Eat│Play│Repeat

Here, There, and Everywhere

El Nido Tour A : Lagoons & Beaches

Seven Commando Beach

Seven Commando Beach

Boleh ditanya  orang-orang yang pernah mengunjungi El Nido bahwa alasan utama mereka datang ke bagian utara Pulau Palawan adalah untuk mengikuti Island Hopping. Pantai pasir putih yang masih sepi dikelilingi tebing-tebing karst menjulang dari Bacuit Bay menjadi daya tarik utama El Nido, kota kecil pengusir penat di hati (kalo bodi gak janji deh).

Pemerintah Kota El Nido mengeluarkan standar 4 jenis tur Island Hopping yang dikenal dengan nama Tour A, B, C, & D.  Tour A mengambil lokasi di sekitaran Pulau Miniloc dan mengunjungi pantai & laguna. Tour B & Tour D kebanyakan mengunjungi gua selain pantai. Sedangkan Tour C mengunjungi pantai-pantai yang lebih jauh di sekitaran Pulau Matinloc. Karena keterbatasan waktu, saya sebenarnya memesan Tour A dan C dari hotel tempat saya menginap. Tapi karena peringatan cuaca dari pemerintah akibat Taifun Haiyan/Yolanda, akhirnya ikutan Tour A & B.

El Nido Tour Package (taken from asiatravelbug.net)

Hari pertama saya ikutan Tour A karena saya belum bisa check-in di hotel hingga siang hari. Acara keliling-keliling pulau ini toh memakan waktu dari pukul 9 pagi hingga 4-5 sore. Jadilah saya gak mati gaya menunggu kamar tersedia. Seperti yang saya bilang di atas, highlight Tour A ini adalah pantai dan laguna. Dan saya SANGAT SETUJU dengan mereka. Laguna-laguna di El Nido ini jawara banget deh.

Tour A dengan harga 700 Peso mengambil rute di sekitar Miniloc Island karena 3 laguna sekseh dengan warna air   yang kontras dengan warna azure di perairan sekitarnya berada di sana. Selain 3 laguna tadi, Tour A dari Spider Pension House juga singgah untuk snorkling di Shimizu Island, makan siang di Shimizu Beach, dan leyeh-leyeh di Seven Commando Beach sebelum balik ke El Nido.

Di setiap tempat kita habiskan waktu minimal 30 menit dan maksimal 1,5 jam. Jadi gak ada cerita kita diburu waktu. Apalagi 1 kapal cuma dihuni 10 pengunjung dan 3 awak kapal. Enaknya di El Nido ini, setiap kapal island hopping tour hanya boleh diisi maksimal 10 pengunjung dan jumlah kapal yang berangkat setiap hari gak terlalu banyak. Tak jarang terlihat 1 kapal hanya diisi 2 awak kapal dan sepasang kekasih. Siapa yang tak tergoda untuk menghabiskan bulan madunya ke mari. Ditambah sekitar Bacuit Bay ada setengah lusin private resorts dengan akses terbatas.

Honeymoon di mari, nyok *kode*

Honeymoon di mari, nyok *kode*

Nah, ada ritual-ritual tertentu sebelum kita island hopping. Kita dikumpulkan di pantai poblacion El Nido dan diwajibkan membayar 200 Peso untuk Environtment Fee yang berlaku selama 10 hari serta mendaftarkan nama kita dalam buku registrasi. Bukti pembayaran environtment feet tadi disimpan ya, teman. Setelah pembayaran, kita dipanggil naik ke kapal sesuai dengan tur yang kita pilih dengan menerjang air laut karena kapal tidak berlabuh sepenuhnya di pantai. Siap-siap basah dan gunakan pakaian selayaknya aja. Gak usah pakai wedges dan kaos ketat gonjreng dengan tulisan Bebe, Mango, atau Zara kerap-kerlip deh. Ini El Nido, bukan Mangga Dua. Setelah bayar, dipanggil, dan naik ke kapal…silahkan menikmati perjalanan di Bacuit Bay yang tentram dengan pemandangan dramatis.

Shimizu Island

Seharusnya Shimizu Island menjadi pemberhentian kami sebelum makan siang, namun karena Secret Lagoon dikerubungi 1/2 lusin kapal jadilah kita snorkeling di perairan sekitar pulau mungil dengan pantai berpasir putih ini. Karang-karang di bawahnya sih biasa aja, i’ve seen better in Indonesia & Coron. Tapi ikan-ikan ramai mengerubungi kami padahal gak bawa makanan apapun sampai MJ si awak kapal membagikan pan de sal untuk diberikan ke ikan… makin menjadilah jumlah ikan yang mengerubungi kami.

Kami kembali ke pantai yang ada di Shimizu Island setelah berkeliling ke laguna untuk makan siang. Pantai di sini sudah diisi beberapa pondok kecil yang disiapkan untuk makan siang kapal yang menjalani Tour A. Sambil menunggu makan siang, bisa kelayapan di pantai mungil yang panjangnya tak lebih dari panjang lapangan sepakbola.

