Eat│Play│Repeat

Here, There, and Everywhere

Our Awesome Hostel/The Fort Budget Hotel

Pada kunjungan-kunjungan terdahulu ke Manila, saya dan teman selalu menginap di Makati Apartele dengan pertimbangan harga yang murah kalau dibagi berdua. Dikarenakan 2 kunjungan terakhir harus sendiri, mau gak mau harus mencari alternatif lain yang lebih murah dan kembalilah saya ke jagad per-hostel-an.

Lirak-lirik situs hostel andalan yakni Hostelbookers dan Hostelworld, beberapa hostel memang mendapat rating di atas 90% namun ada kriteria-kriteria lain yang akhirnya membuat saya memilih Our Awesome Hostel/The Fort Budget Hotel. Kalau kata Ibu Evelyna Setiawan: Lokasi…Lokasi…Lokasi.

Maligayang Pagdating, po :)

Maligayang Pagdating, po🙂

Beberapa hostel terbaik di Manila berada di wilayah Malate dan Ermitas yang memang dekat dengan Rizal Park dan Intramuros dan menjadi pusat backpackers di Manila. Namun karena kurang suka keramaian dan berisiknya pub di sekitar area tadi ditambah jauh dari stasiun LRT Yellow Line, saya pun urung tinggal di sana. Bagian lain yang memiliki hostel dengan rating bagus adalah Makati. Our Melting Pot, MNL Boutique Hostel, dan Our Awesome Hostel terletak di daerah ini. Dengan pertimbangan lebih dekat ke stasiun MRT Blue Line dan jalan raya EDSA yg vital, saya pun memilih yang terakhir.

Resepsionis hostel yang masih balita ini terletak di lantai 10 gedung ABBA di Kalayaan Avenue, bangunan perkantoran dan apartment tepat di bibir Kalayaan Flyover dari arah Makati ke Fort Bonifacio. Dari bandara, hostel ini bisa dicapai dengan menyusuri Epifanio Del los Santos Avenue (EDSA) dan belok kanan di Kalayaan Avenue tanpa masuk ke tunnel. Our Awesome Hostel terletak tak jauh dari sudut belokan ke Kalayaan Avenue tadi, sehingga gak perlu masuk ke dalam terowongan. Lebih detil lagi, hostel ini diapit oleh Limbo Street dan Cortez Street.

Bisa ngintip kondisi Lalin di EDSA

Bisa ngintip kondisi Lalin di EDSA

  • PROS
  1. LOKASI. Lokasi yang sangat strategis seperti yang saya ceritakan di atas. Selain dekat dengan MRT & jalan rayat, Our Awesome Hostel berada tak jauh dari pintu masuk Bonifacio Global City (BGC) yg ditandai dengan JP Morgan Building di Kalayaan Avenue. BGC sendiri adalah kawasan trendi terbaru di Metro Manila yang dikembangkan Ayala, pengembang yang sama dengan Makati CBD. Di BGC sendiri terdapat banyak tempat hiburan seperti mal semi-outdoor Bonifacio High Street, Burgos Circle (taman yang dikelilingi restoran & cafe), pasar malam Midnight Mercato, The Mind Museum, beberapa pusat perbelanjaan, puluhan tempat makan dari fast-food sampai restoran, dan pusat oleh-oleh regional Filipina Market! Market! seperti yang saya ceritakan di post ini.

  2. VIEW FROM THE TOP. Karena letaknya di 3 lantai teratas di gedung ABBA, pemandangan dari Our Awesome Hostel ini juara bener deh. Apalagi di lantai 10 yang jadi rooftop area sekaligus resepsionis hostel ini. Arah utara bisa lihat Ortigas Center, di barat bisa melihat Makati CBD, dan di timur bisa melihat kawasan Fort Bonifacio lengkap dengan kondisi lalu lintas karena EDSA dan Kalayaan Avenue terlihat sangat jelas. Di Jumat dan Sabtu malam, rooftop ini bakal berubah jadi area party yang diadakan staf hostel yang memang terdiri dari anak-anak muda.
  3. FASILITAS. Fasilitas dapur dan common room juga berada di lantai yang sama dengan resepsionis. Sofa-sofa empuk di depan televisi, perkakas dapur yang lengkap, serta colokan listrik berterbaran di ruangan memanjakan tamu hostel.
Common Room berlatar Makati CBD

Common Room berlatar Makati CBD

Untuk kamarnya sendiri, Our Awesome Hostel menyediakan dorm dari yang isi 4 bed hingga 10 bed. Jika ingin menikmati private room, pemesanan bisa melalui The Fort Budget Hotel di web Hostelbookers atau situs pemesanan lain seperti Booking.com dan Agoda. 8-bed dorm tempat saya menginap terasa cukup luas, bahkan dengan kehadiran pantry dan kamar mandi di setiap kamar.

Kali kedua saya menginap di sana, kamar terasa sumpek karena penghuni lain yang meletakkan koper sembarangan. Padahal pihak hostel sudah menyediakan lemari yang cukup besar untuk tiap-tiap penghuni kamar. Bahkan terkadang ada lemari ekstra dengan peminjaman gembok yang GRATIS.

The Dorm

The Dorm

  • CONS

Ada kelebihan pasti ada juga kekuarangan dong. Karena kesempurnaan itu hanyalah milik Allah SWT semata sampai bertemu lagi di Dorce Show! Show! Show!. Dengan fasilitas common room, dapur, dan rooftop yang keren, justru cela hostel ini berada di fungsi utamanya : kamar tidur.

  1. Tempat tidur yang ada terasa kurang panjang bagi saya yg tingginya hanya 173 cm. Konon lagi mas-mas Aussie di bawah saya…errr.. ranjangnya di bawah saya. Kasihan tiap dia tidur pasti posisi meringkuk seperti bayi;

  2. Karena fungsi bangunan bukan ditujukan buat hostel, maka colokan listrik tidak tersedia di tiap ranjang. Ada lah yang di dalam kamar mandi, ada yang di pantry, di bawah AC, di belakang lemari….tapi tak satu pun ada di samping ranjang. Buat yang tidur di atas ya siap-siap nebeng nyolok di sisi kamar yg jauh darinya. Untungnya sih jarang ada yang kecolongan kalau dengar cerita dari yang udah tinggal selama 1-2 bulan di sini;

  3. Kamar mandi yang cuma 1 untuk 1 kamar. Kalau yang 1 ruangan cuma 4 bed sih enak..lah yang 10 orang? Di kamar saya aja pernah ada cewek Jepang yang kesal karena Mas Aussie mandinya lama banget sementara dia sesak pipis.

Dengan harga mulai dari 400 Peso (+/- Rp. 110.000) dan fasilitas yang ditawarkan, terlepas dari beberapa poin minus bagi saya, rasanya Our Awesome Hostel/The Fort Budget Hotel bisa jadi alternatif menginap untuk yang budget perjalanannya terbatas. Budaya hostel yang ‘memaksa’ kita berinteraksi dengan tamu lain ataupun staf hostel bisa jadi bonus perjalanan.

Mana di mana...perkakas mandi saya.

Mana di mana…perkakas mandi saya.

Travel Guide ditempel di penjuru hostel.

Travel Guide ditempel di penjuru hostel.

The Dorm with its own pantry

The Dorm with its own pantry

Ranjang & Lemari

Ranjang & Lemari

Mengungsi dari Taifun

Mengungsi dari Taifun

View from the top : Bonifacio Global City & McKinley Hill

View from the top : Bonifacio Global City & McKinley Hill

Go Ahead! have some San Miguel :p

Go Ahead! have some San Miguel :p

 

Our Awesome Hostel, di antara Makati & Fort Bonifacio

Our Awesome Hostel, di antara Makati & Fort Bonifacio

Our Awesome Hostel 2

Our Awesome Hostel / The Fort Budget Hotel
ABBA Bldg., 5756 Kalayaan Ave.,
Makati City, Philippines‎
+63 927 387 0267

10 comments on “Our Awesome Hostel/The Fort Budget Hotel

  1. winnymarch
    November 29, 2013

    kayaknya menarik jg ksana ya

    • Sy Azhari
      November 29, 2013

      Cobain sesekali, win. Kalau suka bangunan tua, di sana banyak peninggalan Spanyol. Bisa lihat Asia Tenggara dengan perspektif lain yg unik.

      • winnymarch
        November 29, 2013

        Aku suka banget bangunan Tua🙂

      • Sy Azhari
        November 29, 2013

        Tuh, bisa milih antara Intramuros (Manila), Taal City, atau Vigan yg jd UNESCO Heritage Site kyk Malaka, Penang, & Hoi An

  2. hilman
    May 14, 2014

    Mas mau tanya kalau dari NAIA airport our awesome hostel jauh gak ?

    • Ari Azhari
      May 14, 2014

      Ga jauh, mas. Sekitar 8 km. Naik taksi bandara habis 200-300 peso. Kl bawaan dikit bisa naik shuttle bus ke stasiun MRT Taft Avenue turun di MRT Buendia.

  3. hilman
    May 14, 2014

    pertanyaan selanjutnya: untuk St Augustine Church, Plaza de Roma, Manila Cathedral ,Fort Santiago dapat dikunjungi cukup dengan jalan kaki saja kah?.. 🙂

    • Ari Azhari
      May 15, 2014

      Intramuros mah dijelajahi pake kaki juga selesai, man. Asal kuat aja betis ya.

  4. hilman
    May 19, 2014

    siap! betis dpt di kompromikan demi penghematan peso.. haha
    terima kasih banyak infonya…

  5. ainun
    January 2, 2015

    Catetttt!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 28, 2013 by in Bed & Breakfast, Go-Sees, Hostel, Hostel, Jalan-jalan, Luzon, Philippines and tagged , , , .

#archives

#categories

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 268 other followers

Follow Eat│Play│Repeat on WordPress.com
%d bloggers like this: