Eat│Play│Repeat

Here, There, and Everywhere

Make It Happen : Boracay Island

White Beach - Boracay Island (from bloacktomato.com)

White Beach – Boracay Island (from bloacktomato.com)

Dih, rada jijay baca judulnya yang ala ala Agnes Monica. Post ini dibuat karena ada pesanan beberapa teman yang mau pergi ke Boracay tahun ini, ataupun buat Ombolot yang niatnya ke sana bareng tapi kayaknya bakal gue tinggal ke Batanes *makan lobster harga 200 Peso*. Fufufufufufu.

Ada beberapa jalan masuk yang bisa digunakan untuk menuju Boracay, si cantik di tengah Visayas Region yang dipenuhi pantai berpasir putih bertekstur seperti bedak rodecca..tabur-tabur rodecca. Untuk lebih mudahnya, mari kita lihat letak Pulau Boracay di peta Filipina…silahkan, Pak Tarno :

Whole Philippines

Whole Philippines

Boracay di ujung Aklan

Boracay di ujung Aklan (taken from wikitravel.com)

Paradise island seukuran 10 km persegi ini letaknya di ujung pulau Panay, terpisah selat yang bisa dicapai hanya 15 menit dengan menggunakan perahu. Dengan luas pulau kurang dari area Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, agak susah memang dibangun bandara di pulau semungil itu. Jadilah Caticlan Jetty di Panay Island dan Cagban Jetty di Boracay Island menjadi pintu gerbang menuju surga dunia bernama Boracay. Nah, Menuju Caticlan Jetty ini, ada beberapa alternatif yang bisa digunakan. 3 Alternatif yang paling populer bakal saya jembrengin di sini dimulai dari yang paling mudah yaitu melalui…

  • GODOFREDO P RAMOS AIRPORT, Caticlan, Malay, Aklan Prov.

Inilah bandara terdekat dari Pulau Boracay. Dari bandara, kita bisa berjalan kaki gak sampai 500 meter ke Caticlan Jetty. Bisa juga naik tricyle atau becak motor lokal dengan ongkos fixed rate 50 Peso yang bisa dipesan di area kedatangan. Kalau bawaan teman-teman cuma dikit, saya sih sarankan berjalan kaki aja. Gak jauh kok. Paling cuma dari Grand Indonesia ke Sarinah doang. Kalau dari area kedatangan, tinggal belok kanan dan jalan sampai jalan raya Aklan. Dari jalan raya, nanti Caticlan Jetty ada di sebelah kiri dan kelihatan dari jalan raya.

Karena panjang landasannya hanya 810 meter, Godofredo P Ramos Airport hanya bisa didarati oleh pesawan turbopop ATR 72 & Bombardier Q-300/400. Oleh karena itu, maskapai yang beroperasi di sini hanya yang mempunyai armada turbopop. Airphil Express dengan armada Bombardier Q-300 berkapasitas 60 orang dan Cebu Pacific dengan ATR-72 berkapasitas 72 orang. Pun ada batasan bagasi di sini. Masing-masing penumpang gak boleh membawa bagasi di atas 10 kg, jika melebihi akan dikenakan biaya per kilogram, bukan dengan paketan 10-15-20 kg seperti biasa. Rada-rada serem sih kalau landing di bandara ini, karena ujung bandara yang berupa perbukitan.

Caticlan ke Cagban

Caticlan ke Cagban

BTW, bandara ini dikelola oleh swasta, yaitu TransAire yang merupakan anak usaha San Miguel Corp. Untuk bandara kecil, bandara yang dikenal dengan nama Boracay Airport ini mengenakan airport service fee sebesar 200 Peso, sama dengan bandara besar Ninoy Aquino di Manila dan Mactan-Cebu di Cebu. Tapi fasilitas di bandara ini lumayan apik. Toilet selalu bersih dan wangi, colokan tersedia di setiap lantai, free wi-fi, ruang tunggu yang dingin dan wangi. Gak sia-sia terbayarkan 200 Peso lah.

