Eat│Play│Repeat

Here, There, and Everywhere

Switchback to Georgetown

Karikatur dari Metal

Kelang setahun dan saya kembali lagi ke Penang, tepat di liburan Paskah sama seperti setahun yang lalu. Kali ini saya membawa 3 orang teman yang tinggalnya di kota-kota yang berbeda dan baru pertama kali ke Penang. Jadi pemandu gini sih ceritanya.

Karena berasal dari kota yang berbeda dengan jam keberangkatan masing-masing, maka kita semua sampai di Penang di jam yang berbeda. Kebetulan, saya dan Inggrid dari Jakarta jadwalnya hanya selisih 1 jam saja di siang hari dan 2 teman lainnya di malam hari.  Tiba di bandara Penang, kita agak terheran-heran karena bentukannya yang rada aneh karena sedang direnovasi biar lebih modern dan chic.

Jadwal hari itu adalah sekedar berkeliling Georgetown, tapi sebelum berkeliling Penang kita check-in dulu di penginapan favorit saya di Penang, Hutton Lodge, dan dilanjutkan makan siang di warung nasi di dekat hostel. Warung yg dikelola oleh keluarga India ini menyajikan makanan khas Penang seperti Char Keow Tiaw dan nasi ayam dengan sedikit twist rasa-rasa India Selatan. Nama warungnya Warung Mamu & Mami dan tepat di dekat lampu merah Hutton Lane. Nasi Gorengnya legit punya dan kulit ayamnya maknyus.

Nasi Goreng Ayam Mamu & Mami

Kelar makan, barulah saya dan Inggrid mulai berkeliling Penang. Dari Hutton Lane kita susuri Lebuh Chulia yang merupakan pusat backpacker di Penang dan tembus sampai ke Mesjid Kapitan Keling. Dari situ kita ngejar-ngejar free shuttle bus CAT/MPPP sampai ke halte St George’s Church. Pfiuuhhhh. Free bus ini mengelilingi pusat kota Georgetown yang bersejarah dan berhenti di 20 stasiun yg dekat dengan bangunan atau lokasi ikonik.

Setelah mencoba 1 putaran bus, kita berhenti di Padang Kota Lama untuk duduk-duduk sore sambil beli cemilan. Mobil-mobil box yang dimodifikasi menjadi warung jajan berjalan berjualan makanan ringan di sudut-sudut Penang. Mulai dari jus buah, manisan buah, rujak, es buah, sampai sate-sate yg terbuat dari fish cake, nugget, crab cake, dan sosis. Tergoda oleh penampilannya dan didukung perut lapar selepas berjalan kaki dan berlari-lari, ya terpaksa deh takluk juga.

Selain penjaja makanan, di sekitar Padang Kota Lama ini juga banyak penjaja mainan anak-anak. Memang sih di situ ada taman bermain publik dan hawker center, jadi bisa menarik anak-anak sekaligus orang tuanya.

Sekitaran Esplanade

Menjelang sore, kita balik ke hostel buat istirahat dan bersih-bersih mengingat udah jalan kaki lumayan gempor di tengah Penang yg mataharinya lagi welas asih dengan sinarnya. Apalagi malamnya kita juga mau jemput 2 teman lainnya ke Bandara yg jaraknya sekitar 18 km dari Georgetown. Berniat makan malam di Gurney Drive Hawker Center mengingat Inggrid yg ngebet makan Baboy a la Penang, namun apa daya bis Rapid Penang 103 lama banget tiba dan saya lupa bis 101 lewat Gurney juga walaupun mesti jalan sebentar. Walhasil kita puas makan malam di food court lain, yaitu New World Park yang ternyata Hawker Center yg rame di siang hari sementara malam hari pada beranjak tutup. Terpenuhi lah harapan Inggrid makan baboy dengan memesan dumpling berisi babi. Hahahahaha.

Dan setelah dilihat-lihat di peta, ternyata New World Park yang berisi restoran modern dan food court tradisional ini hanya 2 blok dari Hutton Lodge. Tau gitu jalan kaki doang, gak mesti nunggy bis 103 sampe lebih dari 30 menit. Pffftttt. Jalan kaki dari sini ke halte Chowrasta Market gak sampe 20 menit. Dan dari Chowrasta Market kita lanjut ke KOMTAR untuk menunggu bis 401 E yang menuju bandara. Sampai di Bandara, ternyata Ari sudah landing lebih dari 15 menit dari Medan dan sudah menunggu di meeting point kita, McD. Sekitaran 1 jam baru Ombolot yang tiba dari penerbangan Kuala Lumpur (setelah sebelumnya terbang dari Pekanbaru ke KL). Lengkaplah tim Penang Trip kali ini. Kembali ke Georgetown dengan taxi bandara jam 11 malem karena sekitar jam segitu bis Rapid Penang udah gak beroperasi lagi dari bandara. Tiba di Hutton Lodge dengan sehat wal afiat dan menuju kamar masing-masing untuk istirahat biar petualangan besok ke pinggiran-pinggiran Penang bisa ditunaikan.

MissingGrid

Let’s Wok & Roll in Georgetown

Jualan boleh mainan, tp lagunya tetep Top 40

di New World Park yg mau tutup -_-‘

Halte Rapid Penang & Free Shuttle yg informatif

13 comments on “Switchback to Georgetown

  1. grandiszendy
    April 18, 2012

    koh, aku nyari2 peta penang dan jalur bisnya kok gadapet2 yah, ada link buat di download gak? bagi dong kalo ada, skalian web rujukan yg mumpuni, thaaaanx

    • Sy Azhari
      April 18, 2012

      ntar aku cariin ya,ndis. kalo aku udah dapet aku BBM. kalo jalur bis di situsnys Rapid Penang aja coba.

      • grandiszendy
        April 19, 2012

        wokeeeee thanx buanget! bdw aku sedang menanti postinganmu tentang phuket dan phi2 ini :p

  2. neng fey
    April 27, 2012

    ternyata tante ing ngikut yak

  3. vie87
    May 17, 2012

    Halo, salam kenal🙂 … nanya dunks … kalo dari bandara penang – ke hotel hutton lodge, naek apa yah ? mohon dibalas yah ?

    • Sy Azhari
      May 21, 2012

      dari Bandara ke Hutton Lodge naik bis 401E,mbak. turun di Komtar trus jalan kaki. atau pas turun di KOMTAR, naik bis Hop On Hop Off, turun di halte Pasar Chowrasta atau Jalan Penang

  4. nopan
    January 26, 2013

    Always love penang, destinasinya banyak n tersebar d smw pulau

  5. gingerbreadandtea
    May 24, 2013

    barusan balik dari penang dan udah kangen sama tempatnya terutama makanannya dan tentunya CATnya :’)

    • Sy Azhari
      May 24, 2013

      Aku paling suka Pasembur di Penang. Enak banget, mirip gado-gado.

  6. mia
    July 3, 2013

    minggu depan aku mo ke penang, sampenya jam 8 malem dan rencananya nginep di hard rock di feringhi… bingung nih nyusun rute mana2 dulu yang mau dikunjungi, ada contekan mas ? klu kuliner keknya gurney dah pasti kudu wajib aku datengin. hehehe…thanks yah

    • Sy Azhari
      July 3, 2013

      Kamu jauh banget nginepnya di Ferringgi. Kalo bawaan ga banyak, halfway to Batu Feringgi bisa singgah di Gurney karena searah di utara. Hari kedua bisa deh keliling ke Georgetown. Rencana berapa hari?

  7. Hilda Situmorang
    January 9, 2014

    Dari airport ke hutton lodge naik bus apandan turun dimana yah?

    • Sy Azhari
      January 11, 2014

      Kemarin naik bis Rapid Penang tp lupa bis nomor berapa. Cobta dicek di situs mereka, kl ga salah lengkap dengan peta rutenya juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on April 18, 2012 by in Go-Sees, Hostel, Malaysia, travel and tagged , , , .

#archives

#categories

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 268 other followers

Follow Eat│Play│Repeat on WordPress.com
%d bloggers like this: