Eat│Play│Repeat

Here, There, and Everywhere

I Need Some Time To Ease My Mind

IMG_0684

Yoga Room – Celebrity Fitness Medan

Tidak ada target muluk-muluk seperti penurunan berat badan signifikan atau mampu berpose ekstrim ketika tepat 1 tahun lalu saya memasuki ruangan yoga di studio kebugaran langganan saya. 6 bulan menjadi anggota, tak pernah sekalipun saya menginjakkan kaki di ruang yoga. Latihan lebih saya fokuskan ke kelas kardio seperti Body Combat dan Spinning Class (RPM & Peloton) atau latihan pengencangan otot seperti Body Pump.

Perkenalan saya dengan ruang yoga ketika seorang teman mengajak saya ikut kelas Flexibility, kelas yang didominasi gerakan stretching otot. Berbeda dengan suasana di ruang aerobik & spinning yang didominasi musik trance atau rock, suasana ruang yoga lebih tenang, tentram, dan menenangkan pikiran (ya iyalah…). Suasana kelas tadi memberi kesan yang mendalam dan menggelitik rasa penasaran saya untuk mencoba kelas lainnya yang ada di ruangan itu. Sampai berkenalan lah saya dengan kelas Yoga yang sebenarnya.

strike a pose!

strike a pose!

Di studio tempat saya berlatih, cuma ada 3 jenis kelas yoga pada awalnya : Basic Yoga, Hatha Yoga, & Vinyasa Yoga. Basic Yoga mengajarkan saya dasar-dasar gerakan yoga yg diajarkan per gerakan . Seperti apa itu chair pose, child pose, cat pose,  lotus, cobra position, Trikonasana, Vrikshasana (tree pose), dan segala macam gerakan yang belum butuh balancing & tenaga yang kuat.

Beriringan dengan Basic Yoga, saya pun mencoba kelas Hatha Yoga yang lebih menantang. Gerakan di Hatha Yoga tidak dilakukan satu per satu..hitungan per hitungan, melainkan mencampurkan beberapa gerakan menjadi 1 koreografi tersendiri. Contoh koreonya seperti gabungan sun salutation -downward – plank – cobra yang digabung dengan cara menarik napas, kapan harus inhale, kapan harus exhale. Selain gerakan yang lebih mengarah ke koreo, di kelas ini juga gerakan-gerakan individual yang diajarkan mulai ekstrim dibanding kelas Basic Yoga. Tree pose dengan menutup mata combo 2 tangan di atas, gerakan kayang dengan kepala baik di lantai atau menggantung, atau gerakan Bakasana (crane pose / menungging dan bertumpu pada kedua tangan dengan kaki menggantung). Hatha Yoga memang sejatinya menenangkan pikiran dengan menyeimbangkannya dengan latihan postur, gestur tubuh, dan pernafasan.

Vinyasa Yoga adalah kelas terakhir yang saya ikut sekaligus jarang saya masuki mengingat jadwal yang tidak cocok. Vinyasa Yoga adalah kelas yang menurut saya paling menguras fisik. alih-alih berbentuk stretching seperti Basic Yoga, Vinyasa Yoga mengajak kita untuk berlatih yoga melalui movement seperti tarian tapi dengan tuntutan fisik yang prima. Bisa saya katakan, Vinyasa Yoga lebih banyak menguras energi saya dibanding mengikuti kelas aerobik seperti Body Combat  yang tergolong hardcore. Kekuatan lengan, perut, dan kaki dibutuhkan untuk menopang gerakan-gerakan yoga dengan level advanced.

Routine

Routine

1 tahun berlalu. Walaupun saya sering absen kala weekdays, saya sering sempatkan untuk mengikuti kelas yoga di akhir pekan. Sabtu pagi saya rela bangun pagi seperti hari kerja demi bisa mengikuti kelas pukul 8 & 9 yang selalu penuh. Saya sempatkan juga minggu siang untuk mengikuti 2 kelas selepas makan siang. Suasana dingin, teduh, wangi, dan temaram ruang yoga setidaknya memberi kelegaan tersendiri di tengah-tengah suasana mal yg ricuh.

Walau hanya bisa mencoba gerakan-gerakan di level intermediate, setidaknya saya merasakan manfaat bergelut di ruang yoga setahun belakangan. Tak terlalu ngos-ngosan kalau bernafas, pikiran dan emosi lebih tenang (ya kalo stress gara2 kerjaan sih gak usah ditanya. teuteup) , lingkar pinggang yang sedikit demi sedikit menyusut, jarang sakit-sakitan, jarang pusing, dan jarang sakit otot serta persendian. Lumayan lah buat saya yang tahun depan mulai memasuki kepala 3 :p

BTW, ada 1 kelas baru lagi ditambah di awal tahun ini. Namanya Ashtanga Yoga. Kesempatan saya sih cuma sabtu pagi jam 9, dari preview yang pernah dikasi ke kita sih kayaknya lebih akrobatik lagi gerakannya. Kira-kira kalau mahir di kelas itu, bisa ngelamar ke Cirque du Soleil ga ya?

halfway to do King Pigeon Pose

halfway to do King Pigeon Pose

My signature pose : Gomukha + Tree-pose

My signature pose : Gomukha + Tree-pose

photo(3)

wanna try?

11 comments on “I Need Some Time To Ease My Mind

  1. toby279
    April 23, 2013

    HAIYAAHHHHHHH gaya bener indang

    • Sy Azhari
      April 23, 2013

      Ini dedikasi namanya..dedikasi! *ketabrak sepeda RPM*

  2. iwan
    April 23, 2013

    kemaren ikut kelas flexibility karena kam bilang masuk kelas tsb. gerakannya ajaib! beda sama gerakan lissy (kemaren sama fransisca). dan…kurasa aku jatuh cinta sama flexibility. gerakannya dinamis, ga lambat kali kayak yoga :))

    • Sy Azhari
      April 23, 2013

      Flexibility sama Fransisca emang gahar,bang. Bisa ngucur keringat nahan gerakannya yg aneh-aneh. Kalau sama Mas Fandy gerakannya mengalir kayak Body Balance awalnya, trus banyak kaki yang digarap.

  3. dansapar
    April 23, 2013

    jd inget baru aja kmrin sore diajakin yoga di kedutaan indihe
    tp krn gue piket sabtu ini ya blm bisa ikutan deh

    • Sy Azhari
      April 23, 2013

      Kapan-kapan cobain,par. Kalau ada temen yg gym di tempat yg ada yoganya, coba tanya ada trial nggak? biasanya ada free trial 7 hari

  4. nyonyasepatu
    April 23, 2013

    Weitssss udah jagooooooo

    • Sy Azhari
      April 24, 2013

      Belum terlalu,mbak. Ini mulai lagi setelah libur sebulan badan berasa patah-patah.

      • nyonyasepatu
        April 24, 2013

        Haha aku males bayangin cari parkir huhu. Sampe skr belon bergerak

  5. cumilebay.com
    April 25, 2013

    Ada temen gw yg keranjingan yoga, sampe bela2in ikut fitnes yg ada kelas yoga nya. Tapi hasil nya lumayan, badan nya jadi lentur dan kalo dugem dah asyik bergoyang ngak kaku #ngelanturrrr

    • Sy Azhari
      April 25, 2013

      Beneran jd lumayan,mas cumi. Kl selepas kayang ga perlu kesakitam kayak encok lagi.

Leave a Reply

Information

This entry was posted on April 23, 2013 by in Personal, Tah Hapa Hapa and tagged , .

#archives

#categories

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 268 other followers

Follow Eat│Play│Repeat on WordPress.com