Baik Airphil Express dan Cebu Pacific melayani penerbangan dari Manila dan Cebu ke bandara dengan kode MPH ini. Teman-teman yang datang dari Indonesia bisa mengambil rute Jakarta » Manila » Caticlan atau untuk yang di luar Jakarta bisa mengambil rute (Kota Asal) » Kuala Lumpur » Cebu/Manila » Caticlan & (Kota Asal) » Singapore » Cebu/Manila » Caticlan.

wi-fi login

wi-fi login

Boracay Airport - Airside

Boracay Airport – Airside

  • KALIBO INTERNATIONAL AIRPORT, Aklan Prov.

Ini adalah bandara terbesar di Provinsi Aklan, provinsi dimana Boracay bernaung. Biar kata Internasional, belum ada penerbangan dari Kalibo ke jirannya di Asia Tenggara. Namun malah ada penerbangan langsung ke Asia Timur seperti Shanghai-Pudong, Seoul, Busan dan Taipei. Pantes aja banyak turis dari Korea di Boracay. Gampang banget mencapainya dari kampung halaman mereka.

Kalibo International Airport berjarak sekitar 100 km dari Caticlan. Bisa ditembuh dengan Bus, Van, & Jeepney dengan harga 100-300 Peso dengan waktu tempuh 1,5-2 jam. Ada bis yang langsung ke Caticlan Jetty, terlihat dari beberapa bis bermerek Ceres yang parkir di pelabuhan.

Selain penerbangan internasional, Kalibo juga didarati oleh maskapai lokal pastinya seperti Cebu Pacific, Airphil Express, Zest Air, SEA-Air, dan Philippine Airlines. Panjang landasan yang mencapai 2.300 meter membuat bandara dengan kode KLO ini bisa didarati armada Boeing 737 atau Airbus 320. Buat teman-teman yang dari Indonesia, ada beberapa alternatif rute yang bisa diambil untuk sampai ke Kalibo, yakni :

Kalibo Internatioal Airport – Air side (taken from panoramio.com)

Via Manila :

  • Jakarta (CGK)/Singapore(SIN)/Kuala Lumpur (KUL) » Manila (MNL) » Kalibo (KLO)

Rute ini dilayani oleh maskapai dari yang LCC sepert Cebu Pacific, Tiger Airways, Jetstar Asia, Airphil Express, hingga legacy airlines seperti Malaysia Airlines, Singapore Airlines, dan Philippine Airlines. Airphil Express & Cebu Pacific menggunakan Terminal 3, Philippine Airlines di Centennial Terminal (T-2), dan sisanya di Terminal 1.

  • Manila » Kalibo

Rute domestik ini dilayani oleh semua maskapai lokal yang besar di Filipina : Philippine Airlines, Zest Air, Cebu Pacific, Airphil Express, & SEA-Air yang berafiliasi dengan Tiger Airways seperti Mandala juga melayani rute gemuk ini.

Via Clark :

  • Singapore (SIN)/Kuala Lumpur (KUL) » Clark (CRK)

Rute Singapore ke Clark (CRK) dilayani oleh AirAsia Philippines, SEA-Air (afiliasi dengan Tiger Airways), Airphil Express, & Cebu Pacific. Sedangkan rute KUL – CRK hanya dilayani oleh AirAsia dengan 2 kali penerbangan sehari.

  • Clark (CRK) » Kalibo (KLO)

Rute ini hanya dilayani oleh 2 maskapai : AirAsia Philippines & SEA-Air.

Via Cebu :

  • Singapore (SIN)/Kuala Lumpur (KUL) » Cebu (CEB) » Kalibo (KLO)

Rute ini dilayani oleh Cebu Pacific. Namun Airphil Express juga melayani rute domestik Cebu » Kalibo. Sapa tau mau menggunakan maskapai terpisah, seperti terbang dari SIN atau KUL ke Cebu dengan Cebu Pacific dan mengganti maskapai saat mau terbang ke Kalibo. Lumayan loh, Airphil Express itu free 10 kg dengan harga yang kompetitif.

Alternatif terakhir dengan pesawat udara adalah melalui bandar udara internasional di kota yang namanya sangat suka saya ucapkan :

Iloilo International Airport

Iloilo International Airport (taken from forum.philboxing.com)

  • ILOILO INTERNATIONAL AIRPORT, Ilolo City

Inilah bandara terbesar di Panay Island dan juga memiliki runway terpanjang (2.500 m) serta dapat didarati Airbus A-330 & boeing B-767. Diresmikan tahun 2007 oleh Presiden saat itu, Gloria Macapagal-Arroyo, bandara dengan kode ILO ini merupakan yang terbesar di Western Visayas dan yang terbesar kedua setelah Mactan-Cebu International Airport di Visayas Region.

Di Iloilo International Airport, maskapai Cebu Pacific melayani penerbangan internasional ke Singapore dan Hong-Kong. Jadi buat yang dari kedua kota ini, gak perlu singgah ke Manila atau Cebu buat transit menuju Boracay. Cukup terbang ke Iloilo saja. Namuuuun, ada kekurangannya jika kita mengambil penerbangan ke Iloilo yaitu masalah jarak. Iloilo berjarak sekitar 5 jam perjalanan dengan menggunakan bus dari Caticlan Jetty. Tapi tenang aja, selayaknya wilayah lain di Filipina, jalan raya Iloilo ke Caticlan sebagian besar terdiri dari cor beton. Gak ada cerita jalan berlubang parah lah.

Bandara Iloilo adalah salah 1 bandara yang tidak disinggahi maskapai Airphil Express dari Manila karena rute Manila » Iloilo dilayani oleh ‘kakaknya’ si Airphil Express ini, yaitu Philippine Airlines.

Rute penerbangan dari Iloilo International Airport

Rute penerbangan dari Iloilo International Airport

Alternatif rute yang bisa digunakan adalah :

    1. Jakarta » Manila » Iloilo dengan Cebu Pacific, dan dilanjut 5 jam dengan bus ke Caticlan.
    2. Singapore/Hongkong » Iloilo dengan Cebu Pacific
    3. Singapore » Davao »Iloilo. Singapore  – Davao dilayani oleh Silk Air.
    4. Singapore/Kuala Lumpur » Manila/Cebu » Iloilo.
Paraw

Paraw

Setelah mencapai Caticlan Jetty dari bandara pilihan masing-masing, teman-teman bisa membayar tiket penyeberangan sebesar 25 Peso (Rp 6.500) dengan perahu motor. Selain tiket, penumpang dikenanak biaya Terminal Fee sebesar 100 Peso (Rp 25.000) dan Environment Fee sebesar 75 Peso, baru deh diperbolehkan menyeberang ke Boracay Island. Nah, selamat mengunjungi salah satu pulau dengan pantai tercantik di dunia ini ya.Tinggal milih mau tinggal di White Beach, Bulabag Beach, atau yang sepi di Puka Beach.

Santai di Boracay

Santai di Boracay

Nyeberang dengan ini, cukup 25 Peso aja

Nyeberang dengan ini, cukup 25 Peso aja

White Beach di pagi hari

White Beach di pagi hari

Terminal Fee ticket

Terminal Fee ticket

Biar Gede yg penting Pede

Biar Gede yg penting Pede

White Beach Path

White Beach Path

Bulabog Beach

Bulabog Beach

After Party

After Party

X.O.X.O

X.O.X.O

24 comments on “Make It Happen : Boracay Island

  1. dansapar
    February 20, 2013

    templatenya baruuuuu…..*komen oot*
    eh, btw, dan itu agnes kayaknya udah ganti agnez, koh, *mkn oot*
    #dijejelinkfc

    • Sy Azhari
      February 20, 2013

      Sapaaarrrr!! lu kok ngikutin perkembangan kak Momon sih? -tampar pake buku Ndah yg baru-

  2. d'bolots
    February 20, 2013

    Oooohhhh gitu … ke Batanez … bareng ama Agnez, biar dibilang go internazionalez …

    Ciihh …. Maleezz

    • Sy Azhari
      February 20, 2013

      Kalo gak jadi ke Batanes, kita pulangnya lewat Iloilo yuk, sambil makan Halo-halo.

  3. nyonyasepatu
    February 20, 2013

    Tulisan yg di bawah bikin senyum

    • Sy Azhari
      February 20, 2013

      Bikin senyum karena apa, mbak?

      • nyonyasepatu
        February 20, 2013

        Karena kita bgt tuh. Nulis nama di pantai trus di foto hihi

      • Sy Azhari
        February 20, 2013

        Mumpung sepi pas pagi,tuh. Coba sore, bisa dilempari kelapa ama pinoy-pinoy.

      • nyonyasepatu
        February 20, 2013

        Haha. Kalo jalan2 lg let me know ya. Sapa tau bisa join

  4. neng fey
    February 21, 2013

    macam site dinas pariwisatanya borocay island aja deh koh

    • Sy Azhari
      February 22, 2013

      Moga-moga dibaca ama stafnya Noynoy Aquino,mpok. Terus dapat promo deh ke sana. Amin.

      • neng fey
        February 22, 2013

        ajak2 tapinyaaa..

  5. febryfawzi
    February 21, 2013

    mau ke Batanes? *salah fokus*

    • Sy Azhari
      February 22, 2013

      Kalau penerbangan Airphil Express ada promo,mas. Mumpung ada penerbangan komersil yang lumayan murah ke sana. Jarang-jarang kan?

      • febryfawzi
        February 22, 2013

        iyep. bener banget. Airphil ya berani buka ke sana. moga lancar terus biar kesampean ke sana.

  6. Fahmi Anhar
    February 22, 2013

    waktu promo si merah pertengahan 2012 aku iseng searching dpt: Jog-Kul-Crk-Klo PP cuma 780rb dan entah kenapa gak jadi dibeli dan sekarang NYESELNYA SETENGAH HIDUP !! | *banting syahrini*

    • Sy Azhari
      February 22, 2013

      Enak lo,mi. Pantainya dangkal ampe beberapa ratus meter ke arah laut dan dasarnya cuma pasir. Ayo ayo ke sana, ikut pas aku mudik 3-5 November nanti.

      • Fahmi Anhar
        February 22, 2013

        Wah bsk Nov Om Marcos mau mudik ke boracay lagi? sebenarnya kau ini abdi negara atau pramugara cebu pacific air sih Om? #yakali

      • Sy Azhari
        February 22, 2013

        Ya kalo dari tampang dan potongan sih lebih cocok jadi pramugara Cebu Pacific *dorong ke sumur di Alor*

    • Sy Azhari
      February 22, 2013

      Dan baru ngeh Rp 780ribu itu tiket PP. KENAPA GAK DIAMBIL,MI??? SINI BUAT AKU AJA!!

  7. Fahmi
    February 24, 2013

    Philipine pantainya cakep – cakep jugak ya keliatannya. Sama indonesia cakepan mana?😀 Next time coba incer tiket promo ke philiphine dah😀

    • Sy Azhari
      February 25, 2013

      Hampir mirip lah,mi. Bisa dibandingkan dengan Pantai-pantai Indonesia Tengah dan Timur. Cuma aksesnya aja yang gampang, jalan-jalannya juga udah bagus.

  8. shellahudaya
    March 25, 2013

    Aduh asli keren…tiket promo mana tiket promo…

  9. arifien
    August 1, 2013

    transportasi transfer dari Kalibo Airport dan Boracay, demikian sebaliknya termasuk gampang atau tidak sih?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on February 20, 2013 by in Airlines, Airport, Go-Sees, Philippines, travel, Visayas and tagged , , , , , .

#archives

#categories

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 268 other followers

Follow Eat│Play│Repeat on WordPress.com
%d bloggers like this: