Eat│Play│Repeat

Here, There, and Everywhere

Kaleidoskop Vakansi 2012

Rute 2012

Rute 2012

Berasa TVRI zaman dulu gak sih bikin beginian. Hehehehe. Tapi seru juga mengingat perjalanan yang saya lakukan tahun 2012 kemarin. Memori menyenangkan, pengalaman yang gak enak, seru-seruan bareng teman, atau menikmati kesendirian. Seperti ritual tahun sebelumnya yang saya post di sini, semua pengalaman vakansi 2012 terangkum dalam S.I.L.E.T kaleidoskop ini.

  • JANUARI – MARET

Dari Januari sampai dengan Februari saya absen bertualang, konsentrasi di pekerjaan ceritanya. Long weekend Imlek di Januari pun saya lewatkan dan sekedar berkumpul dengan teman-teman yang lagi pulang ke Medan. Di bulan Maret juga ada long weekend Hari Raya Nyepi dan saya lewatkan juga karena teman-teman saya datang dari Jakarta untuk berlibur ke Medan. Dari mulai acara menemani icip-icip makanan lokal, maen ke Istana Maimun, nonton The Raid bareng sambil jejeritan, sampe gym bareng kita lakoni di 3 hari itu. Walaupun gak kemana-mana, di bulan Maret, saya cukup senang karena 3 rombongan teman dari circle yang berbeda datang ke Medan. Ada yg nekad sendirian dari Pekanbaru, ada yang niat banget pengen tau cabang franchise gym di Medan, ada yang singgah sebentar setelah keliling Sumatera Utara dari Bukit Lawang sampai ke Toba.

Snorkeling at Mosquito Island, Phi Phi Islands

Snorkeling at Mosquito Island, Phi Phi Islands

  • APRIL

Libur di bulan April adalah pelampiasan dari kepenatan kegiatan kantor yang ngedur selama 2 bulan berturut-turut. Selama 10 hari, saya mengelilingi Penang, Phuket, Phi-phi, dan Bangkok bersama teman-teman. Puncaknya adalah perayaan Songkran atau Tahun Baru dalam kalendar Thailand. Heboh seheboh-hebohnya siram-siraman air di Khao San Road berjam-jam sampai kulit gosong. Island Hopping di Phi-Phi dan kegiatan icip-icip di Penang juga bikin kangen untuk diulangi lagi.

Selain momen menyenangkan, ada juga yang berkesan sekaligus menakutkan. Ingat gempa besar Sumatera yang lebih dari 8 SR di tanggal 11 April 2012 lalu?. Gempa yang berpusat di sebelah barat Provinsi Aceh itu bikin panik Phuket juga. Mengingat tahun 2004 Phuket juga terimbas tsunami yang cukup parah. Walhasil, pemerintah setempat mengevakuasi penduduk di pulau ke tempat yang lebih tinggi. Kami yang mendengar gempa saat di atas kapal menuju Phuket jadi lemes sejadi-jadinya. Kecapekan liburan, perasaan takut, laper dan haus, kebelet pipis semuanya campur aduk bikin saya saat itu turut menitikkan air mata.

Post mengenai liburan bulan April bisa di-klik di sini :

Eat. Play. Shop

Switchback to Georgetown

Melenggang di Penang (Day 2)

Melenggang di Penang (Day 3)

Penang Tropical Spice Garden

Bye Penang, Hello Phuket

Sea, Sand, & Sun at Phi Phi Islands

Raon-Raon di Phi Phi Don

Dievakuasi saat Bervakansi

Basah-basahan di Festival Songkran

Bangkok…Stop, Shop,& Tooch

Mari Pulang, Mari lah Pulang

Gono Gini Songkran Trip

Water splashing in Songkran Festival

Water splashing in Songkran Festival

  • MEI

Long weekend 4 hari di bulan Mei pastinya gak mau disia-siakan seperti Januari dong. Setelah melalui proses pemikiran 1-2 bulan sebelum Hari-H, akhirnya saya memutuskan untuk ke Bali via… Singapore, yang saat itu adalah alternatif termurah (dan ironisnya terlayak) dibanding Jakarta atau Surabaya. Aneh emang, tapi namanya lagi cekak dan saya penganut prinsip ekonomi :p

Sampai di Bali, saya dijamu abis-abisan ama teman sekosan waktu kuliah dulu, Ficky, dan istrinya, Siska, yang juga adik kelas saya kuliah. Ditambah lagi ada Arman yang baru pulang dari LOB Lombok-Komodo pp dan Erry serta Vio dari Malang. Selain Kuta dan sekitarnya, 4 hari itu kami manfaatkan ke Ubud dan Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat.

Selain Bali, saya singgah ke Surabaya untuk transit 1 malam. Pas kebetulan banget ada Pasar Malam Tjap Toendjoengan untuk merayakan HUT Kota Surabaya. Bazaar makanan dan kesenian tradisional, seperti ludruk dan layar tancep. Beruntung banget rasanya karena saya tidak tahu-menahu ada acara yang seru begini.

In Transit : The (Changi) Terminal

Weekend Getaways : Bali (Part 1)

Weekend Getaways : Bali (Part 2)

In Transit : Surabaya

Underwater Menjangan Island, Bali

Underwater Menjangan Island, Bali

Kegiatan berjalan-jalan sempat vakum karena memasuki bulan Ramadhan saya konsentrasi beribadah (baca : tidur) dilanjut lebaran dan kegiatan yang padat di kantor seperti Sensus, Registrasi, dan macam-macam jenis lainnya yang malas saya jelaskan karena takut dituding Galau Pekerjaan *uhuk*. Hiatus jalan-jalan pun akhirnya berakhir di bulan…

  • SEPTEMBER

Medan kedatangan tamu dari Kingdom of Swaziland Bekasi di akhir bulan. Samhud yang dulu tetanggan sama saya sewaktu di Tangerang datang ke Medan bermodal tiket murah Citilink. Rencana dari Maharatu Tesa Tazkia ke Tangkahan disambut hangat beberapa oknum. Dari yang cuma berempat, akhirnya jadi ber-8 dengan datanganya teman-teman baru dari Aceh. The more the merrier banget ini perjalanan. Cerita dari 1 kamar ber-8, diangkut pick-up yang dudukannya panas membara, sampai pengalaman hampir mati semuanya saya rangkum di post Akhir Pekan di Tangkahan.

Menyebrang dengan Rakit di Tangkahan

Menyebrang dengan Rakit di Tangkahan

  • OKTOBER

Di bulan ini saya kembali lagi ke Filipina setelah 5 bulan bergelut dalam pencarian tiket murah ke negerinya Imelda Marcos. Sempat menyinggahi Manila dan Cebu kembali namun dengan tujuan yang berbeda. Tujuan baru saya selama perjalanan ini adalah Kepulauan Calamian di utara Palawan dan Pulau Boracay yang terkenal dengan White Beach. Bisa dibilang, perjalanan di Palawan adalah yang terbaik di tahun ini. Walaupun dengan harga murah, saya bisa mendapatkan pemandangan dan petualangan menakjubkan di sini. Mata berulang kali dihibur dengan pemandangan yang spektakuler di atas maupun di bawah air.

Lake Kayangan View Point

Lake Kayangan View Point

Cerita grebek pasar di Manila, menguji adrenalin di Cebu, island hopping di Palawan, dan panasnya malam penuh gelora di Boracay ada semua di tulisan-tulisan di bawah ini:

Mabuhay (again), Pilipinas

Kumusta Ka, Manila?

Market Value: Salçedo Community Market

Market Value: Midnight Mercato

Market Value: Legazpi Sunday Market

The Mind Museum (Philippines)

Calamianes Expedition: Las Islas Tribal Tour

Calamianes Expedition: Coron Island Tour

Raon-Raon di Coron

Kembali Bertamu ke Cebu

Mabuhay Boracay

Going Home…Going Home

Gono-Gini Pilipinas Trip

Snorkeling at Coron

Snorkeling at Coron

  • NOVEMBER

Adalah sebuah kebetulan ketika tepat setahun setelah November 2011, saya kembali lagi ke Jogja. Entah faktor apa yang membuat saya selalu ingin balik ke sana, selain menghadiahi diri saya sendiri tak lama setelah berulang tahun yang ke 18 28. Namun kali ini bersama adik saya menjelajahi Kota Gudeg/Bakpia/Pelajar* (* coret yang gak ingin dimakan).

Selain Jogja, saya menyinggahi Semarang setelah terakhir kali tahun 2003 menyinggahinya beberapa jam saja. Dan tak lupa juga Jakarta walaupun sempat kecewa besar dengan macet dan banjirnya yang luar binasa sehingga mengurangi quality time saya bersama teman-teman😦

Mukadimah perjalanan saya bisa dibaca di post Joglo-Semar Tanpa Lo. Sedangkan rinciannya mashi saya usahakan untuk menulisnya di tengah kesibukan borongan pindah meja kerja bulan ini :p

Candi Borobudur

Candi Borobudur

  • DESEMBER

Desember tahun 2012 saya sambut dengan suka cita. Gimana enggak girang kalau ada 2 long weekend dengan 4 hari libur masing-masing. Buat perkerja kantoran kayak saya pasti menggelinjang banget melihat kalendar Desember 2012 ini setelah tahun kemarin kering karena Natal dan Tahun Baru jatuh di hari…MINGGU.

Liburan Natal saya kedatangan 2 minion dari Provinsi sebelah, Riau. Karena faktor usia, saya nunun tanggal kedatangan mereka. Jadilah segala hotel dan transportasi belum dipesan. Yo wis, 4 hari 3 malem itu kita ngeteng Medan ke Sipiso-piso di hari pertama dan 3 hari 2 malam ke Samosir. Inilah perjalanan penuh ups and downs kayak lagu Vengaboyz di tahun ini. Semua emosi campur aduk dari merah amarah sampai terharu biru.

Sedangkan liburan tahun baru saya hanya habiskan di rumah karena kedatangan tamu-tamu dari keluarga dekat yang menginap di rumah. Pun saya sadari selama setahun saya jarang menghabiskan waktu libur termasuk sabtu-minggu bersama keluarga walaupun kami tinggal serumah.

O Tao Toba

O Tao Toba

Tahun 2012 ini dilihat-lihat liburan saya gak sebanyak tahun 2011. Gak ada Impromptu Trip kayak ke Singapore-KL dan Pulau Weh di Aceh di akhir pekan biasa seperti sebelumnya. Gak ada trip dadakan bersama anak-anak magang di kantor karena mereka udah pada penempatan di kota masing-masing. Yah, mesti ada yang dikorbankan untuk penghematan demi perjalanan tahun 2013 ini ditambah lagi keperluan lainnya *menatap ijazah yang minta diupgrade*.

Tahun 2013 ini, rencananya saya mau berjalan ke 4 tempat yang diinginkan (dan tiketnya sudah di tangan). Dari 4 tujuan tadi, ada 1 tujuan dalam negeri (menunggu dihina-dina ultras nasionalisme lebay), 1 negara baru, dan 2 sisanya negara lama namun tujuan baru.

Kira-kira bisa nebak gak nih tujuan saya berikutnya lewat 4 gambar di bawah ini? Buat 1 orang cewek dan 1 orang cowok yang bisa nebak ini akan saya jadikan suami dan istri sekaligus berikan souvenir berupa 1 buah souvenir dari Vietnam Medan buat yang cowok dan 1 buah souvenir dari Manila buat yang cewek. Wanna guess? good luck, pare😉

P.S : yang teman ngetrip bareng… GAK ACI ikutan nebak ya :p

Tujuan 1

Tujuan 1

Tujuan 2

Tujuan 2

Tujuan 3

Tujuan 3

Tujuan 4

Tujuan 4

BTW, sebenarnya ada 1 tujuan lain yang tahun depan ingin saya datangi (dan tiketnya udah saya kantongi) untuk modal pelarian dan “Me Time”. Bukan negara baru dan gak jauh-jauh juga sih. Semoga aja lancar ke sananya deh, jadi bisa flying fox atau white rafting selepas makan duren dan tuna :p >>> mau nebak nama PULAU tujuan saya ini? Berhadiah juga kok :p

30 comments on “Kaleidoskop Vakansi 2012

  1. dansapar
    January 2, 2013

    aku mau nebak dong, tapi hadiahnya dari manila
    *nawar ;))

  2. dansapar
    January 2, 2013

    jawaban saya *kalem*: vietnam, lombok (?), kamboja (?), sama filipina (Borocay)
    *kabur santun sambil nyanyi suasana di kota santri…

    • Sy Azhari
      January 2, 2013

      masih salah!!! hampir bener semua. Yang mana yang masih salah? eitsss…*tutup mulut*

  3. queenerva
    January 2, 2013

    Tertantang… 1) Halong Bay Vietnam 2) Lombok, Indonesia 3) Chiang Mai, Thailand 4) Palawan, Philippine.
    Simpenin hadiahnya ya..bawain ke Sg :p

    • Sy Azhari
      January 2, 2013

      Isshh, pede Mbak Ratna nih *browsing tiket ke SG*

      • queenerva
        January 2, 2013

        Kata orang si mending pede daripada minder. *tutup google image search*

  4. buzzerbeezz
    January 2, 2013

    Aku mau jawab yg nomor 4 udah keduluan Mbak Na sih.. Kalo 1-3 udah pasti tahu lah aku. Huahaaha

  5. dee
    January 2, 2013

    Jujur aku cuma tau gambar 1&2 koh..vietnam sama lombok

  6. panji
    January 2, 2013

    1. Vietnam
    2. Gili, Lombok
    3. Kamboja
    4. Filipina

    Salam kenal, mas😀

    • Sy Azhari
      January 2, 2013

      Salam kenal,Mas Panji.
      Sayang jawabannua masih ada yg salah😉

  7. panji
    January 2, 2013

    eh ternyata udah ada yang jawab, gugur deh kesempatan, mohon diri, *maaf nyampah*

    • Sy Azhari
      January 2, 2013

      Mau nebak paragraf yg palibg bawah, mungkin?😀

      • panji
        January 2, 2013

        Hmm, Mindanao, mungkin?

  8. jengskaa
    January 2, 2013

    setelah dipikir2 aku mau ikutan aaahhh…
    1. vietnam, halong bay
    2. gili, lombok
    3. kamboja
    4. palawan
    5. daaaannnn Mindanaaaooooo

    cini cini hadiahnya buat akyuuuu

  9. jengskaa
    January 2, 2013

    yah. keduluan panjiiii. *tabok*

    • Sy Azhari
      January 3, 2013

      Jangan jambak-jambakan di blog aku ya!!

  10. cheeseandchoco
    January 7, 2013

    isssh gak jadi nebak, jawaban akyu ada di atas smuah.. *alesan

    • Sy Azhari
      January 7, 2013

      Hahahaha, mbake telat ya liatnya😀

  11. kacung
    January 8, 2013

    kalo aku ga tau jawabannya, tetep boleh ikutan jawab ga?

    • Sy Azhari
      January 9, 2013

      Silahkan, cung. Nanti tak kasi Ombolot sebagai hadiahnay

  12. afkus
    January 9, 2013

    vietnam
    lombok
    chiang mai
    palawan

    bener gak nih koh? ke angkor nya gak jadi koh?

  13. selasasore
    January 9, 2013

    aku ikut ya
    1. ha long bay
    2. gili lombok
    3. chiang mai
    4. palawan filipina

    • Sy Azhari
      January 9, 2013

      Ntar yang jawabannya pada bener diundi, habis hadiahnya dikit :p

  14. Inggrid
    January 11, 2013

    Wah pengen nebak tp termasuk tmn ngetrip jd mengundurkan diri aja lah.. BTW Koh, ke pulau perhentian yooooook😀

    • Sy Azhari
      January 11, 2013

      Kapan? Gue cuma ada waktu sebelum lebaran yang libur tanggal 3-6 Agustus doang,ing.

  15. anggitadenill
    June 9, 2013

    aje gilee jalan2nya..keliling2 gitu.

  16. Adk
    November 14, 2013

    Mas itu appikasi peta pake apa?

    • Sy Azhari
      November 15, 2013

      Pake aplikasi App In The Air. Itu nyimpan jadwal penerbangan kita dan kasih reminder buat countdown check-in & boarding.

Leave a Reply

#archives

#categories

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 268 other followers

Follow Eat│Play│Repeat on WordPress.com