School of Fish

School of Fish

"sini sini cokot tanganku biar kurusan"

“sini sini cokot tanganku biar kurusan”

SECRET LAGOON

Dinamakan Secret Lagoon karena letaknya yang rahasia dan tidak tampak dari perairan bebas. Teletak di sebelah selatan Miniloc Island dan melewati pantai sepi berpasir putih, sebuah lubang kecil yang tampak di tengah-tengah karst adalah akses menuju laguna yang dikelilingi tebing tinggi dengan air berwarna turquoise nan dangkal.

Christian at Secret Lagoon entrance.

Christian at Secret Lagoon entrance.

Ritchell with her sibling at Secret Lagoon entrance. SQUEEZE!!

Ritchell with her sibling at Secret Lagoon entrance. SQUEEZE!!

Palawan's Next Top Model (bah!!)

Palawan’s Next Top Model (bah!!)

SMALL LAGOON

Small Lagoon terletak di utara Miniloc Island. Akses ke dalamnya harus melewati karst yang, untungnya, lebih besar dari pintu masuk ke Secret Lagoon. Namun daleman Small Lagoon cukup panjang dan dalam hingga disarankan menggunakan baju pelampung.

Karena ukurannya yang lumayan panjang, beberapa pengunjung menggunakan kayak daripada memilih untuk berenang karena yah..emang capek sih kalau memilih pilihan kedua ini. Kita aja sampe bikin ‘rangkaian kereta’ dengan memegang kaki teman di depan dan ditarik oleh MJ yang jago renang. Ada aja idenya Ritchel bikin kita jadi free rider.

Di ujung Small Lagoon terdapat gua yang atasnya bolong, sehingga sinar matahari tembus ke dalam gua. Sayangnya sinar matahari gak mampu menghangatkan air di dalam gua yang dinginnya puoool banget.

Small Lagoon Entrance

Small Lagoon Entrance

Inside Small Lagoon

Inside Small Lagoon

Menikmati Small Lagoon dibutuhkan stamina tersendiri karena perjalanan pulang pergi dari celah masuk ke gua cukup jauh. Kemampuan renang seperti Inge de Bruijn atau Michael Phelps cukup dibutuhkan di sini, yah minimal bakat Elsa Manora atau Elfira Rosa deh. Beberapa operator tur menyediakan Kayak yang tentunya harganya pasti lebih daripada yang regular.

BIG LAGOON

Bagi teman-teman yang pernah meilhat kartu pos atau souvenir semperti tempelan magnet dan gantungan kunci dari El Nido ataupun Filipina sendiri pasti familiar dengan gambar 2 tebing yang tinggi mengapit air laut berwarna turquoise yang memanjang. Itulah Big Lagoon yang tersohor dan menjadi salah satu icon El Nido.

Big Lagoon yang letaknya tak jauh dari Small Lagoon masih berada di sekitar Miniloc Island. Sayangnya di Big Lagoon kita dilarang berenang karena dalamnya 10-30 meter. Beberapa titik memang terlihat dangkal namun pemandu kami tidak menyarankan. Bentuk Big Lagoon memanjang seperti sungai di dalam lautan dan di ujungnya berbentuk bundaran dan membentuk jalan buntu. Di sela-sela tebing-tebing karst yang membundar membentuk jalan buntu tadi terdapat sebuah batu yang jika diperhatikan berbentuk Bunda Maria yang sedang berdoa.

Big Lagoon

Big Lagoon

Minggir ko bang, semak kali pun :D

Minggir ko bang, semak kali pun😀

Big Lagoon Entrance

Big Lagoon Entrance

SEVEN COMMANDO BEACH

Akhir dari perjalanan Tour A sebelum kembali ke El Nido adalah Seven Commando Beach yang berada di daratan utama Palawan. Emang yang bikin tur ini pinter banget deh bikin itinerary. Pantai pasir putih membentang dengan air laut yang tenang berwarna biru muda menyambut kami yang telah lelah berleha-leha keliling Bacuit Bay seharian.

Sebuah pondok di sudut pantai menjual aneka minuman dari soft drink hingga ‘minuman nasional’, San Miguel. Di tengah pantai ada kios yang menjual buko (kelapa muda) seharga 50 Peso. Sementara di sudut lain terdapat deretan pohon kelapa tersusun rapi namun dibatasi pagar kawat sebagai usaha penghijauan pantai. Nicely done.

Menjelang pukul 5 sore, kapal-kapal berlabuh kembali di pinggir pantai El Nido. Pedagang-pedagang souvenir dan mutiara mencoba peruntungan mengais rezeki dari para wisatawan. Di sudut pantai lainnya, beberapa wanita lokal bercengkrama sembari membuat kerajinan tangan yang dijajakan lelaki-lelaki El Nido. Di seberang pantai, tepatnya di Cadlao Island, seruas pelangi muncul setelah gerimis menginterupsi perjalanan kami. Akhir yang indah untuk perjalanan kali ini.

Seven Commando Beach

Seven Commando Beach

Seven Commando Beach

Seven Commando Beach

Ada pelaaaangiiii

Ada pelaaaangiiii

Small Cave Entrance Inside Small Lagoon

Small cave entrance inside Small Lagoon

Lunch break at Shimizu Island

Lunch break at Shimizu Island

Leyeh-leyeh Seven Commando Beach

Leyeh-leyeh Seven Commando Beach

15 comments on “El Nido Tour A : Lagoons & Beaches

  1. winnymarch
    December 27, 2013

    namanya unk Elnino

    • Sy Azhari
      December 27, 2013

      El Nido, win. Dari bahasa Spanyol itu.

  2. cumilebay.com
    December 28, 2013

    Ok catet + bookmark, wajib kesini. Temen gw baru balik dari sini beberapa bulan lalu dan pamer foto2 bikin gw keblinger. Saat nya cari promo tiket ke filipina

    • Sy Azhari
      December 28, 2013

      Cari musim panas ya, mas. Biar ga kena badai taifun.

  3. shellahudaya
    December 28, 2013

    Nice ^^ Kalo end Feb – awal Maret musim badai nggak yah haha…

  4. d'bolots
    December 30, 2013

    Itu namanya lucu ya
    Shimizu *sedotannya kuat, semburannya kenceng*
    Seven Commando *berasa lg bootcamp Be A Man ya koh*

    • Sy Azhari
      December 30, 2013

      Maunya gitu nyampe dibekalij sepatu boot ama uniform yah.

  5. Kenny Sutedja
    January 29, 2014

    Hi. Sy ada rencana trip juli mendatang di el nido, kebetulan kami punya waktu 4hari namun hanya 2 hari full day yg bisa kegiatan outing islandnya. 2hari lainnya habis utk perjalanan puerta to el nido.
    Pertanyaan:
    apakah disana mudah menemukan paket perjalanan?
    Ada saran untuk memesan paket tour dmn?
    Mengingat cuaca di filipina yg sering badai apakah sebaiknya memesan h-1?
    Apakah memesan tour disana lebih murah ketimbang booking online?

    • Sy Azhari
      January 29, 2014

      Hi, ken. Rencanamu sama nih kayak aku dulu. 4 hari 3 malem di El Nido berikut perjalanan. Sayang aku kena diskon 1 hari 1 malem gara2 topan.

      Kalau nyari tur gampang kok, setiap penginapan nawarin tur tapi yg direkomendasikan El Nido Art & Boutique Cafe. Kotanya kecil jd gampang nemu. Pesan di sana aja, krn mereka kan memastikan jalan atau ngga tergantung cuaca pagi itu.

      • KEN
        January 31, 2014

        Hi thx buat tanggapannya.. senang banget ada yg review perjalanan filipina ini dengan sangat jelas,, sebenarnya saya uda baca blog ini sejak awal taon 2013 untuk persiapan liburan agustus 2013 dan sangat membantu untuk berkunjung ke Bonifacio dengan gaya Backpacker.. taon depan adalah second time utk filipina lagi…

        btw harga tour disana sudah diseragamkan ya? kok semuanya sama harganya..

        dan saya menemukan informasi buat rekan” yg mau ke el nido

        ANNOUNCEMENT: Starting November 16, 2013 Island Hopping rates will be as follows:

        TOUR A [Small & Big Lagoon, Shimizu Island, Secret Lagoon, Commando Beach] – Php 1,200

        TOUR B [Snake Is., Cudugnon Cave, Pinasil Is., Lagen Coves, Pinagbuyutan Is.] Php 1,300

        TOUR C [Hidden Beach, Matinloc Shrine, Istar Beach, Secret Beach, Helicopter Is.] Php 1,400

        TOUR D [Cadlao Lagoon, Pasandigan Beach, Paradise Beach, Nat-Nat Beach, Bukal Is.] Php 1,200.

      • Sy Azhari
        February 12, 2014

        Hi, Kenny. Makasih banget info tentang harga turnya ya. Beruntung banget kemarin masih dapat harga lama. Hehehehehe.
        Gimana trip Agustus 2013 kemarin? sempat singgah ke mana aja?

  6. Dialdo Siahaan
    June 26, 2014

    Hy Sy, saya bulan depan ada rencana mau travelling ke Phillipine termasuk El Nido. Mohon infonya kalau ikut island hoping itu waktu kita berenang ada tempat aman untuk taruh camera & handphone ya?
    Terus kalo saya sampai El Nido Sabtu malam sekitar jam 9, masih sempet beli Paket Island Hoping disana untuk hari Minggu or mendingan beli online aja?

    Thanks

    • Ari Azhari
      June 26, 2014

      Hy Aldo, baiknya sih bawa drybag buat naroh barang2 kamu sendiri yg ditinggal di perahu nantinya. Kalau masalah tur, on the spot juga bisa di penginapan.

      • Dialdo Siahaan
        June 27, 2014

        Ok Sy, thanks infonya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on December 27, 2013 by in Go-Sees, Jalan-jalan, Palawan, travel and tagged , , , , , , .

#archives

#categories

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 268 other followers

Follow Eat│Play│Repeat on WordPress.com
%d bloggers like this: