Eat│Play│Repeat

Here, There, and Everywhere

Countryside de Oro

DVO-CGY

DVO-CGY

Sesuatu yang di luar rencana dalam perjalanan kita terkadang gak selalu menjadi faktor negatif. Yah, walaupun perubahan jadwal penerbangan besar-besaran cukup bikin bete juga awalnya. Adalah peresmian bandara baru Laguindingan Airport sebagai pengganti Lumbia Airport di kota Cagayan de Oro (lebih dikenal dengan CDO) yang menjadi pangkal perkaranya. Perpindahan ini bukan main-main. Bandara yang tadinya berada di pinggiran kota Cagayan de Oro, digeser 45 kilometer ke barat demi mengakomodir kota-kota dan provinsi lain di utara Mindanao seperti Iligan City, Lanao del Norte, dan tentunya Misamis Oriental.

Perpindahan bandara CDO ke Laguindingan  tanggal 15 Juni 2013 berefek besar pada jadwal penerbangan terutama yang berangkat atau tiba pagi buta dan malam hari. Absennya instrumen keamanan untuk take-off dan landing berakibat semua penerbangan yg jadwalnya tanpa matahari terlihat mesti menyesuaikan. Penerbangan saya dari Davao dimajukan 11 jam dari malam ke pagi hari, sementara dari CDO ke Manila dimundurkan 10 jam dari malam menjadi keesokan paginya. Walhasil CDO yang diniatkan hanya tempat transit dari Davao ke Manila pun menjadi tempat pemberhentian selama 2 hari. Acara piknik gowes-gowes sepeda di angkasa Eden Nature Park Davao pun dibatalkan.

Saya yang tidak terlalu mengerti CDO selain terkenal dengan White-water rafting dan pintu masuk ke Pulau Camiguin pun bengong. Saya tinggalkan tas di hotel dan memutuskan singgah ke Starbucks yg tak jauh dari hotel mencari kopi sebagai kompensasi kurang tidur di Davao. Setelah saya jelaskan kalau saya jelaskan posisi saya sebagai Indonesian, mereka jadi banyak tanya dan berbagi cerita. Mendengar petualangan zipline saya di South Cotabato, mereka memberikan informasi yg sangat berharga : “try the longest zipline here in Bukidnon, not too far from CDO”. ASEEEKKKK. Tapinya… mereka gak ngerti transportasi ke Dahilayan Adventure Park, lokasi Asia’s longest dual-zipline. Gak habis akal, 4 mbak-mbak barista ini nanya dong setiap pelanggan lokal yang masuk ke Starbucks Centrio itu.

Welcome to Camp Phillips

Welcome to Camp Phillips

Ternyata cukup gampang menuju Dahilayan Adventure Park yang terletak di kota kecil bernama Manolo Blahnik Fortich, di provinsi Bukidnon. Hanya butuh Van atau Jeepney jurusan Manolo Fortich/Camp Phillips dan habal-habal (ojek). Dari Camp Phillips, naik ojek kurang dari 10 kilometer namun siap-siap pantat terasa seperti habis gesek-gesek dinding seperti Reza di video klip Pertama karena jalanan yg masih batu kerikil menjadi pintu masuk ke Dahilayan. Namun semua dikompensasikan dengan pemandangan kebun nenas dan kebun jagung bergantian dengan latar belakang perbukitan. Entah beberapa kali saya menyuruh abang Habal-Habal berhenti agar saya bisa mengambil foto dan menikmati pemandangan barang sebentar.

Camp Phillips dan Manolo Fortich sendiri mempunyai keunikan. Perumahan-perumahan di Manolo Fortich mengumpul di 1 cluster dan jarak antara cluster satu dengan lainnya disisipi perkebunan. Cluster ini disebut Purok kalau gak salah, dan dibedakan dengan nomor seperti Purok 1, Purok 2, dan seterusnya. 1 Purok bisa terdiri dari 100 rumah, mengingatkan saya pada rumah-rumah di Perumnas. Bentuk dan luasnya sama kecuali dimodifikasi. Dengan fasilitas lapangan olahraga dan gereja di dalam setiap Purok.

Camp Phillips sendiri adalah pusat pengolahan Del Monte di Mindanao. Di dalamnya terdapat pabrik pengolahan, perkebunan, rumah-rumah dinas untuk level manajer dan perumahan rakyat di dalam-dalam perkebunan. Bentuk rumahnya sama dan dicat dengan warna-warna pastel. Camp Phillips tadi dilengkapi dengan sarana olahraga, taman, dan sekolah. Jadi inget perumahan Pertamina di Balikpapan dan Pangkalan Brandan tempat saya sering ‘dikirim’ ke Pakde kalau nakal waktu kecil dulu. Intinya mah, Camp Phillips ini hiburan banget di interior utara Mindanao. Saya yang datang tanpa ekspektasi kegirangan melihat warna-warni perjalanan dari CDO ke Dahilayan. Dari kota besar berubah perlahan-lahan menjadi perkebunan dan berubah menjadi perbukitan penuh pohon pinus.

Omong-omong, kalau hanya daytrip ke Dahilayan dan booking habal-habal (ojek) dari Camp Phillips ke Dahilayan pastikan untuk perjalanan roundtrip kecuali sabtu dimana shuttle bus dari CDO mengantar tamu hingga pintu gerbang. Karena letaknya yang benar-benar jauh dari mana-mana, transportasi menjadi kunci penting menuju Dahilayan ini.

Del Monte's pineapple plantation in Bukidnon.

Del Monte’s pineapple plantation in Bukidnon.

Gate of Dahilayan Adventure Park's

Gate of Dahilayan Adventure Park’s

Sesampainya di Dahilayan Adventure Park, saya langsung mendaftar ke loket dan menunjuk zipline paling panjang yang tersedia : 840 meter!. 100 meter lebih panjang dari 7 Falls Zipline, namun ketinggiannya lebih rendah. Setelah membayar 500 Peso dan menandatangani surat pernyataan sehat wal afiat, saya pun diberi gelang sebagai tanda registrasi. Saya kirain zipline bakal dilakukan di area sekitar loket namun ternyata saya dan beberapa tamu lagi diangkut oleh mobil shuttle menuju daerah yang lebih tinggi. Ternyata yg ada di sekitar loket hanya tempat pendaratan dan zipline yang ‘cuma’ 150 meter.

Dari sebuah anjungan di bibir jurang barulah terlihat lintasan yang sesungguhnya. Lintasan zipline sepanjang 840 meter melintasi pepohonan pinus dan berujung di loket masuk Dahilayan. Saya baru tahu kalau berujung di area loket, karena dari anjungan tidak terlihat ujung lintasan zipline. Berhubung harganya mahal dan sudah menjelang sore, saya pun cukup naik sekali aja. Prinsip ekonomi ceritanya.

Well, kalau gak gara-gara barista Starbucks Centrio, saya jadi dapat surprised selama perjalanan Cagayan de Oro – Bukidnon.  Sebagai gantinya, saya pun borong tumbler sebanyak 4 biji buat Pasalubong. Dan perjalanan saya di Mindanao pun selain mendapatkan “Yang Tinggi” juga mendapatkan “Yang Panjang”. Ourghhhh.

View from entrance area

View from entrance area

The Face of happy customer

The Face of happy customer

The hills area alive.. *pake kostum Captain Von Trapp*

The hills area alive.. *pake kostum Captain Von Trapp*

Pabrik Del Monte

Del Monte Warehouse

Rumah Staf di Del Monte, Camp Phillips

Rumah Staf di Del Monte, Camp Phillips

Rumah staf Del Monte

Rumah staf Del Monte

Abang Habal-Habal

Abang Habal-Habal

Zipline at Dahilayan Adventure Park, longest dual-zipline in Asia

Zipline at Dahilayan Adventure Park, longest dual-zipline in Asia. You won’t see the end of the line.

7 comments on “Countryside de Oro

  1. boloten
    November 18, 2013

    You try the local delicacy at CDO donk ya …
    yg itu … lum…. wait for it … bia purok lombok ….

    • Sy Azhari
      November 19, 2013

      Kirain Burok Penerimaan, Dashboard dibelah.

      • d'bolots
        November 19, 2013

        Burok dashbord, cuti ditolak donk …

      • Sy Azhari
        November 19, 2013

        Buwakakakakaka. Dendam kesuma deh. Kayak nama artis yg pemain softball ajah.

  2. bangpoltak
    November 19, 2013

    Ide utk kalahkan zipline mereka: kita bikin zipline dari sibolangit sampai padang bulan. Gimana?

    • Sy Azhari
      November 19, 2013

      Dari Kabanjahe aja, lae. Biar pegawai yg PP Medan-Kabanjahe pada cepat sampe. Kalau Medan-Pakam gak bisa bikin, rata semua jalannya😦

      • bangpoltak
        November 19, 2013

        Pakam – Medan ya mau tak mau paling cocok harus bikin kereta Maglev macam di Eropah sana. Kalo dari Kabanjahe, harus belok-belok menghindari bukit lae.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 18, 2013 by in Go-Sees, Jalan-jalan, Mindanao, Philippines, travel and tagged , , , , .

#archives

#categories

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 268 other followers

Follow Eat│Play│Repeat on WordPress.com
%d bloggers like this: