Eat│Play│Repeat

Here, There, and Everywhere

Bihun Bebek Asie

Tempat ini lebih dikenal dengan nama Bihun Bebek Kumango. Di Medan, Bihun Bebek Asie didaulat menjadi kedai yang menyediakan bihun bebek yang paling enak sekaligus harganya yang lumayan spektakuler. Sabtu pagi kemarin akhirnya mencoba untuk berkunjung ke tempat ini setelah sekian tahun gak pernah singgah. Ditambah lagi teman dari luar kota yang juga mengidam makanan yang sama. Syukurlah pagi itu Bihun Bebek Asie buka setelah beberapa kali ke sini akhir pekan jarang buka.

Bihun Bebek sebelum dibanjur kuah

Bihun Bebek sebelum dibanjur kuah

Pukul 7 pagi, tempat ini sudah dipenuhi pelanggan aja. Kami pun memilih duduk di luar ruko dengan langgam peranakan seperti kebanyakan bangunan lain di wilayah Kesawan, Medan. Angin sepoi-sepoi dan udara dingin sisa hujan lebat yang mengguyur Medan malam harinya dirasa tepat untuk menikmati makanan utama & icon dari tempat ini, apalagi kalau bukan Bihun Bebek. Selain bihun dan bebek, di sini juga tersedia kwetiau & mi serta daging ayam buat yang gak suka daging bebek.

Dua mangkok bihun bebek datang bersama 2 mangkuk kuah, 1 mangkok bawang putih goreng, setoples acar cabe rawit, & sambal. Karena pesan tambahan ati & ampela, di dalam mangkok kuah pun berisi potongan-potongan ‘spare part’ tadi. Bihunnya kenyal dan teksturnya mirip-mirip tanghun. Kuahnya sangat tajam dengan aroma kaldu bebek tapi minim minyak dan lemak. Jernih dan ringan rasanya. Sambelnya terasa sedikit dan samar-samar ada rasa asam juga. Bagian terbaik dari hidangan ini adalah suwiran daging bebek yang generous banget. Sampai bihunnya habis pun saya masih aja menyuap daging bebeknya.

The Condiments

The Condiments

Sedikit tips dari saya, kalau bisa datang sebelum jam 8 biar dapat tempat dan gak perlu antri. Beberapa orang banyak yang antri menunggu tempat duduk lepas jam 8 pagi. Dan, jangan terlalu banyak pake bawang putih goreng buat kuahnya karena rasanya bakal sedikit pahit kalau kebanyakan. Ntar kayak teman saya yang sampe melotot kayak August Melasz karena kebanyakan nelen bawang putih goreng layaknya itu adalah pop corn :p

Untuk harga, seperti yang saya bilang tadi Bihun Bebek Asie terkenal juga dengan harganya yang lumayan menguras kantong untuk sarapan pagi & brunch. 2 mangkok bihun ukuran biasa (bukan jumbo!), 1 mangkok kuah tambahan, 2 teh manis panas, 1 botol air mineral dihargai Rp 116.000. Enak sih enak…tapi jangan sering-sering yah😀

Lokasi, Lokasi, dan Lokasi

Lokasi, Lokasi, dan Lokasi

BIHUN BEBEK ASIE

Jalan Kumango No 15, Kesawan, Medan

(belakang Gedung Grup Analisa)

Jam Buka : 6-11 pagi (sehabisnya).

Setelah dibanjur kuah kaldu

Setelah dibanjur kuah kaldu

hau chek!

hau chek!

Lokasi pastinya.

Lokasi pastinya.

24 comments on “Bihun Bebek Asie

  1. medilubis
    April 29, 2013

    ini sama nggak koh sama resto kumango yang ada di sun?

    • Sy Azhari
      April 29, 2013

      Beda, med. Yg sama dengan yg di Sun Plaza itu yg di Jl Mangkubumi dekat ET-45.

      • medilubis
        April 29, 2013

        ooo… aku pernah liat juga yg di mangkubumi… berarti beda sama resto kumango…

  2. Badai
    April 29, 2013

    ada harga ada rasa, sepertinya kalo ke Medan musti singgah ke sini deh😉

    *selalu lemah menghadapi makanan enak*

    • Sy Azhari
      April 29, 2013

      Bener, ada harga ada rasa. Bisa bertahan puluhan tahun pasti ada alasannya. Monggo banget kalo ke Mesan bakal dijamu makanan enak🙂

      • Badai
        April 29, 2013

        yesss see you in Medan!🙂

  3. Halim Santoso
    April 29, 2013

    Salah timing blogwalking nih sampe nyasar baca Bihun Bebek siang hari menjelang lunch… Ngecesss men…
    Jadi berapa harga per-porsi bihun bebeknya, kokoh?

    • Sy Azhari
      April 29, 2013

      Jangan salahin aku loh :p
      Kalau ga salah yg porsi biasa (tapi lumayan besar) sekitar Rp 40.000-an.

      • Halim Santoso
        April 29, 2013

        Lihat dari foto keliatan porsinya gedhe en baunya sedap kecium sampe Solo…tapi harganya kok muahal kaya resto di Jekartah #turiskere… Yah semoga pas ke Medan bisa nyasar ke sana😐

      • Sy Azhari
        April 29, 2013

        Kapan emangnya mau ke Medan, Mas Halim?

      • Halim Santoso
        April 29, 2013

        Lagi hunting tiket tapi belom dapet yang murah… Ngarepnya akhir tahun udah bisa ke sana😀

  4. nyonyasepatu
    April 29, 2013

    Salah jam buka postingan ini

    • Sy Azhari
      April 30, 2013

      Kan paginya tinfgal melipir ke sana, mbak.

      • nyonyasepatu
        April 30, 2013

        Hehe hancur food combining

      • Sy Azhari
        April 30, 2013

        Aku juga Food Combining,kok. Food combines with gluttony :p

  5. cumilebay.com
    April 30, 2013

    Ngak sabar nunggu juni ke medan. Kayak nya makin melar nich badan kalo kulineran mulu #salahmasukblog🙂

  6. arievrahman
    December 18, 2013

    Buset, 116.000 berdua? Tapi penampakannya menggoda banget Koh!

    • Sy Azhari
      December 18, 2013

      Tapi mesti lihat ukurannya, riev. Itu aja yang kecil sampe siang awet di perut, padahal gue tipikal devastator. Dan bebeknya banyyyaaak banget plus empuk.

      • arievrahman
        December 18, 2013

        gigi gue udah ngilu ngebayangin rasa daging bebeknya nih, ngeri tenan.

  7. Ester
    September 26, 2014

    Menggoda sekali penampakannya.. Halal ngga?😛

    • Ari Azhari
      September 26, 2014

      Dari yg kita lihat sih, dia cuma jualan bihun bebek doang, mbak. Ama minuman.

  8. Ola Mourissa
    April 25, 2015

    Sorry ini halal g sih

  9. Pingback: sumuTrip (3) : Nasi Biryani Little India | kelana negeri andalas

  10. iyoskusuma
    November 21, 2015

    WAW! Itu makannya hadap-hadapan sama Raisa atau Pevita? Mahal yaa.. JAdi penasaran rasa yang didapet dengan harga setinggi itu. Btw, acar cabenya juga bikin makin ngiler…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on April 29, 2013 by in F&B, Sumatera Utara, Tradisional and tagged , , , .

#archives

#categories

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 268 other followers

Follow Eat│Play│Repeat on WordPress.com
%d bloggers like this: