Eat│Play│Repeat

Here, There, and Everywhere

Tiger Airways – Mobile Booking

Tiger Airways – Mobile Booking

Sebelum blog ini dipenuhi butiran debu, ada baiknya juga ngisi-ngisi sedikit biarpun sedang tidak atau lepas berjalan-jalan. Tapi ya post ini juga gak jauh-jauh juga sih kegiatan jalan-jalan. Belakangan ini saya dan beberapa teman kesulitan mengakses aplikasi mobile yang disediakan oleh maskapai AirAsia yang sering kami gunakan. Kirain cuma di handset Blackberry yang terkenal lemot itu doang, ternyata hal yang sama menimpa teman-teman lain pengguna Android dan iPhone. Gak lama ternyata maskapai terkait mengeluarkan pengumuman di Twitter bahwa akses aplikasi mobile sedang tidak bisa digunakan hingga jangka waktu yang belum ditentukan dan calon penumpang diberi alternatif Mobile Web.

Seiring dengan non-aktifnya aplikasi mobile dan kurang efisiennya Mobile Web yang baru, eh eh eh ternyata ada penerbangan baru (stok lama) yang kembali beroperasi di Medan bahkan menambah rutenya yaitu Mandala Airlines. Mandala Airlines yang baru kini berafiliasi dengan maskapai yang berbasis di Singapore, Tiger Airways. Jadilah ada alternatif lain berburu tiket murah apalagi Tiger Airways juga didukung aplikasi mobile yang dapat digunakan di iPhone dan Android. Bahkan sejak beberapa minggu kemarin, aplikasi ini mulai dapat digunakan di iPad. Interface-nya simple sehingga gampang digunakan.

STEP BY STEP

STEP 1

  1. Pilih tipe penerbangan (Round Trip atau One Way), kemudian dilanjut pilihan jurusan, tanggal keberangkatan/kepulangan, dan jumlah penumpang yang akan berangkat. Nggak Cuma mengakomodir penerbangan dengan kode TR (yang dioperasikan oleh Tiger Airways) dan TT (Tiger Airways Australia), pemesanan juga bisa untuk penerbangan yang dioperasikan dengan pesawat milik maskapai Mandala Airlines (Indonesia) dan SEAIR (Philippines).
  2. Langkah kedua adalah memilih penerbangan yang disediakan dari rute yang telah dipilih. Akan muncul 5 box yang mewakili 5 tanggal keberangkatan disertai harga termurah dari masing-masing tanggal keberangkatan. Dan dibawahnya akan ada daftar penerbangan di hari yang kita pilih.

    STEP 2

  3. Halaman berikutnya akan menampilkan field tentang info penumpang. Awas jangan sampai tertukar isian antara halaman info penumpang dan halaman contact person. Jika kita pernah mendaftarkan diri untuk profile di aplikasi ini dan yang berangkat adalah kita sendiri, tinggal kasi tanda centang di kotak “pre-fill from my profile” dan field berikutnya akan terisi secara otomatis. Di langkah ketiga ini juga ada pilihan jenis bagasi berdasarkan berat yang mau kita gunakan. Default aplikasi ini adalah 20 Kg dengan biaya sesuai negara masing-masing. Kalau gak ingin pake pre-order baggage, tinggal diganti aja menjadi no baggage.

    STEP 3 : Passenger Info

  4. Kalau pemesanan untuk beberapa orang dan gak mau duduknya terpisah, bisa diakomodir di Step 4 : Add-ons. Pemilihan tempat duduk dan fasilitas “Board me first” bisa dipilih di langkah ini. Jadi kalau yang mau naik pesawat duluan bisa memilih dan tentunya dikenakan sejumlah biaya. Yah, setidaknya gak malu-maluin harga diri nyerobot antrian pura-pura nanya “nomor 20-sekian udah disuruh masuk belum?” ke ground crew yg jelas-jelas teriak-teriak dalam bahasa Indonesia dan Inggris dengan pengeras suara yang merdu “nomor 1-5 serta 12-14 boarding terlebih dahulu” dan ga mau balik ke barisan belakang sembari geser-geserin orang yang udah ngantri di depan. Antara gak ngerti Bahasa Indonesia dan Inggris..atau emang mau cari perkara aja sih, bukan begitu hai kalian rombongan bapak-bapak berbaju polo biru & ibu-ibu berbaju polo pink di Bandara Suvarnabhumi tanggal 15 April 2012 penerbangan Bangkok-Medan.
  5. Kalau kita gak ada nian memiliih tempat duduk, maa Step 5 akan diabaikan dan langsung menuju ke Step 6 : Contact Info. Langkah keenam diisi dengan info kontak. Bisa diri kita sendiri, bisa jadi orang lain juga. Fungsinya jika ada perubahan terkait keberangkatan biasanya pihak maskapai akan menginformasikan ke nomor telepon dan alamat email yang diisi di Step 6 ini.

    STEP 4 : Add-ons & Seat Selector; Step 6 : Contact Info

  6. Langkah ketujuh merupakan overview harga dari penerbangan yang dipilih setelah ditambahkan harga bagasi, add ons, dan passenger service charge.
  7. Setelah setuju dengan overview di langkah ke-7, di langkah ke-8 ini akan disuguhi cara pembayaran. Jika menggunakan kartu kredit, maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar SGD 8 untuk penerbangan dari Singapura, RM 20 dari Malaysia, dan Rp 25.000 untuk penerbangan dari Indonesia. Setelah itu calon penumpang bisa mengisi data kartu kredit dari jenis, nomor, dan angka cvv.
  8. Status pembayaran akan diketahui di halaman selanjutnya, apakah declined atau confirmed. Itinerary penerbangan yang telah dikonfirmasi bisa disimpan di menu “My Flight”sapa tau kita nunun atau ga sempat buka email yang berisi e-ticket dari Tiger Airways. Well, selamat mencoba (berasa resep di Majalah Kartini deh).

    Step 7 : Overview

    STEP 8 & 9 : Confirmation

    “My Flight” menu

    Tiger Airways – Mobile Booking Menu

     

4 comments on “Tiger Airways – Mobile Booking

  1. rifqy (@rifqybroody)
    September 11, 2012

    jadi?? jadi?? jadi??

  2. buzzerbeezz
    September 11, 2012

    Yahhh… *kecewa karena kolom data kartu kreditnya gak diisi*

    • Sy Azhari
      September 13, 2012

      ya kira-kira. enak kali kau ya :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on September 11, 2012 by in Airlines, Planet of The Apps, travel and tagged , , , , .

#archives

#categories

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 268 other followers

Follow Eat│Play│Repeat on WordPress.com
%d bloggers like this: