Eat│Play│Repeat

Here, There, and Everywhere

EDU Hostel (Yogyakarta)

Perkenalan dengan tempat ini dimulai dari Twitter, saat seorang teman saya me-ReTweet mengenai hostel ini. Jarang saya temukan penginapan dengan format Hostel di Indonesia. Kala browsing di situs Hostelbookers atau Hostelworld untuk penginapan di Indonesia, kebanyakan yang keluar adalah tipe guesthouse. Karena penasaran dengan Hostel negeri sendiri, maka dicanangkanlah untuk menginap di sini selama perjalanan saya ke Jogja beberapa bulan yang lalu.

Abimanyu Room

Abimanyu Room

Walaupun udah lihat preview di web mereka, saya tetap kaget dengan ukuran EDU Hostel ini. Ini lah hostel terbesar yang pernah saya inapi selama saya berjalan-jalan. Lantai 1 diisi oleh Front Office dengan mezzanine floor yang terpisah di sisi utara maupun selatan lantai ini. Sementara lantai 2-4 diisi oleh kamar-kamar. Lokasinya hanya 1,5  km ke Malioboro. Yah, anggap aja menguras kalori.

Ada 2 jenis kamar di EDU Hostel : Private family room & dormitory room. Private room bisa diisi hingga 4 orang dalam 1 rombongan. Sedangkan dorm diisi 3 bunk-bed berkapasitas 6 orang. Jika memesan Private room, tamu harus membayar keseluruhan kamar. Namun jika memesan dorm bed, hanya membayar 1 bed di dalam dorm dan harus siap berbagi dengan tamu yang gak dikenal layaknya konsep hostel pada umumnya. Terakhir ke sana (Nov 2012), harga Private room sekitar Rp 400.000 dan Dorm Rp 70.000. Uniknya, kamar-kamar di EDU diberi nama. Lantai 2 diberi nama Wanita dengan nuansa Jawa seperti Pratiwi, Lastri, & Rahayu. Sedangkan kamar di lantai 3 diberi nama Pria seperti kamar kami Abimanyu, atau Sugeng dan Baskoro. Karena gak main ke lantai 4, saya jadi gak tahu nama kamar di sana diberi nama apaan. Curiga dikasi nama banci deh.

Nama-nama kamar, bukan isinya kamar loh :p

Nama-nama kamar, bukan isinya kamar loh :p

Saya dan adik saya memesan dorm karena private room terlalu besar buat kita sekaligus bisa berhemat. Walaupun untuk Dorm kita harus menggunakan shared bathroom, ternyata konsep shared bathroom di sini lebih nyaman. Jadi tiap 1 kamar Dorm, dibekali 1 toilet dan 2 shower. Gak perlu keluar kamar untuk mandi & buang air toh. Loker juga tersedia di kamar berikut colokan. Sayang banget colokannya berada di dalam loker, memang bagus sih dari sisi keamanan, tapi sedikit merepotkan.

Dengan uang Rp 70.000/malam untuk 1 bed, kita juga dipinjamkan handuk & mendapatkan sarapan pagi yang berganti setiap harinya. Menu sarapan pagi berganti setiap harinya, kemarin saya dapat nasi kuning, nasi gudeg, dan nasi liwet. Buat yang biasa sarapannya toast & jam, bisa dipesan di hari sebelumnya. Ada beberapa menu sarapan pengganti, namun dikenakan biaya yang gak terlalu besar. Cukup fleksibel kalau kata saya, bisa memberi kenyamanan buat tamu lokal dan asing yang susah beradaptasi. Bagian terbaik sarapan di EDU Hostel adalah lokasnya di rooftop di lantai 5. Gak nyangka aja di rooftop sebuah hostel ternyata ada plunge pool. Jadi kalau capek berkeliling dan panas-panasan di Jogja, bisa nyoba nyebur di sini. Selama 4 hari 3 malam di sana, saya gak sempat mencoba kolam mini itu. Takut dikira atraksi Gelanggang Samudra Ancol pindah ke Jogja.

Selain rooftop, mezzanine floor di sini juga juara punya. Lebar, nyaman, dingin, dengan fasilitas free wi-fi, TV kabel, dan sejumlah permainan seperti Fussball, serta sofa dan bean bag buat berleha-leha. Di sini juga kita bisa berinteraksi dengan tamu lain. Kekurangan hostel yang besar banget ini, kita kurang bisa berinteraksi dengan staf maupun tamu lain karena tersedianya banyak ruang.

Public Area

Public Area

Selama menginap di sini, gak ada pengalaman dan pelayanan yang buruk yang saya dapatkan. Semuanya berjalan lancar dan mulus seperti kulit wajah saya. Hanya ada sedikit gangguan oleh rombongan tamu lain. Serombongan staf pembiayaan sepeda motor dari Jawa Barat menginap di sini dan menyewa ruang pertemuan untuk acara mereka yang diisi dengan dangdutan. Berhubung ruang pertemuan berada di lantai 1, jadi setiap mereka buka pintu langsung terdengar suara kerasnya musik di area FO sampai Mezzanine. Bule-bule, tamu dari Korea, dan kami sendiri pun merasa terganggu. Teman sekamar saya yang berasal dari Kupang menegur beberapa orang yang berada di sekitar pintu.

Ketidaknyamanan berlanjut saat sarapan pagi. Di hostel banyak peringatan untuk meletakkan piring dan gelas kotor di tempat yang telah disediakan di sudut-sudut area makan di rooftop. Tapi ya, seperti kata pepatah… “You can take the girl out of village, but you can’t take the village out of the girl”. Sehabis makan, piring kotor bergelimpangan di meja-meja mereka sehingga tamu yang ingin makan berikutnya mesti menunggu staf hostel membersihkan. Tau sendiri ini hostel, biaya operasi minimalis, termasuk juga jumlah staf. Jadilah para staf mendadak sibuk. Kalau jumlahnya sedikit sih gak apa-apa, masalahnya jumlah mereka itu 2 bus!. Bayangin aja kerusuhan di ruang makan pagi itu. Belum lagi serobot-menyerobot antrian makan. Pffftttt.

Ruang Makan

Ruang Makan

Selain menyediakan penginapan, EDU Hostel juga menyediakan jasa penyewaan sepeda motor dan mobil. Kemudian yang tak kalah praktisnya adalah jasa tur ke Jogja dan sekitarnya dari brosur yang saya baca di FO. Ada tur Borobudur Sunrise, Merapi, Parangtritis, Pantai-pantai seperti Baron & Krakal, termasuk Ramayana Ballet di Prambanan. Harga turnya pun termasuk terjangkau dan lumayan memfasilitasi buat yang gak mau repot. Daftar paket tur di EDU Hostel bisa dilihat di laman ini.

Overall, dengan harga yang ditawarkan, saya sangat senang menginap di sini. EDU Hostel bisa jadi benchmark (tolok ukur) jenis penginapan hostel modern di Indonesia. Kamar yang bersih, shower yang kencang, fasilitias yang lengkap, lokasi yang cukup memuaskan, apalagi ditambah staf yang cakap. Khusus staf ini, saya harus angkat jempol!. Mampu menguasai medan Yogyakarta (Yogya apa Medan, sih? tentuin sikap deh) dengan fasih. Dari hasil nguping pas saya di FO, mereka mampu menjelaskan tentang obyek wisata di Yogya dan sekitarnya lengkap dengan jenis transportasi dan jam operasi. Saya sendiri dijelaskan oleh mbak-mbak berjilbab & Mbak Scholastika tapi gak pake Citra tentang rute-rute Trans Jogja di sekitar hostel dan diberik bekal peta wisata Jogja. Edu Hostel ciamik punya lah. Makin ciamik kalau bisa mengedukasi para tamu yang masih gagap dengan konsep hostel dan kenyamanan tamu lain.

EDU Hostel Map

EDU Hostel Map

EDU Hostel

Address: Jl Let Jen Suprapto No. 17 Ngampilan, Yogyakarta 55261, Indonesia

Phone: (+62) 274-543 295

WEB : eduhostels.com

Plunge Pool

Plunge Pool

Family Time

Family Time

Panorama Gunung Merapi dihiasi piring kotor tamu-tamu dari F*F Jabar

Panorama Gunung Merapi dihiasi piring kotor tamu-tamu dari F*F Jabar

Errr..padahal kurang jelas apa peringatan di tiap meja ya

Errr..padahal kurang jelas apa peringatan di tiap meja ya

Rooftop Area

Rooftop Area

Mezzanine Floor

Mezzanine Floor

Fajar di Jogja, dari rooftop lantai 6

Fajar di Jogja, dari rooftop lantai 6

Jogja Pagi Hari

Jogja Pagi Hari

12 comments on “EDU Hostel (Yogyakarta)

  1. dansapar
    February 7, 2013

    ahhhhhhhhhhhhhhh cobain ahhhhh
    ya meski rumah ortu sekali naik prameks sih dari jogja
    ;p

  2. neng fey
    February 7, 2013

    cakep ye, pengen nyobain yg dorm *keseringan reread naked traveler*

  3. nyonyasepatu
    February 9, 2013

    ihi,,,,cakep ya

  4. zou
    February 10, 2013

    fix ! kudu nginep disini ..😄

  5. grandiszendy
    February 11, 2013

    oh, patut dicoba ini pas main ke jogja

  6. JNYnita
    February 12, 2013

    wah… bikin pengen nginep di sana… bagussss…🙂

  7. expatseek
    February 18, 2013

    We like the rooftop.

  8. hikaruwizard
    February 23, 2013

    Pankapan ajak ryuu aaaaah

    • Sy Azhari
      February 23, 2013

      Pake yg Family Room ya,don. Biar Ryu bisa bebas lari-lari ntar.

      • hikaruwizard
        February 26, 2013

        pastinyaaaa😀 TFS kokoh~~😄

  9. Karina Pramita
    May 15, 2014

    beberapa kali mama dan rombongan murid2 sekolahnya nginep disana dan selalu memuaskan, jadi pengen coba juga..thanks for the info, bener2 bikin penesaran, btw, aku jg punya rekomendasi homestay murah di jogja dan ga kalah oke juga loh..

  10. nuningsuma
    July 2, 2014

    Salam kenal Karina…

    Boleh share info ttg homestay murah di jogja? soalnya kl musim liburan, 2 sepupuku dr jakarta (cewek semua) pasti main ke jogja. Aku nge-kos di jogja sih, tp kamarku sempit kl buat tidur bertiga. Alhasil badan jadi pegel semua (huiks…)

    Thanx before.

    Salam,
    Nuning

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on February 7, 2013 by in Bed & Breakfast, Hostel, Jogjakarta, REVIEW, travel and tagged , .

#archives

#categories

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 268 other followers

Follow Eat│Play│Repeat on WordPress.com
%d bloggers like this: