Eat│Play│Repeat

Here, There, and Everywhere

‘Masarap’ Guide at Manila’s Weekend Market

Salçedo Community Market

Salçedo Community Market

Manila di akhir pekan kontras dengan Manila di hari kerja. EDSA yang begitu padat di jam pulang kerja menjadi jinak di Sabtu-Minggu. Makanya jika menyusun itinerary ke Filipina, saya selalu meluangkan waktu akhir pekan di Manila sebelum cabut ke provinsi lain keesokan hari. Dari Bonifacio atau Ayala ke area Intramuros bisa ditempuh kurang dari 15 menit. Quezon ke Makati pun bisa ditempuh kurang dari 20 menit dan ongkos kurang dari 200 Peso. Bahkan supir-supir taksi yang mengantar saya ke Bandara menyarankan untuk tidak usah menggunakan SLEX Skyway karena jalanan di bawahnya cukup lengang. Ya padahal cuma selisih 20 Peso doang untuk masuk ke SLEX.

Selain lalu lintas yang lengang, akhir pekan di Metro Manila banyak bermunculan pasar-pasar kaget mingguan baik yang buka pagi-siang maupun sore-pagi. Pasar-pasar ini juga menjadi ajang show-off beberapa rumah tangga untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam hal mengolah boga. Tak hanya dari rumah tangga lokal, beberapa ekspatriat juga tak kalah garang pamer makanan khas negara asalnya. Hal ini menjadikan blantika (eee..blantika) weekend market di Manila patut dikunjungi mengingat warna-warni latar belakang penjual di sini.

Jangan bayangkan pasar-pasar kaget ini bakal sebesar Chatuchak Weekend Market di Bangkok atau SunMor di Jogja. PAsar yang lebih tepat disebut bazaar ini biasanya hanya mengambil sepetak lahan parkir di area pemukiman atau perkantoran. Buat saya yang vertigo, kondisi pasar yang tidak terlalu besar justru ideal untuk dinikmati. Ditambah lagi hiburan musik akustik oleh penyanyi yang kualitasnya gak kalah dengan Sabrina. Nah, selama Jumat-Minggu sisihkan waktu kalian untuk menikmati beberapa pasar kaget yang pengalamannya gak kalah dengan mengunjungi mal-mal raksasa di Manila.

I want my taman kota kayak begini!!

I want my taman kota kayak begini!!

  • SALÇEDO COMMUNITY MARKET

Saya pernah bercerita tentang pasar yang hanya buka di hari Sabtu pagi di post ini. Salçedo Community Market buka sejak 9 tahun lalu dan mengakomodasi kebutuhan ekspatriat yang tinggal di Bel-Air Village dan sekitar Makati. Homemade multi-grain bread dan bahan-bahan makanan segar seperti sayur-mayur dan buah-buahan bisa diperoleh di sini dengan harga yang masuk akal. Dibanding pasar lainnya, Salçedo Market lebih banyak menyediakan makanan segar. Namun ukurannya lebih kecil dibanding pasar lainnya.

Jam Operasional : Salçedo Community Market buka setiap Sabtu mulai pukul 7 pagi hingga 2 siang. Bahkan mereka tetap buka saat All Saints’ Day long weekend 1-3 November lalu.

Lokasi : next to Jaime C Velasquez Park, L.P. Leviste Street, Makati, Metro Manila

Transportasi : naik MRT hingga stasiun MRT-3 Buendia atau MRT-3 Guadalupe, lanjut dengan Jeepney jurusan Cartimar (Guadalupe-Cartimar). Turun di persimpangan Makati Avenue dan lanjut berjalan kaki 600 meter.

Lokasi Salçedo Community Market

Lokasi Salçedo Community Market

  • LEGAZPI SUNDAY MARKET

Pasar yang hanya buka di hari minggu ini (ya eyaalaaah) termasuk weekend market yang terbesar. Lokasinya tak jauh dari Salçedo Community Market dan mengambil sepetak lahan parkir di samping Legazpi Active Park. Oh iya, di sini ada satu kios yang menjual makanan Indonesia yang diberi nama Warung-Warung. Cerita lengkap tentang Legazpi Sunday Market bisa dilihat di sini.

Jam Operasional : setiap Minggu dari pukul 7 pagi hingga 2 siang.

LokasiLegazpi Street corner V.A. Rufino Street (formerly Herrera Street), Makati, Metro Manila. Gak jauh dari Greenbelt Mall dan Washington SyCip Park.

Transportasi : naik MRT hingga stasiun MRT-3 Magallanes dilanjut dengan Jeepney rute PRC – Mantrade – Kayamanan . Turun di Herrera Street (pom bensin Shell) dilanjut jalan kaki sekitar 250 meter. Sopir Jeepney lebih mengenal V.A Rufino Street dengan nama lamanya : Herrera Street.

Lokasi Legazpi Sunday Market

Lokasi Legazpi Sunday Market

  • BANCHETTO

Tujuan diadakannya pasar malam Banchetto terdengar sangat mulia : untuk mengakomodir kebutuhan ‘ngemil’ pekerja call-center yang ada di Ortigas. Sebagai gambaran, jumlah pekerja call-center di Filipina ini bukan main jumlahnya. Tina, Teman saya yang asli sono, memberitahu sekitar 1 juta orang bekerja sebagai call-center di sepanjang Ortigas hingga Mandaluyong. Belum lagi yang tersebar di Alabang (bagian paling selatan Manila), Quezon City, dan Makati. Beberapa perusahaan besar dunia menempatkan kantor call-center mereka di Metro Manila. Perusahaan mana yang tak tergoda dengan SDM yang berbahasa Inggris cukup lancar dengan gaji lumayan murah. Jadi kalau malam-malam lihat orang-orang berusia 20-an dengan dandanan polo shirt, jeans, dan name-tag menggantung, bisa jadi itulah mereka… BISA JADI!

Nah, Banchetto ini menjadi ajang kumpul-kumpulnya pekerja call-center baik yang sudah selesai bertugas maupun yang sedang bertugas. Lah gimana nggak, jam beroperasi Banchetto dimulai dari jam 8 malam hingga jam 6 pagi. Nah loh!.

Dulunya ada beberapa cabang dari Banchetto, namun sekarang tinggal 2 cabang yg buka. Sayangnya saya gak rezeki mengunjungi Banchetto karena faktor cuaca, Taifun Santi di bulan Oktober dan Taifun Yolanda di bulan November yang mengakibatkan mereka tutup. Padahal Oktober kemarin udah nginap di Go Hotel yg ada di depannya. Hiks.

Jam Operasional : 8 malam s.d 6 pagi keesokan harinya. Setiap Rabu, Kamis, dan Jumat.

Lokasi : Banchetto Forum » di belakang gedung Cybergate Plaza (Go Hotel Mandaluyong), Mandaluyong, Metro Manila.

Transportasi : naik MRT hingga stasiun MRT-3 Boni. Lanjut berjalan kaki 300 meter melewati mal Robinson Pioneer.

Web : Banchetto Manila

Lokasi Banchetto Forum, Mandaluyong

Lokasi Banchetto Forum, Mandaluyong

  • SIDCOR SUNDAY MARKET

Kalau tadi mainannya masih tengah-tengah sekarang bisa geser dikit bang ke Utara tepatnya di Quezon City, bagian terluas Metro Manila. Tak jauh dari Quezon Memorial Center bisa kita temukan Sidcor Sunday Market. Biarpun terletak di dalam area bisnis Eton Centris, Sidcor Sunday Market lebih ‘down to earth’ dibanding Legazpi dan Salçedo yang memang dikenal sebagai area tajirnya Manila. 

Jam Operasional : Buka setiap minggu mulai pukul 6 pagi hingga 2 siang.

LokasiEton Centris, EDSA corner Quezon Avenue, Quezon City

Transportasi : naik MRT hingga stasiun MRT-3 Quezon Avenue, Eton Centris berada di sekitaran stasiun MRT.

Lokasi

Lokasi

  • MERCATO GROUP : MIDNIGHT MERCATO, MEZZA NORTE, & CUCINA ANDARE

Hadir paling belakangan, tapi grup Mercato ini paling menancapkan kuku dan menggurita di Metro Manila bahkan berekspansi hingga Mindanao. Adalah Anton Diaz yang terkenal dengan blognya Our Awesome Planet yang termasuk penggagas munculnya grup Mercato ini.

Berawal dari Mercato Centrale, pasar Sabtu-Minggu pagi, yg kini sudah gulung tikar dan berganti menjadi Midnight Mercato di lokasi yang sama. Kurang dari 2 tahun, grup ini berekspansi ke Quezon City dengan membuka Mezza Norte di halaman parkir Trinoma Mall. Disusul Cucina Andare, food truck market pertama di Filipina. Cucina Andare ini unik karena selain kios konvensional, banyak terdapat truk makanan yang berjualan di area Glorietta Park – Makati.

Ketenaran grup Mercato pun menyebar hingga bagian lain Metro Manila dan provinsi lainnya. Hingga kini, telah dibuka 4 Mercato lain yakni Levante di Eastwood (Quezon City, Metro Manila), Fiesta Bahia di Mall of Asia (Pasay, Metro Manila), Cocina Centrale di Marquee Mall (Angeles City, Pampanga Province),  dan Porto Cena di Subic Bay (Olongapo City, eks pangkalan AL USA). Bahkan akan dibuka 3 Mercato lain di Alabang (Metro Manila bagian selatan) bernama El Sur, Carnivale di McKinley Hill (Taguig City, Metro Manila) dan Mercato de Oro di kota Cagayan de Oro (Pulau Mindanao).

1 hal yang jadi penghubung antar sebagian besar Mercato adalah lokasinya yang selalu ‘nebeng’ di properti milik Ayala, kecuali Fiesta Bahia di SM MoA dan Levante. Ciri khas lainnya adalah jam operasional yang seringnya dimulai dari sore hari hingga lepas tengah malam. Coba deh kunjungi Fiesta Bahia dan Cucina Andare di malam minggu, bakal ditemani dengan pesta kembang api.

WEB : Mercato Centrale

  • Midnight Mercato
34th Street corner 8th Avenue, Bonifacio Global City, Taguig, Metro Manila
buka Jumat 22.00 – Sabtu 3.00 & Sabtu 18.00 – Minggu 3.00
 

Transportasi :

  1. gunakan MRT dan turun di stasiun MRT-3 Ayala
  2. jalan ke arah pom bensin Shell, stasiun sementara bis Bonifacio Global City (BGC)
  3. naik BGC Bus dengan Upper West Route dan turun di halte HSBC. Lokasi Midnight Mercato tak jauh dari Home Depot dan The Turf (lapangan sepakbola sintetis).
Lokasi Midnight Mercato

Lokasi Midnight Mercato

  • Mezza Norte
Trinoma Mall’s parking lot, corner of Mindanao Ave & North Ave, Quezon City, Metro Manila
buka setiap Jumat & Sabtu dari pukul 4 sore hingga 3 pagi.

Transportasi : gunakan MRT hingga pemberhentian terakhir di stasiun MRT-3 North Avenue yg menempel di Trinoma Mall. Mezza Norte berada di bagian belakang mal Trinoma.

Lokasi Mezza Norte, di sudut antara North Ave & Mindano Ave

Lokasi Mezza Norte, di sudut antara North Ave & Mindano Ave

  • Cucina Andare
Glorietta Park, Makati, Metro Manila (depan mal Glorietta 5 & Hotel Shangrila Makati)
buka setiap Kamis-Sabtu setiap pukul 4 sore – 3 pagi.
 

Transportasi : gunakan MRT dan turun di stasiun MRT-3 Ayala. Lanjut dengan berjalan kaki melewati mal SM Makati & Glorietta 4.

Lokasi Cucina Andare

Lokasi Cucina Andare

Buat yang males blusukan ke Divisoria ataupun Binondo, beberapa pasar di atas bisa jadi alternatif buat berbaur dengan orang lokal . Yah.. walaupun Salçedo dan Legazpi juga banyak diisi dengan warga Caucasian.  Selain icip-icip jajanan, toh bisa ngeceng juga karena tempatnya gak terlalu ‘pasar’.

Dari pasar-pasar di akhir pekan ini saya juga berkenalan dengan Rita, penjual makanan Indonesia yang tahun kemarin di Legazpi hanya berjualan Soto sekarang pindah ke Salçedo menjual aneka makanan Indonesia lainnya. Dan dari Rita juga saya dikenalkan 2 orang wanita Caucasian yang salah satunya ternyata pemilik Lemon Cafe di Boracay yg desserts-nya enak bener. Apalagi ditambah konsep tempat makannya yg seperti kantin yang mau gak mau mengharuskan berbaur dengan orang lain. Sapa tau ada yang jadi jodoh toh?. BISA JADI!!

Karo mbakyu-mbakyu sing nduwe Lemon Cafe, Boracay

Karo mbakyu-mbakyu sing nduwe Lemon Cafe, Boracay

Nyaru ama lokal.

Nyaru ama lokal.

Bisa ngeceng juga sembari ngemil di Midnight Mercato

Bisa ngeceng juga sembari ngemil di Midnight Mercato

Gak Lengkap Kalo Gak ada Adobo

Gak Lengkap Kalo Gak ada Adobo

Suman, Taho, Juice Bar, Turkey Ham, Brownie, & Souvenir

Suman, Taho, Juice Bar, Turkey Ham, Brownie, & Souvenir

Firework above Cucina Andare

Firework above Cucina Andare

3 comments on “‘Masarap’ Guide at Manila’s Weekend Market

  1. winnymarch
    November 26, 2013

    worth it gk sih travelling ke Manila tu

    • Sy Azhari
      November 26, 2013

      Tergantung apa yg dicari soh, win. Buat aku sih 2-3 hari di akhir pekan lumayan menghibur aetelah seminggu full di pulau pedalaman.

      • winnymarch
        November 26, 2013

        kira2 brp duit hbs tu visa ama tiket

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

#archives

#categories

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 268 other followers

Follow Eat│Play│Repeat on WordPress.com
%d bloggers like this: