Eat│Play│Repeat

Here, There, and Everywhere

Gono Gini Songkran Trip

Kuala Namu Airport…kapan berangkatnya dari sini?

Enaknya punya teman yang udah ngerti cara jalan saya dan mereka pun sering juga flashpacking adalah ketidak-engganan untuk saling berbagi info. Entah itu mengenai biaya perjalanan, tempat-tempat yang menarik, maupun akomodasi serta transportasi. Dan biasanya, pesan atau pertanyaan yang dilontarkan gak jauh-jauh dari “foto-fotonya mana?” atau “jangan lupa brosur atau petanya ya?”, beda dengan teman semenjana yang mendadak jadi teman baik yang selalu nanya “oleh-oleh buat gue mana?”… lah ngobrol aja jarang minta oleh-oleh. Lah kalo gue anggap temen baik mah, tanpa dipesan juga pasti dibawain oleh-oleh versi saya sendiri. Emang enak jalan-jalan bawain pesanan umat?. Hear hear!!!


Balik lagi, ke topik utama, sebenarnya detil perjalanan ini harusnya selesai sebulan yg lalu saat 3 rombongan teman saya dari 3 kota yang berbeda ingin melakukan perjalanan ke Thailand sebulan setelah saya. Tapi ya apa boleh buat, sebagai upik abu di kantor mah, saya cuma bisa apa *tissue please*. Dan seperti biasa rincian biaya saya bagi per kategori, bukan per hari mengingat keterbatasan ingatan saya yang masuk dalam kategori Nunun. Bersiap lah puyeng melihat angka-angka di post ini yang hampir mirip dengan laporan keuangan…

Lubd Econo Double Room

  • Transportasi
  1. Medan – Penang, Air Asia IDR 158.000
  2. Penang – Phuket, Firefly,  MYR 98 (IDR 295.000), including snack, free baggage 15 kg, & Penang airport fee
  3. Phuket – Bangkok, Air Asia THB 208 (IDR 62.400) including Phuket airport fee
  4. Bangkok – Medan, Air Asia THB 1780 (IDR 534.000) including 15 kg baggage & Bangkok airport fee
  5. Medan – Polonia airport fee, IDR 75.000
  6. Check-in baggage, Phuket-Bangkok, THB 500 (Rp 150.000) -> 2,5x harga tiketnya…hiks
  • Akomodasi
  1. Hutton Lodge Penang, Double room en-suite, 4D/3N @ MYR 90 = MYR 270 (IDR 810.000)
  2. Lub Sbuy Guesthouse Phuket, Double room en-suite, 2D/1N = THB 800 (IDR 240.000)
  3. Baan Thai Guesthouse Phi-Phi Don Island, Double room en-suite, 2D/1N = THB 1300 (IDR 390.000)
  4. Little Mermaid Karon Beach Phuket, Double room en-suite, 2D/1N = THB 500 (IDR 150.000)
  5. Lubd Siam Square Bangkok, Double room / shared bathroom, 4D/3N @ THB 1300 =  THB 3.900 (IDR 1.170.000)

Seluruh akomodasi ditanggung berdua, jadinya harga yang tertera seharusnya dibagi dua lagi. Lumayan masuk akal dong ya, apalagi tempat yang disinggahi buat menginap sangat layak dan unik.

Lubd Siam Square Bangkok

  • Transportasi Dalam Kota

Penang Area

  1. Rapid Penang 102, Penang Airport – Komtar, MYR 2.7
  2. Rapid Penang Passport, MYR 30 (IDR 90.000). Free hop on hop off for 7 days in any Rapid Penang route.
  3. Taxi Penang International Airport – Hutton Lodge (abis jemput Ombolot dan Ari), MYR 47 (IDR 140.00. Karena dibagi 4 jatohnya masih murah, IDR 35.000/orang.
  4. Taxi, Gurney Drive – Hutton Lodge, MYR 20 (THB 60.000) untuk berempat.
  5. Taxi Komtar-Penang Airport, MYR 35 (IDR 100.000) untuk 2 orang.

Ferry

Phuket Area

  1. Airport Bus, Airport – Phuket Town THB 85 (IDR 25.000)
  2. Sea Angel Ferry, Phuket – Phi Phi Don Island, THB 600 (IDR 180.000), including shuttle van from Phuket Town to Sea Angel Pier
  3. Phi Phi Cruiser Ferry, Phi Phi  Don Island – Phuket, THB 550 (IDR 165.000), including shuttle van from Rassada Pier to Karon Beach
  4. Seongthew, Karon – Phuket Town, THB 10 (IDR 3.000)
  5. Tuk-Tuk, Phuket Town – Airport, THB 500 (IDR 150.000)

Bangkok Area

  1. Airport Express Train, Suvarnabhumi Airport – Phaya Thai Station, THB 90 (IDR 27.000)
  2. BTS, Phaya Thai -National Stadium, THB 20 (IDR 6.000)
  3. BTS 30-day Smart Pass 15 Trip, THB 405 (IDR 120.00. Kartu ini berisi 15 trip (ada juga yang untuk 25, 40, & 50 trip), berlaku 30 hari, sedangkan kartunya berlaku 5 tahun untuk diisi ulang.
  4. Chao Praya Boat Express, Saphan Taksin – Wat Pho, THB 15 (IDR 4.500)
  5. Tuk-Tuk, Khao San Road – Siam Square, THB 150 (IDR 45.000)
  6. Udom Suk – IKEA, free shuttle vv :p
  7. Airport Express Train, Phaya Thai – Suvarnabhumi Airport, THB 90 (IDR 27.000)

BTS 30-day Smart Pass

inside Chao Praya Express

  • Admission Fee
  1. Penang Hill Train, MYR 30 (IDR 90.000)
  2. Penang Owl Museum, MYR 10 (IDR 30.000)
  3. Furnicular @ Kek Lok Si Temple, MYR 4 (IDR 12.000)
  4. Penang Tropical Spice Garden, MYR 15 (IDR 45.000)
  5. Phi Phi Islands Sunset Trip, THB 450 (IDR 135.000), including snack, lunch, mineral water, snorkling gear & life vest.
  6. Phi Phi Viewpoint entry, THB 10 (IDR 3.000)
  7. Wat Pho, THB 100 (THB 30.000)

Kalau dijumlah keseluruhan untuk biaya transportasi, ticketing, akomodasi, dan biaya masuk tempat wisata maka didapat jumlah Rp 3.800.000 untuk 10 hari. Belum termasuk biaya makan dan beli ini-itu (baca : OLEH-OLEH).

Untuk masalah perut sih, itu sih tergantung selera masing-masing yah. Jadi gak saya taruh di sini. Lagian harganya masih di ambang batas wajar lah, bahkan ada yang lebih murah dari Indonesia (bagian Kalimantan, Papua, dan Riau yang terkenal dengan inflasinya). Untuk sarapan nasi ayam Mamak di hawker Penang dihargai sekitar 3-5 Ringgit, murah toh. Di Bangkok pun makanan yang sama hadir dengan harga yang gak jauh beda, sekitar 40-50 Baht atau sekitar 15ribuan. Terkadang juga saking terpaksanya, kita makan nasi kepiting yang belinya di…7-Eleven. Hehehehe. Toh, buat saya yang omnivora ini, makanan jarang jadi penghalang saat berjalan-jalan. Gak mesti terikat dengan nasi sebagai sumber kalori utama juga, dan gak ngerepotin teman seperjalanan dengan selera kita juga, kan?

Lub Sbuy Guesthouse, Phuket

Char Siu Puff

Ayam Goreng Bu Songkok yang lekker abis

Manila mah Jeepney, bukan Tuk Tuk malih!!!

Ransum

Phuket Bus Terminal at Phang Nga Road

10 comments on “Gono Gini Songkran Trip

  1. dansapar
    June 25, 2012

    bahkan di suvarnabhumi pun ada fudkort yg myurah
    oh senangnya ya jalan2 di bangkok, harga makanan g terlalu jd soal
    ya kecuali emang niat makan meuwah

    • Sy Azhari
      June 26, 2012

      emang, banyak fastfood juga di bandara. dijamin ga kelaparan deh. Ya, walaupun harganya lebih tinggi dari yg di kota

  2. gerandis
    June 25, 2012

    aaaaaaaak aaaaaaaaak kamu sungguh ticket hunter sejati!!!! itu kenapa itu bisa dapet murah gituuuuuu, iriririririririiri!!!!!! wait-wait, epercuma juga sih kalo aku dpt murah utk tahun ini, toh yg mahal tiket dari papuanya (curcol again and again). eh makasih loh ya kamu udah rajin posting2 tentang perjalananmu, sungguh sangat membantu!

    • Sy Azhari
      June 26, 2012

      yah, memanfaatkan gadget yang ada aja,ndis. plus ditambah kemampuan weton nyari tangga baik :p

  3. zou
    June 25, 2012

    rapih sekalih gono gininyaaahhh ..🙂

    • Sy Azhari
      June 26, 2012

      itu mah yang diinget doang. Ga sedetil punyamu. wong catetanku ilang bersama rusaknya iPod ku😦

  4. sista
    June 26, 2012

    Uiii sangat terorganisir

  5. alberto
    June 26, 2012

    rapid passport bisa dipakai berdua ga?

    • Sy Azhari
      June 27, 2012

      satu kartu hanya untuk satu orang, mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

#archives

#categories

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 268 other followers

Follow Eat│Play│Repeat on WordPress.com
%d bloggers like this: