiwva ….

    *pengen combo kesel kenapa gak ada disini*

  3. tesa
    February 9, 2012

    Asiiiik cobain ah nanti, yg sandwich of the day *muka irit*

    • Sy Azhari
      February 9, 2012

      sisipkan dari uang makannya Hubby-mu,tes :p

  4. buzzerbeezz
    February 9, 2012

    posting-an kayak gini ini koh yg berpotensi disebut posting-an galau.. Galau karena bingung milih menu

  5. idho makmur
    February 9, 2012

    jadi pengen..
    wokeh kalau gitu menu makan siang sekalian makan malam adalah sandwich ala kadarnya…
    *t4 gw nga da gerai fastfood😥

  6. grandis
    February 10, 2012

    seneng deh tau blog ini, referensi buat maen2 lengkap
    sempet ya koh, foto-foto tiap menunya….super sekali reportasenya!

    • Sy Azhari
      February 10, 2012

      kan setelah mengucap doa sebelum makan, aku sempetin foto bentar,ndis. lagian itu gak dari 1 kali kunjungan kok :p

  7. liana yo
    September 8, 2012

    Ih super banget postingan ini. Buat gw jadi kalap pengen nyebrang ke negara tetangga. Hiks

  8. F Diah K
    June 1, 2013

    Sekedar info, ada lo dulu restonya di MTA Jakarta lantai 3, terakhir kali liat th 2000 tau2 udah ga ada lagi T.T

  9. kristuti
    April 12, 2015

    Anakku pengen makan lagi enak katanya masak harus terbang kenegeri jiran..

    • Ari Azhari
      April 12, 2015

      Aduh, mbak. Repot ya. Padahal lebih sehat dibanding fastfood kebanyakan.

  10. Siddhaprana Mitta
    August 4, 2015

    di Korea, subway rame bgt
    kalo di di Indonesia rasanya kalah populer dg fast food yg lain. tapi dulu sempat ada di Jakarta

  11. Matthias Maximilian
    January 5, 2016

    Halo teman-teman, nama saya Max, SUBWAY kemungkinan besar akan balik di Indonesia tahun ini. Saya bekerja dengan SUBWAY Regional Office di Singapura. Kalau ada yang minat buka toko SUBWAY, tolong email saya di maximilian_m@subway.com. Terima kasih dan selamat tahun baru 2016!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on February 9, 2012 by in F&B, Western and tagged , , .

#archives

#categories

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 268 other followers

Follow Eat│Play│Repeat on WordPress.com
%d bloggers like this: