Eat│Play│Repeat

Here, There, and Everywhere

Saphaipae Hostel (Bangkok)

Saphai Pae Hostel Building

Saphai Pae Hostel Building

Murah tidak lantas berarti murahan. Saphaipae Hostel salah satu contohnya. Dengan harga sangat terjangkau untuk dorm room dan harga yang masuk akal untuk private room, Saphaipae menjadi hostel yang termasuk populer di Bangkok. Apalagi ditambah predikat “biggest hostel in Bangkok”, makin menggema namanya di dunia traveling.

Beberapa faktor pendukung juga turut menjadikan Saphaipae masuk jajaran hostel terbaik seperti lokasi, fasilitas, dan kebersihan. Lokasi hostel gampang dicapai dengan transportasi umum.

  1. Dengan BTS/skytrain, kita turun di Stasiun Surasak (S5 Silom Line) dan berjalan sekitar 300 m ke arah utara.
  2. Dengan MRT/Subway, kita bisa turun di Stasiun MRT Silom dan berganti moda menjadi BTS di Stasiun BTS Sala Daeng (S2 Silom Line)  Stasiun BTS Surasak hanya berjarak 2 stasiun dari Sala Daeng. Dan, kita kembali ke poin 1
  3. Dari Bandara Internasional Suvarnabhumi, bisa dicapai dengan menggunakan Airport Rail Link (ARL) baik yang Express maupun City Line hingga pemberhentian terakhir di Phaya Thai Station. Dari Phaya Thai Station, berganti moda ke BTS Sukhumvit Line  (lime gree line) ke arah Siam Central. Di Siam Central, tukar ke platform BTS Silom Line. Stasiun BTS Surasak berjarak 4 stasiun dari Siam Central Station.
  4. Dari Don Mueang International Airport, bisa naik bis A1 ke Mo Chit BTS Station atau A2 ke Victory Monument. Keduanya berada di jalur BTS Sukhumvit Line (lime green lime). Naik BTS hingga ke Siam Central, bertukar platform ke Silom Line dan turun di Stasiun BTS Surasak yang berjarak 4 stasiun dari Siam Central.
  5. Dari Khao San Road, Grand Palace, Wat Po, dan Asiatique : Gunakan boat dan turun di Central Pier di Saphan Taksin. Tukar moda dari boat ke BTS di Stasiun BTS Saphan Taksin (S6 Silom Line). Stasiun BTS Saphan Taksin hanya berjarak 1 stasiun dari Surasak Station.

Untuk ilustrasinya, bisa dilihat di peta transportasi massal Bangkok ini :

Bangkok Mass Transportation Map

Gak susah menemukan bangunan Saphaipae Hostel dari alamat dan denah yang ada karena bangunan hostel ini sangat besar. It’s not big.. it’s Hugeeeeee. Baru kali ini saya lihat hostel sampai 9 lantai dan luas masing-masing lantai sangat lega. In this case, size does matter. Soalnya rada capek nginep di hostel yang sampak empit-empitan ama penghuni lain bulan sebelumnya di Singapore.

Bermodalkan reservasi via Hostelbookers.com, diarahkanlah kami ke Superior Private Room di lantai 7. BTW, setiap lantai di sini dikasi nama area di Bangkok. Lantai 7 tempat kami menginap diberi nama Rajadamnern Floor. Lantai 2-6 masing-masing diberi nama Siam, Si Lom, Yaowarat, Jatujak, dan Khao San Floor. Sementara lantai 8 diberi nama Rattana Island. Lukisan Pop-art yang menghiasi tiap lantai mengikuti namanya masing-masing, seperti Silom Floor yg dihiasi lukisan bertema nighlife dan Rattana Island dengan ilustrasi beberapa Wat. Sementara lantai kami bertemakan Thai Boxing, karena Rajadamnern terkenal dengan arena Muay Thai.

Lobby Area

Lobby Area

 

ROOM

Begitu memasuki kamar kami, DOENGGG… kaget sekaget-kagetnya dengan ukuran kamar yang sangat lega. Bahkan bisa muat 4 orang. Ya biasanya kan hostel menyediakan Private Room yang ukurannya gak terlalu besar. Tau gitu gak usah pencar di Private dan Dorm. Belum lagi fasilitas dalam kamar yang cukup lengkap mulai dari TV dengan banyak saluran, lemari es dengan 2 botol air mineral gratis, teh & kopi gratis, serta kamar mandi dalam dengan full amenities. Oh ya, buat anak-anak 2.0.. di dalam kamar tersedia BANYAK COLOKAN UNIVERSAL. Semuanya dihargai 1500 THB (Rp. 450.000) atau sekitar Rp 225.000/orang. Belum lagi semua lantai dapat free wi-fi yang sangat kencang karena selain ada login umum, ada juga login per lantai. Jadi nikmat mana lagi kah yang kamu dustakan wahai pejalan..

Untuk area kamar mandi, saya angkat topi deh untuk fasilitasnya. Shower dengan debit air yang kencang, amenities yang lengkap dari shampoo, sabun, hingga sabun pencuci tangan yang wangi melatinya saya suka banget. Handuk disediakan baik ukuran besar dan kecil. Paling kaget pas disediakan hair dryer juga. Semuanya fasilitas kamar dan bukan add-ons.

Berhubung saya gak main-main ke Dorm teman saya dikarenakan… dia yang main melulu ke kamar kita, jadilah saya gak bisa buat perbandingan dorm di Saphaipae dengan tempat lain. Tapi kalau mau tau atau keukeuh kepo, bisa main ke blog teman saya Riyan yang mengulasnya : Saphaipae Hostel Bangkok: Hostel Berbintang.

Superior Private Room

Superior Private Room

Superior Private Room

Superior Private Room

FACILITIES

Well, sebenarnya saya gak banyak berkeliling hostel karena saya lebih milih kelayapan Bangkok yah. Tapi dari beberapa pengamatan selama di hostel, fasilitas di hostel ini jauh dari mengecewakan kok. Bahkan dengan harga yang ditawarkan, kita mendapat value added dengan fasilitas umum di sini. (ini kenapa gue kayak marketing real estate sih!).

Lift mungkin adalah fasilitas paling krusial. Dengan jumlah lantai 9, gila aja gak ada lift di sini. Ada 2 lift yang beroperasional, walaupun saat kami menginap cuma ada 1 yang nyala. Namun itu lebih dari cukup sih kalau kata saya. Fasilitas lain yang sering saya pakai kalau jalan-jalan dengan baju sedikit (demi menampung oleh-oleh atau barang baru di ransel) adalah Laundry Area. Ada 4 mesin cuci dan 4 mesin pengering yang user-friendly di hostel ini. Mesin cuci dioperasionalkan dengan koin seharga 40 Baht untuk pemakaian sejam. Sedangkan pengering dengan harga 30 Baht juga dengan pemakaian 1 jam. Tips dari saya sih, jangan pakai pengering sampai sejam karena membuat pakaian kisut dan benangnya gruntal-gruntul. *berdasar pengalaman tahun lalu di Lubd Hostel Siam*.

Untuk tamu dorm yang tidak mendapatkan TV dan en-suite bathroom di kamarnya, di setiap lantai tersedia shared bathroom dengan shower dan toilet yang bersih. Saat saya menunggu cucian di laundry area, sempat menggunakan shared bathroom dan bersih banget karena petugas kebersihannya rajin-rajin patroli. Sementara common TV room terdapat di lantai 2,3, dan 5. Sementara di lantai 6 ada Sky Terrace yang bisa digunakan leyeh-leyeh di pagi atau sore hari. Hindari siang hari karena teriknya kayak pintu neraka lupa ditutup.

Common Area

Common Area

Bagian paling menyenangkan di hostel ini mungkin adalah di lantai 1 sekitaran lobby area. Ada restoran Bangkok Dining, Saphaipae Coffee & Bakery, pool table, internet area, common area dengan sofa-sofa empuk menghadap jalan raya (walaupun berasa lagi di ‘aquarium’). Buat yang buta Bangkok, tersedia peta di sekitaran lobby yang disediakan gratis. Kemudian juga ada tourist center buat yang ingin ikut tur di sekitaran Bangkok.

*btw, 2 paragraf terakhir adalah hasil pengamatan sembari menunggu cucian diproses selama 2 jam, hihihihi*

Tapi gak ada gading yang tak retak ya. Walaupun gak vital, ada sedikit kekurangan Saphaipae Hostel yaitu jajaran stafnya yang ‘dingin’ di front office. Berhubung tidak didominasi anak-anak muda, jadi kurang bubbly menghadapi pelanggan dan beberapa ada yg jutek malah. Berbeda dengan bagian lain seperti cleaning service, bahkan security.

Tapi dengan harga dorm mulai dari 350 THB dan private room mulai dari 1.300 Baht berbanding fasilitas yang disediakan, Saphaipae is affordable & worth every penny.

Saphaipae Hostel
35 Surasak Road, Silom, Bangrak, Bangkok, Thailand
www.saphaipae.com
 
Sky Terrace at 6th Floor

Sky Terrace at 6th Floor

Laundry Area & Sky Terrace

Laundry Area & Sky Terrace

Saphaipae Cofee & Bakery

Saphaipae Cofee & Bakery

Pool Table & Internet Area

Pool Table & Internet Area

Channel Your Inner Warrior

Channel Your Inner Warrior

IMG_9867

BATHROOM

Towel towel jangan marah marah

Towel towel jangan marah marah

Bathroom amenities

Bathroom amenities

Bathroom Area

Bathroom Area

IMG_9574

IMG_9862

16 comments on “Saphaipae Hostel (Bangkok)

  1. neng fey
    June 13, 2013

    Dagangan gw jg murah tp ga murahan koh hahahhaha, *efek baca kalimat pertama doang*
    Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

    • Sy Azhari
      June 13, 2013

      Mpok jangan dagang di Blog gue ya! :p

      • neng fey
        June 14, 2013

        boleh bang, kaos, celana,setelannya bang, murah deh bang

  2. buzzerbeezz
    June 13, 2013

    Di shared bathroom lantai 4 (eh, aku beneran di lantai 4 kan kemaren? Lupa sih, sering nongkrongnya di lantai 7) ada kejadian horror pas aku mandi. Selesai mandi, keluar bilik mandi, di bilik mandi depan ada bule mandi telanjang gak ditutup dong pintunya.. Langsung cepet2 pergi aku.

    • Ma'e
      June 13, 2013

      Langsung pergi ke bilik sebrangnya, lalu mandi bareng ya

      • Sy Azhari
        June 13, 2013

        Fufufufufu. Lebih ngenesin ai Bolot di Gurney Drive dong. Nyuci “perkakas” di wastafel aja.

      • buzzerbeezz
        June 13, 2013

        Haha.. Itu kamu mungkin Om..

  3. nyonyasepatu
    June 13, 2013

    Cakep juga tuh kamarnya

  4. Fascha
    June 13, 2013

    keren ya, keliatannya bersih gitu

  5. cumilebay.com
    June 14, 2013

    Keren tempat nya ….. Kamar nya luas tp kalo di isi lebih dari 2 orang kena charge lagi yaaa ??? Kmrn di ibis silom juga dapat segitu tp kita isi malah ber 5 dan masuk nya ngumpet2 hahaha

    • Sy Azhari
      June 17, 2013

      Belum nyoba dummy booking kalo lebih dari 2 orang, Mas. Sayang emang kalau cuma dipake 2 orang dan ada 1 orang temen yg di dorm

  6. dansapar
    July 2, 2013

    lobby nya bagus yaaa

  7. dita
    September 12, 2013

    sekitaran saphaipae hostel ada sevel nya gtu ga kak?? kalo kemana2nya gampang ya?
    thanks

    • Sy Azhari
      September 12, 2013

      Di sekitaran hostel rame kok. Jalan kaki ke stasiun BTS Surasak juga ga jauh. Sekitar 200 meter.

      • dita
        September 14, 2013

        kalo dr dmk kesini kira2 brp lama om???baik naik taksi ataupun bts nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 13, 2013 by in Bed & Breakfast, Go-Sees, Hostel, Jalan-jalan, Thailand, travel and tagged , , .

#archives

#categories

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 268 other followers

Follow Eat│Play│Repeat on WordPress.com
%d bloggers like this: