Eat│Play│Repeat

Here, There, and Everywhere

El Nido Tour B : Island & Cave

Tour B yang telah distandarisasi oleh pemerintah kota El Nido memang kurang populer dibanding Tour A di sekitar Miniloc Island dan Tour C di sekitar Matinloc Island yang lebih jauh. Sebenarnya bukan pilihan saya untuk mengikuti Tour B, tapi alam berkehendak lain hari itu. Semua tur kecuali Tour A & B dilarang berangkat. Karena sudah ikut Tour A hari sebelumnya, jadilah ditransfer dari Tour C ke Tour B oleh Arby daripada sia-sia 1 hari di El Nido.

Austrian Couple on Snake Island

Austrian Couple on Snake Island

Tema island hopping Tour B adalah island & cave. 2 pulau yang dikunjungi adalah Entalula, Pinagbuyutan, dan Vigan atau yang lebih dikenal dengan nama Snake Island. Sedangkan 2 gua yang kami singgahi adalah Cudugnon Cave dan Cathedral Cave. Harga tour B lebih mahal 100 Peso dibanding Tour A, yakni 800 Peso sudah termasuk makan siang dan air mineral. Dan seperti biasa, tur berlangsung dari pukul 9 pagi hingga 4-5 sore.

ENTALULA ISLAND

Persinggahan kami adalah Entalula Island yang letaknya tak jauh dari Miniloc Island. Hakikinya ruas pantai di Entalula ini cukup panjang namun sebagian besar dikuasai private resort yang berdiri di pulau mungil ini. Batu-batu besar membatasi area resort dan area pengunjung umum.

Pantai di Entalula ditutupi pasir putih yg halus namun sayang di perairannya banyak batu karang. Toh, itu tidak mengurangi aktivitas cibang-cibung karena sedikit ke tengah dasar laut bakal berubah menjadi pasir.

Entalula Island

Entalula Island

Mas-mas Rusia di Entalula

Mas-mas Rusia di Entalula

VIGAN ISLAND

Lebih dikenal dengan nama Snake Island karena sandbar yang terdapat di tepian pulau berkelok-kelok seperti ular. Untung namanya bukan diambil gara-gara banyak spesies ular laut di sekitarnya, bisa amsyong deh sebelum nyampe. Di atas Snake Island terdapat sebuah gardu pandang dimana kita bisa melihat sandbar secara utuh dari ketinggian.

Sebelum kapal kami merapat, ada seorang nelayan yang menawarkan tangkapannya kepada awak kapal kami. Didahului oleh tawar-menawar yang memakan waktu singkat, jadilah ikan-ikan itu dieksekusi dengan harga yang cukup masuk akal. Si awak kapal curhat karena dari El Nido mereka gak bawa ikan untuk makan siang. Gak sah dong island hopping di Palawan kalau makan siangnya gak pake boga bahari (ceileh diksinya!).

Snake Island

Snake Island

lah aku sopo sing gandeng?

lah aku sopo sing gandeng?

CUDUGNON CAVE

Sejatinya Cudugnon adalah berupa gua kecil di sebuah tanjung di dataran Palawan. Goa hanya bisa dimasuki dengan cara berenang pada saat air pasang, sedangkan saat air turun kita bisa berjalan kaki dari pantai. Pantai di dekat Cudugnon juga menjadi pemberhentian makan siang. Banyak pondok-pondok tersedia untuk makan siang sementara dibalik pohon-pohon terdapat pondok-pondok yang digunakan para awak kapal untuk memasak tanpa takut mengasapi para wisatawan.

Hal yang paling spektakuler dari gua ini bukanlah pemandangan di dalamnya yang masih alami tanpa ada modifikasi melainkan pintu masuknya yang hanya berupa celah kecil, lebih kecil daripada celah masuk ke Secret Lagon. Pengunjung harus pinter-pinter melipat tubuh supaya muat melewati ‘pintu’ ke Gua Cudugnon. Awak kapal pun menunjukkan cara masuk yang paling efisien meskipun setelah dicoba badan tetap tergores-gores batu. Kami pun saling membantu supaya semua bisa lewat.

CATHEDRAL CAVE

Sebuah celah sempit dan tinggi terbentuk di pinggir tebing karst dan membentuk interior seperti altar dengan rongga yang tinggi. Itulah yang bisa saya definisikan tentang Cathedral Cave. Kami hanya berputar beberapa kali karena gak bisa merapat. Air laut yang sudah pasang sore itu menghambat kapal masuk. Ditambah lagi awak kapal mengatakan kalau air pasang banyak ular laut yang berkeliaran. Iyeughhh.

Celah Cathedral Cave

Celah Cathedral Cave

Jalan masuk Cudugnon Cave

Jalan masuk Cudugnon Cave

PINAGBUYUTAN ISLAND

Lazimnya island hopping tour di El Nido, pemberhentian terakhir adalah pantai guna berleha-leha. Pantai di sekeliling pulau Pinagbuyutan Island ini memang gak se-spektakuler Seven Commando Beach, namun pantai berpasir putih dan air laut yang dangkal juga ada plus ditemani tebing karst yang menjulang. Ditambah lagi rerumputan yang membentang di tengah pulau.

Hal yang mengejutkan saya sewaktu di Pinagbuyutan Island adalah masih berjejernya perkakas-perkakas yang digunakan untuk syuting reality show Survivor Israel (Hisardut) season 7. Tampak beberapa lubang yang diberi warna sesuai warna tribe dan material-material yang warnanya sesuai warna lubang tersebar di pinggir pantai Pinagubuyutan. Bahkan di perairannya diberi batas yang sepertinya masih terkait dengan immunity/reward challenge.

Israeli Survivor season 7 adalah franchise acara Survivor yang mengambil lokasi di El Nido setelah Swedish Survivor (Expedition Robinson) dan French Survivor (Koh Lanta). Sementara versi US pada tahun yang sama mengambil lokasi di Caramoan & Cagayan, keduanya di Luzon Island. Saya yang ngikuti Survivor US dari season 1 ampe 26 lihat di tv aja bisa gemes, lah ini rasanya sampe gimana gitu pas tau lagi di lokasi syuting serinya meskipun bukan versi US. Langsung deh berasa masuk di openingnya seperti ini…. :p

atau seperti ini…

Survivor's set in Pinagbuyutan Island. 39 Days... 20 People... 1 Survivor! :p

Survivor’s set in Pinagbuyutan Island. 39 Days… 20 People… 1 Survivor! :p

Survivor's set in Pinagbuyutan Island

Survivor’s set in Pinagbuyutan Island

Survivor's set in Pinagbuyutan Island

Survivor’s set in Pinagbuyutan Island

November merupakan awal dari peak season di El Nido. Harga-harga hotel mulai merangkak naik 1,5-2 kali lipat. Namun ukuran rame di sini jangan disamakan dengan wilayah tujuan wisata kepulauan lain di Asia Tenggara seperti Andaman, Bali, atau Malaysia East Coast. Tak banyak kapal yang wara-wiri di Bacuit Bay hari itu. Bahkan kapal kami hanya diisi 7 orang : sepasang kekasih dari Austria, sepasang kekasih dari Rusia, 2 awak kapal, dan saya sendiri kini aku sendiri lagi entah susah entah hati pedih.

Kekecewaan saya yang batal ikut Tour C mengunjungi Secret Beach di Matinloc cukup terobati karena memang sepanjang mata memandang pemandangan indah nan dramatis yang dimiliki El Nido pasti bakal memanjakan mata. Paalam, El Nido…Mahal kita🙂

Kayaking at Bacuit Bay

Kayaking at Bacuit Bay

Lunch in Cudugnon Beach

Lunch in Cudugnon Beach

Island Buffet

Island Buffet

Pinagbuyutan Island

Pinagbuyutan Island

Entalula Island

Entalula Island

4 comments on “El Nido Tour B : Island & Cave

  1. dansapar
    December 30, 2013

    mencari tombol zoom sambil goyang oplosan
    :)))

  2. buzzerbeezz
    December 30, 2013

    *catet El Nido buat honeymoon season 2*

    • Sy Azhari
      December 31, 2013

      Semoga kesampaian ya, ri. Kan nanti waktu kuliah banyak libur…..dan banyak tugas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on December 30, 2013 by in Go-Sees, Jalan-jalan, Palawan, Philippines, travel and tagged , , , , , .

#archives

#categories

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 268 other followers

Follow Eat│Play│Repeat on WordPress.com
%d bloggers like this: